Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

“Miracle in cell no.7” : Ketulusan Hati Seorang Ayah Terhadap Anak

Disusun Oleh : Inge Adhitia Ayuningtias

Judul Film       : Miracle in cell no.7
Tahun Rilis      : 23 Januari 2013
Sutradara         : Lee Hwan Kyung
Nama Pemain :
  •         Ryoo Seung-Ryong sebagai Yong-Goo
  •          Kal So-Won sebagai Ye-Sung (Putri Yong-Goo)
  •          Park Shin-Hye sebagai Ye-Seung dewasa (Putri Yong-Goo)
  •          Jung Jin-Young sebagai Jang Min-hwan (warden)
  •          Oh Dal-Su sebagai So Yang-ho (napi)
  •          Park Won-Sang sebagai Choi Chun-ho (napi)
  •          Jeong Man-Sik sebagai Shin Bong-shik (napi)
  •          Kim Jung-Tae sebagai Kang Man-beom (napi)
  •          Kim Gi-cheon sebagai Tetua Seo

Orientasi 1
Film Miracle in Cell No.7 di sutradarai oleh Lee Hwan Kyung yang berasal dari negeri gingseng. Dan dirilis bulan Januari 2013, film ini adalah sebuah film komedi  yang mengharukan dan melodrama keluarga.

Orientasi 2
Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang mempunyai keterbelakangan mental bernama Yong-Goo yang di perani oleh Ryoo Seung-Ryong. Ia tinggal bersama dengan seorang putri bernama Ye-Sung yang diperani oleh Kal So-Won yang masih berusia 6 tahun, dan mereka saling menyayangi satu dengan yang lain. Sehari-hari Yong Gu bekerja sebagai juru parkir. Ye Sung sendiri adalah anak yang sangat baik bahkan jadi pemimpin keluarga dan mengatur kebutuhan mereka sehari-hari, berhubung keadaan ayahnya yang demikian. 

Tafsiran Isi 1
Setiap harinya yong goo dan ye sung yang selalu mendatangi toko tas yang berkarakter sailor moon. Namun saat yong goo ingin menepati janjinya terhadap ye sung yang untuk membelikan tas bergambar sailor moon, tepat sehari sebelumnya tas tersebut sudah di beli oleh anak seorang polisi, yong goo pun berusaha meminta agar anak seorang komisaris polisi untuk tidak membeli tas tersebut, al hasil usaha yong goo pun sia-sia.

Tafsiran Isi  2
Hingga suatu hari yong goo sedang beristirahat, putri anak komisaris tersebut menghampiri yong goo dan memberitahu bahwa masih ada took yang menjual tas sailor moon sama seperti yang ia punya. Sehingga yong goo pun mengikuti anak tersebut dari belakang sampai anak tersebut tergenlincir karena jalan yang licin. Ketika yong goo ingin memberikan pertolongan pertama ada seorang perempuan yang melihat adegan tersebut dam mengira kalau yong goo sedang melakukan pembunuhan dan kekerasan seksual serta ditangkap oleh polisi untuk menjadi saksi utama dalam adegan tersebut.

Tafsiran Isi 3
Keesokan harinya ye sung ingin berangkat sekolah,namun ketika ia mencari ayahnya, ayahnya tidak ada dirumah. Ditempat lain yong goo dibawa ketempat saat ia menjadi tersangka utama untuk mengulang adegan tersebut karena yong goo memmiliki keterbelakangan mental dia tidak mengerti maksdu polisi tersebut dan yong goo pun menurut saja perintah dari para polisi, saat itu juga ia mendengar suara anaknya saat ia menoleh ternyata anaknya sedang teriak-teriak memanggil nama ayahnya. Sayangnya yong goo langsung dibawa kembali oleh polisi dan tidak boleh untuk bertemu dengan ye sung. Yesung pun dikirim kesebuah lembaga pengasuhan.

Tafsiran Isi 4
Yong goo dimasukkan kedalam penjara dengan cell no.7 bersama penghuni lainnya dengan kasus yang berbeda-beda. Didalam cell no.7 ini awalnya yong goo disiksa dengan penghuni lainnya namun saat penghuni lain membaca riwayat kasus yong goo pada akhirnya mereka sadar bahwa yong goo memiliki keterbelakangan mental dan mereka menjadi simpati terhadap yong goo. Yong-Goo  yang hanya memiliki satu keinginan yaitu ingin melihat putrinya, Ye-Sung. Tetapi karena sel mereka memiliki peraturan tidak diperbolehkan menerima kunjungan, maka seluruh penghuni sel no. 7  berusaha mewujudkan keinginannya Yong-Goo  agar bisa bertemu dengan  Ye-Seung.

Tafsiran Isi 5
Hingga akhirnya para penghuni cell no.7 bisa mewujudkan keinginan yong goo dengan berbagai cara dan dengan kedatangan ye sung ke cell no.7 membawa kegembiraan untuk para penghuni cell no.7 serta hal-hal konyol pun terjadi dalam cell ini. Bahkan kepala sipir sendiri yang awalnya marah ketika mengetahui ada anak perempuan di dalam penjara, akhirnya mengijinkan anak perempuan itu tinggal di sana .Hari-hari mereka lalui, dan mereka pun semakin akrab satu dengan yang lain. Hingga pada akhirnya Yong-Goo akan menghadapi persidangan untuk kasusnya dan mereka juga mengajari Yong-Goo bagaimana cara menjawab di persidangan agar ia bisa bebas dari tuduhan palsu atas dirinya. Namun pada akhirnya Yong-Goo kalah dalam persidangan dan ia tetap dihukum mati. Sesaat sebelum pengadilan dimulai, ia diancam oleh komisaris polisi, bahwa jika ia tidak mau dihukum, maka Yae Sung akan dibunuh, dengan itu ia menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kepala komisaris polisi.

Tafsiran Isi 6
Beberapa tahun kemudian, Ye-Sung yang telah tumbuh besar menjadi dewasa mengajukan banding pada pengadilan demi membersihkan nama ayah yang sangat ia cintai. Walaupun Yong Goo telah tiada, namun akhrinya nama yong goo sudah dibersihkan oleh anaknya.

Evaluasi 1
Kelebihan dalam film ini adalah akting para aktor yang bermain di film ini membuat para penonton ikut hanyut dalam kesedihan di film ini. Film ini juga memberikan pesan kepada para penonton khususnya untuk anak-anak agar selalu hormat dan sayang kepada kedua orang tua serta lebih mengetahui hidup yang sesungguhnya. Film ini termasuk salah satu film korea yang berhasil merebut hati para penonton sejak perilisannya.

Evaluasi 2
Disamping kelebihan pasti ada kekurang dari setiap film. Salah satu nya kekurangan film Miracle in cell no.7 ini yaitu didalam film menceritakan secara flashback namun ada beberapa bagian flashback dari film ini yang masih kurang dimengerti serta membuat beberapa penonton bingung dengan jalan cerita tersebut.

Rangkuman
Film  Miracle in cell no.7 sangatlah cocok sekali bagi para penonton pecinta melo drama, karena film ini banyak adegan yang mengharukan dan dijamin akan membuat penonton meneteskan air mata, disamping itu film ini juga menyelipkan bagian-bagian komedi yang membuat jalur cerita film ini menjadi lebih menarik. Dan dapat ditonton oleh semua umur dan ceritanya pun tidak membosankan.

Sumber :


Diakses pada tanggal 17 mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar