Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

Belajar Arti Pengorbanan dalam Film “Secretly, Greatly”

Disusun Oleh  : Kalila Azkya



Ø  Judul Film       : Secretly, Greatly
Ø  Tahun Rilis      : 5 Juni 2013
Ø  Sutradara        : Jang Cheol-so
Ø  Pemain            : Kim Soo-hyun sebagai Letnan Won Ryu-hwan/Bang Dong-Gu
                              Park Ki-woong sebagai Rhee Hae-rang/Kim Min-su
                              Lee Hyun-woo sebagai Rhee Hae-jin


Orientasi 1

“Secretly, Greatly” merupakan film yang bergenre aksi komedi yang berasal dari Korea Selatan. Fim ini diadaptasi dari serial webtoon Convertness oleh Hun, yang telah menerima lebih dari 40 juta kali halaman serta telah didisbutorkan oleh Showbox/Mediaplex.

Orientasi 2

Berkisah tentang hubungan antara mata-mata Korea utara dan pemerintah Korea Utara sendiri yang tidak begitu baik. Serta kehidupan mata-mata Korea Utara yang sudah membaur dengan masyarakat Korea Selatan. Setelah perilisannya tanggal 5 juni 2013, film yang berdurasikan 123 menit ini berhasil meraup satu juta penonton dalam waktu dua hari. Tidak hanya menyuguhkan cerita mengenai mata-mata serta komedi, para pemain Kim Soo-hyun sebagai Letnan Won Ryu-hwan/Bang Dong-Gu, Park Ki-woong sebagai Rhee Hae-rang/Kim Min-su, dan Lee Hyun-woo sebagai Rhee Hae-jin juga merupakan salah satu alasan film ini banyak menarik penonton.

Tafsiran Isi 1

Won Ryu-hwan (Kim Soo-hyun), telah dilantik sejak kecil untuk menjadi prajurit unit 5446 Korea Utara dan kini menetap di pinggiran kota Seoul dalam wujud seorang pria idiot yang miskin bernama Bang Dong-Gu dan bekerja sebagai pegawai toko kecil milik wanita tua bernama Jeon Soon-Lim (Park Hye-Sook). Anehnya sudah dua tahun sejak awal misi yang ia kerjakan itu Dong-Gu belum pernah lagi mendapatkan kabar dari petingginya, Kim Tae-won (Son Hyun-Joo) kolonel yang memberinya ia tugas, walaupun Dong-Gu yakin ia tidak pernah melakukan kesalahan karena selain Seo Sang-gu (Ko Chang-Seok) yang telah menyamar menjadi tukag pos selama 16 tahun, tidak ada seorangpun yang tahu identitasnya.

Tafsiran Isi 2

Melewati waktu membosankan tanpa menerima perintah dari Utara, mereka secara bertahap terbiasa untuk hidup sebagai tetangga biasa di sebuah kota kecil sampai suatu hari, kehidupan mereka berbalik ketika sebuah misi “rahasia dan besar” tiba-tiba ditugaskan kepada mereka. Karena peristiwa pertempuran kedua Yeonpyeong, Korea Selatan menuntut nama, lokasi dan peringkat dari 30 mata-mata Korea Utara yang aktif di Korea Selatan, yang menjanjikan bantuan keuangan ke Utara dengan syarat bahwa Pyongyang ternyata dalam mata-mata mereka. Untuk mencegah pasukan elit jatuh ke tangan musuh, pemerintah Korea Utara memerintahkan puluhan mata-mata yang bertugas aktif untuk mengambil kehidupan mereka sendiri. Sementara instruktur tentara Korea utara mereka Kim Tae-won melintasi perbatasan untuk menghilangkan orang-orang yang menolak mengikuti.

Tafsiran Isi 3

Film ini sangat menginspirasi kaum muda untuk belajar apa arti pengorbanan sesungguhnya seperti nasionalisme, keluarga, persahabatan dan juga kasih sayang. Tanpa harus mengorbankan yang seharusnya tidak perlu kita lakukan walaupun akan ada aakibatnya, tapi kita harus ingat tidak semua pengorbanan adalah pilihan terbaik.

Tafsiran Isi 4

Film “Secretly, Greatly” bermakna mata-mata terbaik yang harus berjuang untuk kehormatan bangsanya sebagai pahlawan. Bagaimana caranya mereka tidak boleh gagal agar dapat berhasil saat memata-matainya walaupun mereka harus berperan sebagai banyak profesi dan banyak kepribadian tapi mereka mencoba menjadi yang terbaik.

Tafsiran Isi 5

Sasaran penonton dalam film ini adalah remaja karena ditunjang dengan aktor-aktor yang muda dan bertalenta.

Evaluasi 1

Dari segi ide cerita, cerita tentang ketegangan dua negara bersaudara Korea memang selalu menarik untuk diangkat. Namun, harus diingat bahwa kisah ini 100% fiksi yang diangkat dari fiksi sebuah komik. Selain itu, nuansa komedi yang disuguhkan diawal cerita sangat menghibur. Penonton juga dibuat tercengang dengan aksi tembak menembak dan berkelahi dari Soo-Hyun, Hae-Rang dan Hyun-Woo. Penjiwaan dari tokoh utama sangat menjiwai sekali. Film yang disutradarai oleh Jang Cheol-so berhasil memecahkan beberapa rekor box office di Korea Selatan dan juga mendapatkan laba kotor sebanyak US$43.186.902

Evaluasi 2

“Secretly, Greatly” bukanlah film tanpa cela. Tidak dapat dipungkiri bahwa alurnya lambat di awal dan begitu cepat di bagian tengah menuju akhir, terutama setelah kedatangan Hae-Rang dan Hae-Jin. Namun disayangkan tujuan menjadi seorang mata-mata di Korea Seatan tidak dijelaskan sehingga menimbulkan cerita yang membingungkan dan terkesan menggantung.

Rangkuman 1

Banyak kejadian yang dialami saat mereka bertemu dan misi yang ditugaskan selama 2 tahun oleh Won Ryu-Hwan telah disebarkan kesemua pasuka elite akan tetapi misi yang ditunggu tidaklah sesuai harapan. Pada akhirnya Dong-Gu dan Hae-Rang dan juga Lee Hae Jin menentang misi terakhir yang diberikan. Mereka bertarung demi misi terakhir dengan komandan atasannya yang memastikan bahwa semua pasukan elite ini memenuhi tugasnya.

Rangkuman 2

Dengan demikian, film ini sangat patut untuk ditonton karena memberikan pesan moral yaitu nasionalisme adalah hal terpenting namun keluarga dan persahabatan itu lebih penting. Musuh bisa menjadi teman baik, lebih baik mati jika harus membela pengkhianat. Ada sebuah pesan yang mengatakan “cara untuk mengalahkan musuh adalah menjadi teman baiknya” dan bagaimana kita harus tau bagaimana bersikap untuk balas budi seseorang.

Rangkuman 3

Film “Secretly, Greatly” layak ditonton untuk kalangan remaja karena banyak hal yang dapat kita pelajari dari film tersebut.

Daftar Pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/Secretly,_Greatly
http://www.rorypnm.com/2013/09/movie-review-secretly-greatly-2013.html

Diakses pada 16 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar