Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

TIDAK ADA YANG BISA MENGHALANGI CINTA DAN CITA-CITAKU “PERAHU KERTAS”


Disusun oleh Fadilla Kirana Syadevi





Judul Film : Perahu Kertas
Tahun Rilis : 2012
Sutradara   : Hanung Bramantio
Pemain : 1.Maudy Ayunda sebagai Kugy
                          2.Adipati Dolken sebagai Keenan
          3.Reza Rahardian sebagai Remi
          4. Elyzia Mulachela sebagai Luhde



Orientasi 1
Perahu kertas, film yang diproduksi dari Stasvision, ini merupakan film drama fiksi dengan durasi 107 menit. Yang diangkat dari novel terlaris karya Dewi Lestari, kemudian di sutradarai oleh Hanung Bramantio . Film ini  menceritakan tentang kejujuran hati, adanya perasaan yang terhalang oleh perasaan lain. Film ini dibintangi oleh artis remaja seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Kisah di dalam film ini memanglebih banyak mengisahkan tentang cerita cinta anak remaja.

Tafsiran 1
Perahu Kertas adalah kisah yang menceritakan pasang surutnya hubungan antara Kugy dan Keenan. Kugy dikenalkan kepada Keenan oleh Novi dan Eko yang menajdi sahabat Kugy. Perkenalan itu terjadi saat mereka menjemput Keenan dari kepulangannya menimba ilmu di Belanda. Kisah cinta Keenan dan Kugy tidak berjalan mulus, karena saat pertama kali Kugy berkenalan dengan Keenan, ia tengah menjalin kisah asmara dengan Ojos. Keenan sendiri juga sedang dekat dengan sosok gadis cantik bernama Wanda. Kendati Keenan dan Kugy saling menyukai satu sama lain, mereka tidak pernah menyatakan perasaannya satu sama lain. Kisah mereka bermula saat mereka kuliah di Bandung. Kugy ialah sosok gadis tomboy, ceria, dan memiliki keyakinan bahwa ia adalah agen Dewa Neptunus.Bahkan ia selalu memiliki tradisi untuk untuk menulis curhatannya di atas selembar kertas yang akan dibentuk menjadi perahu dan dihanyutkan ke atas air. Meskipun sekilas ia tampak seperti gadis ceria dan ceroboh, sebenarnya ia adalah sosok dengan pemikiran dewasa. Dementara itu, keenan adalah pelukis muda berbakat yang dipaksa untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi oleh sang ayah. Ia bersama dengan Kugy, Noni, dan Eko menjadi geng yang kompak. Kebersamaan mereka akhirnya membuat Keenan dan Kugy saling mencintai diam-diam. Namun rintangan selalu datang silih berganti, seperti saat persahabatan Kugy dan Noni yang terancam bubar karena ketidakhadiran Kugy di pesta ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda.Keenan yang kehilangan motivasi akhinya pergi kerumah Pak Wayan dan menjadi guru baginya untuk melukis. Pada akhirnya ia dipertemukan oleh kolektor langganan Pak Wayan yang bernama Remi. Kugy yang sudah lulus dari kuliahnya ditempatkan sebagai anak magang di biro iklan milik teman kakaknya yang bernama Remi.

Tafsiran 2
Film Perahu Kertas memberikan pesan tentang takdir kehidupan manusia dan buah perjuangan dari usaha kerja keras. Alurnya yang apik dan baru ini juga cocok untuk menyebutkan Perahu Kertas sebagai film remaja yang bagus dan tidak menye-menye. ini memberi pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing- masing dan usaha keraslah yang mengantar  takdir itu ke tangan kita. Oleh karena itu, film ini cocok untuk dijadikan pilihan tayangan bagi anak mudaataupun keluarga.

Tafsiran 3
Tahun 2004, ibu Keenan ke Bali untuk memberitahukan keadaan ayah Keenan yang sedang kritis. Keenan pun kembali ke Jakarta dan berkata pada Luhde akan segera kembali ke Bali jika ayahnya sudah sembuh. Sementara itu di Bandung, Noni dan Eko yang sedang berkemas menemukan kotak yang berisi buku dan surat. Ternyata isi surat tersebut adalah curahan hati perasaan Kugy terhadap Keenan dan alasan dibalik ketidakhadirannya di pesta ulang tahun Noni. Kemudian merekapun segera menyusul Keenan di Jakarta. Takdir berkata lain, saat Kugy dan Keenan akhirnya dipertemukan lagi secara tidak sengaja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Mereka kembali dekat, namun sekali lagi ada penghalang yaitu Remi dan Luhde. Kisah yang menceritakan tentang kisah cinta dewasa yang saling membutuhkan namun takbisa bersama karena telah memilih orang lain. Pilihan yang diambil tersebut akhirnya harus dipertanggung jawabkan dan dijalankan dengan sepenuh hati.

Tafsiran 4
Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus. Kugy selalu memiliki "ritual" unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya ke selembar kertas, yang lalu dibuatnya menjadi perahu untuk kemudian dihanyutkan ke air

Tafsiran 5
Perahu Kertas adalah film yang diangkat dari judul novel yang sama karya dari Dewi Lestari. Kisah ini menceritakan tentang kejujuran hati, adanya perasaan yang terhalang oleh perasaan lain. Film ini dibintangi oleh artis remaja seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Kisah di dalam film ini memang lebih banyak mengisahkan tentang cerita cinta anak remaja yang sangat amat menarik.

Tafsiran 6
Film ini sangat bagus dan menarik. Dimana dalam ceritanya mengangkat tema persahabatan dan percintaan remaja yang sangat bagus untuk ditonton para remaja.

Evaluasi
Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan :
Setiap karakter yang hadir di dalam cerita mampu digambarkan dengan cukup baik.Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini.Penampilan pemerannya sangat menjiwai karakter yang diperankan.Film ini sangat bagus dan menarik. Dimana dalam ceritanya mengangkat tema persahabatan.

Kekurangan :
Terdapat salah satu bagian konflik yang terkesan menarik sementara bagian lainnya terasa datar akibat konflik yang muncul dari sisi kehidupan pribadi masing-masing karakter terlalu banyak yang pada akhirnya justru memecah perhatian penonton.Film ini terbagi menjadi dua season sehingga membuat penonton harus menunggu season  berikutnya.Akhir ceritanya kurang jelas, masih menggantung sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi para penontonnya.

Rangkuman
Film Perahu Kertas ini memberi pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing-masing dan usaha keraslah yang mengantar takdir itu ke tangan kita. Oleh karena itu, kita harus menjadi pribadi-pribadi yang percaya diri akan cita-cita yang kita impikan.

Sumber
catatan-stemanika.blogspot.com/2016/05/teks-ulasan-film-perahu-kertas.html?m=1
http://gamepos.id/contoh-struktur-teks-ulasan-film-perahu-kertas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar