Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

"ME VS MAMI" RASA CINTA TERBESAR ADALAH RASA CINTA MILIK SORANG IBU







 Disusun Oleh : Indah Nur Safitri



Judul film      : Me vs Mami
Tahun rilis     : 2016
Sutradara      : ODY C Harahap
Pemain          : 1. Cut Mini Theo sebagai mami Maudy
                          2. Irish Bella sebagai Mira
                          3. Dimas Aditya sebagai Rio
                       

Orientasi
            Film Me vs Mami merupakan sebuah film yang diadaptasi dari kesuksesan FTV Me vs Mami yang memiliki dua sekuel yaitu Me vs Mami dan Me vs Mami 3, membuat MNC Pictures tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Proses syuting film dilakukan selama 40 hari di Provinsi Sumatera Barat meliputi Padang dan Payakumbuh. Film yang diproduksi oleh MNC Pictures dan disutradarai ODY C Harahap. Film ini dibintangi oleh sederet artis papan atas seperti Cut Mini Theo dan Irish Bella sebagai Mami Maudy dan Mira. Film yang ber-genre drama bercampur komedi ini bercerita tentang perjalanan Mami Maudy dan juga anaknya Mira ke Payakumbuh untuk menemui Nenek Mira.


Tafsiran 1
            Kisah tentang hubungan yang tidak sesederhana ibu dan anaknya. Mira yang mempunyai seorang ibu yang sangat over proctectiv memberikan kasih sayangnya terhadap Mira yang tentu saja tidak disukai oleh Mira sendiri. Mira seorang anak broken home yang dekat dengan ayahnya namun semenjak ayahnya meninggal Mira mengikuti ibunya. Pada satu ketika keduanya harus satu mobil melakukan perjalanan menuju Payukumbuh, Sumatra Barat. perjalanan tersebut dilakukan oleh Mira dan Maudy untuk menuruti permintaan dari neneknya yaitu Uci. Pemintaan ini merupakan permintaan terakhir darinya.


Tafsiran 2
Dalam perjalanan inilah keduanya memperlihatkan sebuah reaksi egoisme yang sangat tinggi hingga akhirnya timbul sebuah perdebatan. Bahkan dari perdebatan tersebut menimbulkan sebuah kemoloran/hambatan perjalanan hingga 3 hari, untuk sebuah jarak yang seharusnya bisa ditempuh hanya dalam 1 hari saja. Selain itu insiden-insiden yang datang di perjalanan mereka juga terkadang membuat situasi keduanya semakin memanas.


Tafsiran 3
Di dalam perjalanan inilah mereka bertemu Rio yang merupakan backpaker misterius. Hingga akhirnya berpetualang bersama dan menjadikannya sebuah petualangan yang menyenangkan dan sangat seru juga menyadarkan masing-masing antara Mira dengan Maminya. Dari sinilah timbul sebuah penyebab dimana keduanya harus mengetahui isi hati satu sama lain. Mereka juga akhirnya mengetahui bahwa Mother + Daughter = Unbreakable  Bond.


Tafsiran 4
            Film ini mengajarkan kepada penonton akan perjuangan seorang ibu yang berusaha keras memberi kasih sayang yang optimal untuk anaknya walaupun dengan cara yang berbeda beda. Sikap Mami Maudy, seorang ibu yang memberikan kasih sayang terhadap Mira dengan menunjukkan sifat over proctectiv terhadap Mira. Kasih sayang, ketulusan, perjuangan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. 


Tafsiran 5      
            Meskipun film ini sudah tayang tahun 2016, film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yang nyata dan akan selamanya menjadi sebuah kisah kasih terbaik sepanjang masa.


Evaluasi
            Secara umum, “Me vs Mami” besutan sutradara ODY C Harahap serta dibintangi oleh Cut Mini Theo dan Irish Bella berhasil mewarnai emosi penonton, mulai dari drama kekeluargaan, komedi, serta romantisme bercampur khususnya menjelang bagian akhir film. Aransemen musiknya juga memperkuat atmosfer film. Mulai dari perdebatan antara Mami Maudy dengan anaknya Mira yang menghasikan kehambatan perjalanannya menuju Payakumbuh sampai pada akhirnya mereka menyadari satu sama lain tentang isi hari mereka yang mereka inginkan. Namun alur yang ditawarkan film ini terkesan dipaksakandan juga kurang lengkap seperti menggantung. Mungkin ini memang karena tuntutan durasi, tapi tetap saja kesannya kurang sedap.



Rangkuman
            Me vs Mami mengisahkan perjalanan Mira yang ingin menemui nenek Uci dan ditemani oleh ibunya. Namun perjalanan mereka tidak cukup lancar karena perdebatan perdebatan mulai yang kecil sampai yang besar hingga membuatnya mengalami perjalan sampai 3 hari yang seharusnya bisa dilewati hanya dalam 1 hari. Sampai pada akhirnya mereka bertemu dengan Rio seorang backpacker misterius dan berpetualang bersama. Pesan moral ini adalah bagian terpenting yang didapat saat menyaksikan film ini. Tidak hanya tentang kasih sayang akan dari seorang ibu terhadap anaknya tapi juga tentang perjuangan agar anak bahagia walaupun dengan cara yang salah. Jadi melalui film ini kita dapat mencontoh pesan moral yang terdapat dalam film ini, seperti sikap akan penghormatan dan perwujudan kasih sayang serta perwujudan cinta. Film ini sangat layak untuk ditonton.









SUMBER :




·



Tidak ada komentar:

Posting Komentar