Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

Ketika Hati yang Sudah Tidak Lagi Sama dalam film "Koala Kumal"

Disusun Oleh : Rifka Annisa


Judul Film  :  Koala Kumal
Tahun Rilis :  2016
Sutradara   : Raditya Dika
Pemain       : Raditya Dika sebagai Dika
Acha Septriasa sebagai Andrea
Sheryl Sheinafia sebagai Trisna
Nino Fernandez sebagai James

Orientasi
Film drama Koala Kumal merupakan sebuah film yang berasal dari Indonesia dengan genre komedi dan drama. Film ini diadaptasi dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama dan terinspirasi dari pengalaman kehidupan pribadi Raditya Dika sendiri. Raditya Dika bertindak sebagai Sutradara sekaligus penulis Skenario film Koala Kumal ini. Film ini diproduksi oleh Starvision Plus, berdurasi 96 menit dan diperankan oleh Raditya Dika, Acha Septriasa, Sheryl Sheinafia dan Nino Fernandez. Berkisah tentang pernikahan yang berakhir batal karena Dika mengetahui pacarnya yaitu Andrea selingkuh dengan pria tampan yang bernama James. Karena itu Dika kesulitan menyelesaikan penulisan bukunya, karena dibayangi oleh rasa patah hati. Muncullah seorang wanita yaitu Trisna yang berusaha membantu Dika lepas dari masalah patah hatinya.
Tafsiran 1
Dika dan Andrea adalah sepasang kekasih yang akan menikah. Secara tiba-tiba Andrea membatalkan rencana pernikahan tersebut karena lebih memilih James. Dika pun hanya bisa menerima semuanya dengan pasrah. Karena putus cinta dengan Andrea, Dika jadi kehilangan ide untuk menulis padahal deadline sudah semakin dekat. 
Tafsiran 2
Mengetahui Dika putus dari Andrea, mamanya justru sibuk mencarikan kenalan agar dapat bersanding dengan Dika. Terlebih karena Dika sudah janji ke adiknya bahwa ia akan datang bersama pacar di acara wisuda adiknya. Dika masih belum bisa membuka hati dengan siapapun. Ia masih dilanda galau dan sedih karena Andrea begitu tega meninggalkannya begitu saja dengan alasan yang tidak jelas pula.
Tafsiran 3
Ketika Dika bingung dengan ide tulisan dan mamanya sibuk mengenalkan dengan cewek baru, Dika diam-diam kabur karena sebenarnya dia tidak mau dijodohkan. Akhirnya, ia bertemu Trisna, cewek aneh ketua klub kutu buku yang secara langsung mengundang Dika untuk menghadiri acara review buku di klub kutu bukunya. Dika yang awalnya menolak pun menyetujui kemauan Trisna. Ternyata Trisna adalah cewek yang baik hati. Ia tahu bahwa Dika sedang patah hati dan dengan pedulinya Trisna ingin membantu Dika untuk segera move on. Segala cara dilalui mulai dari aplikasi cari jodoh, acara kencan kilat, hingga menyabotase acara penggalangan dana di rumah sakit James, pacar sekaligus calon suami Andrea. Dan ternyata di balik kebaikan Trisna membantu Dika untuk segera move on dan jutek sama semua cowok yang mendekatinya ada satu kisah.
Kisah dimana Trisna juga mengalami putus cinta. Trisna pernah menjalin hubungan dengan cowok dan cowok itu berjanji untuk tidak meninggalkannya. Tapi pada akhirnya cowok itu meninggalkannya juga. Trisna sampai merasa bahwa inilah putus cinta terhebat yang pernah ia alami.
Tafsiran 4
Dika dan Trisna menyabotase acara penggalangan dana di rumah sakit James. Dika tidak sengaja membawa flashdisk James dan keesokan hari nya Dika memberikan flashdisk itu ke Andrea. Dan Andrea melihat foto-foto James bersama perempuan lain saat berlibur di luar negeri 2 bulan lalu. Kemudian Andrea marah dan tiba-tiba Andrea datang kembali setelah menoreh luka perih di hati Dika. Semacam tanda-tanda menyesal ingin balikan. Andrea mengajak Dika ke tempat pameran lukisan, saat di tempat tersebut mereka melihat lukisan yang sangat dalam maknanya yaitu tentang seekor koala yang pergi meninggalkan tempat tinggalnya berbulan bulan, ketika dia balik lagi ternyata hutan tempat tinggalnya sudah habis ditebang. Sama seperti hati yang pernah singgah, tetapi saat kembali lagi semuanya sudah tidak sama seperti semula. Saat di acara ulangtahun mama Andrea, Dika mencoba memperbaiki hubungan  Andrea dan James. Dan akhirnya Andrea dan Dika bahagia dengan pasangan nya masing-masing. Begitu juga dengan Trisna, ia mengikhlaskan kepergian kekasihnya.
Tafsiran 5
Koala kumal adalah film dengan background patah hati dengan genre komedi. Menceritakan seseorang yang sedang patah hati dan proses move on. Layak ditonton oleh anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsur komedi.
Evaluasi
Kelebihan Koala Kumal adalah film ini sangat unik karena sutradara dari film ini yaitu Raditya Dika ikut berperan dalam film yang disutradarainya. Selain itu, film ini juga menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari sehingga mudah dipahami. Kekurangan Koala Kumal adalah film ini durasi film yang singkat. Artikulasi peran Sheryl Sheinafia sebagai Trisna pada saat berbicara tidak jelas, bicaranya terlalu cepat.
Rangkuman
Film ini berisi tentang komedi dan drama tetapi yang lebih menonjol adalah komedinya. Koala Kumal memang bukan karya terbaik dari Raditya Dika. Tapi Koala Kumal mampu menyajikan masalah yang berbeda untuk diangkat menjadi sebuah komedi, patah hati. Sepanjang 96 menit, penonton bisa tersenyum, tertawa, dan terharu.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar