Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Airlift : The Hero Of 170.000 Refugees

Disusun oleh : Nur Afiqoh Rahmalia


Judul film  : Airlift
Tahun rilis : 22 Januari 2016
sutradara   : Raja Menon
Pemain     : Akshay Kumar (Ranjit katyal)
                   Nimrat Kaur (Amrita katyal)
                   Ferena Wazeir (Shazin)
                         Purab kohli (Ibrahim)

Orientasi 1 : 

Airlift merupakan film yang disutradarai oleh Raja menon. Film ini terjadi berkat hasil kerjasamanya dengan Rites shah, Suresh nair dan dirilis pada tanggal 22 Januari 2016 (India). Dengan memadukan genre action, drama, dan juga history. Film Airlift terinspirasi dari kisah nyata tentang nasib rakyat India yang terjebak di Kuwait ketika Saddam Hussein menyerang negara itu pada 1990. Airlift berdurasi 2 jam 10 menit dalam penayangannya.

Orientasi 2 : 

Film ini menceritakan tentang seorang pengusaha yang bernama Ranjit katyal (Akshay Kumar) yang hidup sukses di Kuwait bersama istri (Nimrat kaur) dan Putri semata wayangnya. Namun, saat Irak menyerang Kuwait, Ia memutuskan untuk mempertaruhkan nyawa demi teman sebangsanya.

Tafsiran isi 1 : 

Dalam film ini menceritakan tentang Ranjit katyal yang merupakan seorang pengusaha berdarah India yang tinggal di Kuwait. Seperti umumnya pengusaha kaya yang sukses tentu Ia juga memiliki kedekatan yang khusus dengan pemerintah. Hingga pada suatu saat terjadilah penyarangan terhadap Kuwait yang dilancarkan oleh Irak. Rumah Ranjit telah di porak-poranda oleh tentara Irak. Sehingga mereka memutuskan untuk tinggal di kantor miliknya. Dikarenakan banyaknya warga India yang mengungsi di kantornya itu, Ia pun mulai memikirkan tentang kehidupan para pengungsi tersebut. Ranjit terus mencari cara agar dapat mengirimkan warga India kembali ke asalnya. Hingga akhirnya  mereka pun terbang dan kembali ke India dan Ranjit pun mendapat ucapan terima kasih dan dianggap pahlawan oleh para pengungsi lain.

Tafsiran isi 2 : 

Airlift  membawa semangat nasionalisme di dalamnya meskipun hidup  bergeliman materi diperantauan, sewaktu-waktu apabila ada hal yang terjadi di negara bermukimnya saat ini setiap warga negara akan mencari bantuan dari negara asalnya. Jadi janganlah pernah merendahkan tanah airmu atau bangsamu sendiri meskipun hidup di negeri orang dirasakannya menjadi pilihan terbaik saat ini. Ketika pemerintah lambat dalam menangani suatu masalah maka di satu sisi Ada jantung rakyat yang hidup dalam kondisi tak menentu dan mungkin saat membahayakan keselamatan mereka.

Tafsiran isi 3 : 
Solusi yang dilakukan oleh pemeran dalam film Airlift ini adalah dengan terus mencari bantuan kepada Pemerintahan India dengan terus menghubungi staf yang bekerja di pemerintahan India. Dan meminta kepada staf tersebut untuk segera mengirimkan bantuan, berupa makanan dan pengangkutan warga India yang tinggal di Kuwait.

Tafsiran isi 4 : 

Makna yang terdapat dalam film Airlift ini adalah tentang misi penyelamatan 170.000 pengungsi melalui 488 penerbangan dalam 59 hari melalui kerja keras seseorang (Ranjit Katyal)

Tafsiran isi 5 : 

Airlift dituding plagiat. Beberapa pihak menilai, film Airlift meniru film Argo (2012) yang dibintangi aktor Hollywood Ben Affleck. Argo memang berkisah tentang proses evakuasi mirip seperti Airlift. Namun itu tidak benar karena film Airlift diangkat dari kehidupan nyata yang terjadi di India kala itu.

Tafsiran isi 6 : 

Sasaran yang ditujukan dari film ini adalah semua unsur manusia karena film ini mengajarkan kita untuk bersifat peduli, tidak peduli dia keluarga atau orang asing, yang terpenting kita adalah satu makhluk sosial.

Evaluasi 1 : 

Film Airlift adalah film karya negeri yang digarap berdasarkan kejadian nyata. Pesan yang ditanamkan sangat terasa berkat peran yang dilakukan para pemain yang handal. Alur ceritanya pun dapat dimengerti ditambah dengan beberapa lagu yang dapat mengantarkan kita kepada imajinasi yang tinggi. Film ini juga dapat membuat penontonnya terkagum-kagum karena mampu meningkatkan rasa nasionalisme. Bahkan rating film ini mencapai 9.2 dalam situs IMDB. Dan mendapatkan penghasilan hingga Rs 44,3 Crore pada minggu awal pembukaan (sekitar 88 Milyar Rupiah).

Evaluasi 2 : 

Bukan hanya itu film ini juga menuai kritikan dari pemerintah India karena dianggap terlalu memojokan instansi pemerintah dan dianggap kurang sesuai dengan apa yang terjadi sebenernya. Dan film ini juga menuai berapa sindiran karena dianggap plagiat. Namun tudingan itu tidak benar karena film ini diangkat dari kejadian nyata.
Rangkuman : Inti dari film Airlift ini adalah kepedulian terhadap sesama dapat mengantarkan kita pada rasa kedamaian dan ketentraman yang abadi. Untuk itu kita sebagai umat manusia haruslah saling tolong menolong. Film ini sangat layak untuk ditonton karena film ini sangat mengandung unsur positif. 


Sumber : 
http://www.pusatsinopsis.com/2016/02/sinopsis-film-airlift-2016.html?m=1
http://rockygoerszs.blogspot.co.id/2016/02/cinemovies-airlift-kisah-nyata-evakuasi.html?m=1
http://iza-anwar.blogspot.co.id/2016/06/airlift-2016.html?m=1
https://seword.com/movie/airlift-nasionalisme-pengusaha-india-dalam-perang-iraq-kuwait/

Diakses pada 24 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar