Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

SALJU
Disusun oleh : Wulan Oktaviana



Pernyataan umum :

Salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba yaitu salju. Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas, lalu jatuh ke bumi sebagai kepingan lembut, putih, seperti kristal.
Salju menjadi unik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami diwilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki 4 musim. Dapat juga ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Urutan sebab akibat :

Pada awal mula pembentukan awan, massa nya jauh lebih kecil daripada massa udara, sehingga menyebabkan awan tersebut mengapung di udara. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan mengumpul ke dalam awan tersebut, massa nya juga bertambah, sehingga ketika udara sudah tidak mampu menahan, awan tersebut akan pecah dan menghasilkan partikel air yang jatuh ke bumi.
Temperatur udara tepat di bawah awan yaitu 0°C. Namun, temperatur yang rendah saja tidak cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air tersebut terkotori oleh partikel lain. Ada partikel tertentu yang berfungsi mempercepat proses pembekuan, hingga cepat menjadi kristal es.
Partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut Nukleator. Selain dapat mempercepat proses pembekuan, berfungsi juga sebagai perekat antara uap air. Lalu partikel air yang kotor menyatu dengan partikel air lainnya dan membentuk kristal lebih besar. Salju ini berubah menjadi bentuk cair jika temperatur tidak dapat melelehkan kristal.
Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju di dunia ini yang mempunyai bentuk sama. Salju yang sudah turun sejak awal bumi tercipta hingga sekarang, tak ada satu pun yang memiliki bentuk kristal yang sama. Meski pun mempunyai keunikan, salju juga tidak jarang menyebabkan dampak buruk pada fisik maupun material yang nilainya tak sedikit.
Urutan Sebab Akibat :
Dalam beberapa hal, salju dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan seperti bermain ski, membuat manusia salju, hingga kereta luncur dengan anjing-anjing sebagai penariknya. Dan hal lainnya, seperti memancing di danau yang membeku dengan membuat lubang-lubang kecil.
Dalam jumlah yang sangat besar, hujan salju dapat merusak infrastruktur dasar seperti listrik, telepon, dan saluran gas yang merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia.
Selain menjadi bagian yang penting bagi manusia, Salju juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh seseorang, diantaranya tekanan darah menjadi meningkat dan kulit menjadi kering. Untuk mengatasinya orang-orang disarankan untuk mengonsumsi vitamin dan memakai bodylotion agar kulit tidak kering.
Dampak lainnya yaitu jalanan akan berubah menjadi licin. Jadi, ban-ban kendaraan harus diganti dengan ban khusus untuk jalanan licin. Dan orang-orang harus menggunakan sepatu boot agar tidak tergelincir.
Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar