Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

“Bulan Terbelah di Langit Amerika” : Belajar Arti Kedamaian dalam Kehidupan



Disusun Oleh : Dewi Aisah



 
 
Judul Film                         : Bulan Terbelah di Langit Amerika
Tahun Rilis                        : Akhir Tahun 2015
Sutradara                          : Rizal Mantovani
Pemain                              :
1.    Acha Septriasa sebagai tokoh Hanum
2.    Abimana Aryasatya sebagai pemeran Rangga
3.    Nino Fernandez sebagai pemeran Stefan
4.    Rianti Cartwright sebagai pemeran Julia Collins/Azima Husein
5.    Hannah Al Rasyid sebagai pemeran Jasmine pacar Stefan
6.    Hailey Franco sebagai pemeran Sara Husein putri Julia Collins/Azima Husein
7.    Hans de Krakker sebagai pemeran Philippus Brown


Orientasi 1
            Fim “Bulan Terbelah di Langit Amerika” merupakan film yang diproduksi Maxima Pictures di tahun 2015 yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dengan produser Ody Mulya Hidayat bergenre drama religi yang dibintangi oleh tokoh utama yaitu Acha Septriasa sebagai pemeran Hanum, dan Abimana Aryasatya sebagai pemeran Rangga. Skenario film ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais, dan film tersebut diadaptasi dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama karya oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Dan durasi untuk film ini berlangsung selama 98 menit.

Orientasi 2
            Kisah dalam film “Bulan Terbelah di Langit Amerika” ini menceritakan mengenai jurnalis wanita muslim yang sangat cantik bernama Hanum yaitu tokoh dari Acha septriasa. Dan pada suatu hari  Hanum harus menemani sang suami yang bernama Rangga yaitu tokoh dari Abimana Aryasatya untuk sekolah di Wina. Selain itu, Hanum mendapatkan tugas dari atasannya yang bernama Gertrude Robinson untuk membuat artikel provoaktif yang bertema Would the World be Better Without Islam?  (Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?). Artikel tersebut nantinya akan dimuat dalam sebuah koran. Gertrude Robinson meminta Hanum agar mewawancarai dua narasumber dari pihak muslim dan non muslim di Amerika Serikat. Narasumber tersebut merupakan para korban serangan Word Trade Center (WTC) pada 11 September 2001 di Washington DC, New York yakni Azima Hussein yaitu tokoh dari Rianti Cartwright seorang mualaf yang bekerja di sebuah museum, dan anaknya Sarah Hussein. Disaat yang sama, Rangga juga ditugasi oleh profesornya untuk mewawancara seorang milioner dan philantropi Amerika bernama Phillipus Brown, demi melengkapi prasyarat S3 nya. Brown sendiri dikenal eksentrik, misterius dan tidak mudah berbicara dengan media. Rangga diminta untuk bertemu Stefan yaitu tokoh dari Nino Fernandez dan kekasihnya yaitu Jasmine tokoh dari Hannah Al Rasyid yang berada di New York yang telah mengatur pertemuan eksklusif dengan Brown.

Tafsiran Isi 1
             “Bulan Terbelah di Langit Amerika” : Ketika kebanggaan sebagai muslim hilang di negeri yang terbelah. Aku cinta Islam, tapi aku kehilangan kebanggan terhadap Islam! Seru Azima Hussein/Julia Collins sambil melepas wignya dan ternyata masih ada bagian hijab di balik ia melindungi rambut aslinya. Hanum tersentak itu cara Azima survival, selain berganti nama karena tekanan masyarakat New York yang sinis terhadap muslim karena peristiwa 9/11 yaitu dimana ayah dari Sarah Hussein dituduh sebagai teroris karena telibat dalam tragedi ini. Agama yang ia yakini dianggap sebagai penyebab kekacauan dunia. Selain terus-menerus agar dapat membujuk dan mewawancarai mereka yaitu Azima Hussein dan Sarah Husein dengan mengajukan pertanyaan pembahasan tentang kejadian kemanusiaan di Amerika untuk tugas artikel yang akan dibuat, Hanum juga harus menemui Michael Jones, yaitu seorang yang menolak pembangunan masjid di Ground Zero tempat monumen tragedi kemanusiaan itu. 

Tafsiran 2
            Dalam film “Bulan Terbelah di Langit Amerika” banyak menyampaikan ajaran moral yang disampaikan dalam cerita mengenai cinta, kebersamaan, tanggung jawab, pantang menyerah dan dapat mengolaborasi hati nurani dan pikiran, walau lebih terasa bak harapan terbeban pesan. Dan cerita ini menunjukkan bagaimana cara kita berbuat baik dan selalu mencari kedamaian agar antar satu sama lain saling percaya tanpa adanya kerusuhan ataupun pertentangan dan perbuatan ini menunjukan kita tentang isi dari Al-Quran yaitu mengenai bahwa Islam sebagai “Rahmatan Alamin”, membawa kedamaian yang dilandasi dengan bukti dan perbuatan.

Tafsiran 3
            Tokoh dari Hanum dan Rangga sendiri dari cerita “Bulan Terbelah di Langit Amerika” tidak henti-hentinya mereka untuk mewawancarai dari masing-masing pelaku tokoh yang terlibat dari kejadian peristiwa 9/11 karena tugas yang diperintahkan, dan pada akhirnya setelah sekian lama Azima menolak untuk diwawancarai. Hanum berhasil mengajukan pertanyaan yang bersangkutan atau mewawancarai istri dan anak tungal dari Ibrahim Husein selaku pelaku dari tersangka terlibat yang terjadi karena kemanusiaan di Amerika. Berbeda lagi dengan petualangan Rangga suami dari Hanum itu sendiri harus mewawancarai Philpus Brown. Seorang filantropi yang peduli pada anak-anak Timur Tengah yang terkena tekanan perang, pada akhirnya setelah mengalami berkali-kali kesulitan akhirnya Rangga bisa menghadiri pidato umum Philpus Brown dan mendapatkan fakta bahwa  suami dari Azima Hussein/Julia Collins bukanlah teroris. Justru melainkan suaminya yaitu Ibrahim Hussein yang menyelamatkan banyak orang yang terperangkap ketika pesawat menabrak Word Trade Center (WTC). Dan semua seolah selesai dengan mudah hanya karena pengakuan dari pidato Philpus Brown di acara “The Heroes” dan tidak ada lagi perdebatan atau tidak saling mempercayai lagi diantara mereka karena kedamaian lah yang membuat mereka bersatu kembali.

Tafsiran 4
            Makna Bulan Terbelah disini bermakna filosofis dimana menceritakan orang-orang yang terpisah dikarenakan permintaan mereka sendiri. Namun Tuhan akhirnya mempersatukan mereka kembali dalam balutan kasih sayang yang selama ini tercerai-berai dikarenakan oleh tragedi berdarah 11 September untuk menjawab “NO” pada sebuah pertanyaan bagus dalam artikel Hanum yaitu Would the World be Better Without Islam?  (Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?).

Tafsiran 5
           Cerita semacam inilah yang ditawarkan  “Bulan Terbelah di Langit Amerika” pada penonton yaitu terutama orang muslim yang berada di dunia karena film ini menginspirasi bahwa Islam sebagai “rahmatan alamin” membawa kedamaian. Dan film ini dapat menyentuh hati para penonton dikarenakan perjuangan dari Hanum dan Rangga yang mempertahankan agar orang lain mendapatkan kedamaian yang sesungguhnya.

Evaluasi 1
            Penggambaran kelebihan cerita ini karena dapat membuat merasakan tertawa dan terharu secara bersamaan. Karena film ini lengkap, ada komedi-komedi dan joke yang dibawakan Stefan dan Rangga. Dan si supir taksi yang cerewet yang dapat menambah kesukaan tersendiri. Serta penempatan tempat dan gambar-gambar yang menarik yang menjadi kesan indah untuk tersendiri. Penyampaian dialog berbahasa inggris dalam adegan yang tepat, dan seharusnya film ini bisa dipasarkan ke luar negeri.

Evaluasi 2
           Namun, disetiap kelebihan pasti memilki kekurangan. Kekurangan yang terjadi pada cerita ini adalah penempatan soudtrack lagu yang kurang tepat dan ada beberapa titik dimana lagu tema yang dibawakan perempuan kurang pas. Ada dari sebagian tokoh yang kurang menggali emosi penonton yaitu tokoh dari Rizal dan Philipus Brown yang terlihat canggung dalam menyampaikan dialog serta ketegangan saat ia turun dari tangga.

Rangkuman
           Secara keseluruhan film ini adalah salah satu penutup yag manis untuk film Indonesia 2015 yang layak ditonton khusnya para muslim di dunia karean film ini memberikan kita inspirasi bahwa Islam sebagai “Rahmatan Alamin” membawa kedamaian. Karena “Dunia Tanpa Islam adalah dunia tanpa kedamaian”, “Islam Tanpa Amalan adalah kehampaan”, dan “Amalan Tanpa Iman adalah kegelapan”. Tidak ada sesuatu yang kbetulan. Tuhan memperlihatkan cara kerja-Nya yang lau biasa. Bahwa sesuatu yang telah terjadi adalah takdir yang indah dari Tuhan kepada hambanya.


Sumber :
1. Bisnisrumahq.blogspot.com/2017/02/teks-ulasan-film-bulan-terbelah-di.html?m=1
2. https:///www.google.co.id/amp/s/niswahikmah.wordpress.com/2015/12/20/resensi-film-bulan-terbelah-di-langit-amerika/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar