Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Melangkah Untuk Mewujudkan Mimpi "5 CM"



Disusun Oleh : Dian Mariatul Q


 
Judul Film     : 5CM
Tahun            : 2012
Sutradara      : Rizal Mantovani
Pemain          : 1. Herjunot Ali sebagai Zafran
                          2. Fedi Nuril sebagai Gema
                          3. Denny Sumargo sebagai Arial
                          4. Raline Shah sebagai Riani
                          5. Igor Saykoji sebagai Ian
                          6. Pevita Pearce sebagai Dinda
 
Orientasi 1

Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan,banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima. Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dalam sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia.

Orientansi 2
Kisah ini menceritakan persahabatan antara lima pemuda yang bernama Genta, Arial, Zufran, Riani dan Ian. Film ini berdasarkan novel yang berjudul “5cm”  karya Donny Dhirgantoro.

Tafsiran 1

Didalam persahabatan antara 5 orang ini,Riani merupakan bagian yang paling terlindungi dari teman-temannya. Satu-satunya perempuan cantik yang ada dalam persehabatan ini, yang mempunyai keunikan yaitu selalu meminta kuah mie jika sedang makan mie bersama teman-temannya. Kerinduan yang amat mendalam dirasakan oleh mereka, karena selama tiga bulan mereka tidak berkomunikasi. Namun, dibalik tidak berkomunikasi satu sama lain mereka merencanakan, jika sudah bertemu akan melakukan perjalanan yang penuh impian dan tantangan yang membuat mereka semakin mencintai indonesia.

Tafsiran 2

Pada suatu malam, seperti biasanya mereka berkumpul, mengobrol dan bersantai. Genta yang saat itu mempunyai sebuah gagasan dan mengungkapkan gagasan yang membuat mereka yang merasa sedih sekaligus bimbang. Gagasan yang menginginkan mereka berlima tidak berkomunikasi dengan cara apapun. Riani merasa tidak kuat tanpa mereka semua yang selalu bersama dalam segala kegiatan. Ian setuju karena ia ingin menyelesaikan skripsinya yang telah lama ia abaikan.

Tafsiran 3

Tiga bulan lamanya telah berlalu, Genta langsung menghubungi teman-teman nya melaui sms bahwa selama seminggu setiap hari mereka harus berolahraga untuk menpersiapkan diri dan memberi tahukan mereka nanti akan bertemu di stasiun tepat tanggal 15 Agustus. Mereka pergi ketempat yang sudah di janjikan oleh Genta. Mereka penasaran, sebenernya mau kemana Genta mereka membawa pergi.

Tafsiran 4

Rasa penasaran merekapun akhirnya terjawab, mereka akan mendaki menuju puncak gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu”Puncak Mahameru”.Mereka pergi berenam karena Arial mengajak adiknya yang bernama Dinda untuk ikut. Keindahan Mahameru dan sekitarnya dan begitu sangat menakjubkan. Indonesia yang memang tidak ada duanya, mereka sangat mengagumi keindahan alam nya yang begitu sangat indah.

Tafsiran 5

Dalam perjalan menuju puncak Mahameru, disini terdapat jalur yang menanjak naik yang dinamakan tanjakan cinta. Mitos yang ada di tanjakan cinta ini, jika pada saat menaiki tanpa melihat kebawah dan memikirkan seseorang yang ia cinta maka akan terwujud impiannya. Karena didalam pertemanan kita harus menerima segala kekurangan dan kelebihan serta menjadi manusia yang beranggapan bahwa dirinya harus mengatur keadaan, bukan diatur oleh keadaan.

Evaluasi

Sebagai film yang menginspirasi atas semangat yang luar biasa untuk terus mengejar mimpi yang selalu ingin dicapai. Satu kalimat yang terucap “ dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan didepan kening kita, jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm didepan kening”.

Rangkuman

Setelah semuanya sadar dan kuat, mereka melanjutkan kembali pendakiannya yang tertunda dengan semangat yang berkobar. Dan hingga pada akhirnya mereka berhasil mencapai puncak Mahameru. Dalam film ini memberikan kesan semnagat yang pantang menyerah dan putus asa. Mendaki Mahameru dengan tujuan mengibarkan bendera merah putih sambil mengumandangkan kata-kata yang memberikan semangat kepada pemuda Indonesia untuk mensyukuri keindahan alam yang telah Allah ciptakan.

sumber :


https://hannyari.wordpress.com/2015/04/02/teks-ulasan-film-5cm/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar