Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

“Koala Kumal” : Hati yang Patah Jiwa yang Kuat

Disusun oleh : Ardiansyah



Judul film                     : “Koala Kumal”
Tahun rilis                    : 5 juli 2016
Sutradara                      : Raditya dika
Pemain                         : 1. Raditya dika sebagai Dika
                                         2. Sheryl sheinafia sebagai Trisna
                                         3. Acha Septriasa sebagai Andrea
                                         4. Nino fernandes sebagai james


 Orientasi 1
Film “Koala Kumal” di adaptasi dari novel karya Raditya Dika. Di produksi oleh studio Starvision dan dirilis pada 5 juli 2016. Film ini di sutradarai oleh Raditya Dika sendiri dengan pemeran utama Raditya dika sebagai Dika. Film yang berdurasi 96 menit ini berkisah tentang patah hati yang dialami Dika saat tidak jadi menikah dengan Andrea.

·         Orientasi 2
Film ini diawali dengan kisah Raditya Dika yang ingin menikah dengan Andrea. Namun 2 bulan sebelum pernikahan, Andrea memutuskan Dika dan menjalani hubungan dengan James. Disaat itulah Raditya Dika merasa patah hati yang mendalam dan susah untuk move on. Suatu hari Dika bertemu dengan Trisna, dari sinilah usaha untuk move on dimulai. Tak lupa dengan diselingi lelucon, membuat film ini semakin menarik. Berbagai usaha agar Dika move on dilakukan oleh Trisna, mulai dari membakar barang-barang pemberian Andrea, mencari pacar melalui kencan kilat dan aplikasi, namun Dika tak kunjung move on dari Andrea. Selain itu, Trisna pula yang belum bisa move on dari Coki, mantannya. Terfokus pada satu permasalahan yaitu Dika dan Trisna yang belum move on, film ini menyajikan berbagai cara agar mengatasi masalah tersebut. Film Koala Kumal juga membahas mengenai cara pandang cinta melalui orang-orang yang pernah patah hati.

·         Tafsiran 1 ( konflik cerita )
Suatu hari Trisna memiliki ide bagaimana cara agar Dika bisa move on, yaitu dengan cara balas dendam kepada Andrea yang akan menikah dengan James. Dengan tidak menjawab satu katapun Dika langsung ditarik oleh Trisna untuk ikut melaksanakan ide aksi balas dendamnya. Tibalah Dika dan Trisna di acaranya James dan disitupun juga ada Andrea, dimulailah aksi balas dendamnya yaitu dengan memasangkan flashdisk yang berisi foto-foto mantanya James ke laptop James yang akan di presentasikan.

·         Tafsiran 2 ( pesan moral )
Di bagian terakhir, Dika menjelaskan tentang patah hati. Tentang orang yang dulunya saling memberi rasa nyaman, namun saat bertemu lagi perasaan itu sudah berubah total. Persis seperti seekor koala yang bermigrasi dari hutan tempat tinggalnya, namun saat kembali koala itu kebingungan karena hutan yang pernah jadi rumahnya habis dibabat manusia. Karena itulah, buku ini diberi judul Koala Kumal. Mayoritas isinya bercerita tentang patah hati, tentang rasa yang pernah ada, dan tentang kenyamanan yang punah ditelan cinta yang baru.

·         Tafsiran 3 ( penyelesain )
Setelah melakukan aksi balas dendam yang dilakukan Dika dan Trisna Terhadap Andrea dan James, Dika merasa sangat bersalah atas perbuatan yang dilakukanya. Maka dari itu Dika mau meminta maaf kepada Andrea dan James atas apa yang telah diperbuat.


·         Tafsiran 4 ( makna cerita )
pelajaran dapat kita petik dari Koala Kumal, terutama bagi yang baru saja patah hati. Patah hati adalah proses menuju kedewasaan.

·         Tafsiran 5 ( sasaran penonton )
Film ini diprioritaskan untuk kalangan anak muda saja, karena di film ini terlalu banyak membahas tentang kisah cinta yang patah hati.

·         Evaluasi
Film ini telah ditonton oleh 1,4 juta penonton. Dalam film ini, pengambilan gambarnya cukup jelas. Tak lupa backsound yang menyertainya juga cukup pas dengan adegan yang ada. Ada beberapa kekurangan yang ada akan tetapi kekerungan tersebut telah ditutupi oleh kelucuan film tersebut.

·         Rangkuman
Film Koala Kumal memang bukan film terbaik sepanjang masa bagi penonton. Namun Koala Kumal merupakan sebuah film yang menyajikan kisah komedi patah hati. 96 menit tak akan terbuang sia-sia. Penonton dapat merasakan berbagai macam perasaan seperti tertawa, terharu, sedih, ataupun merenungkan dengan kehidupan aslinya.

 Daftar Pustaka            :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar