Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

“Ada Apa Dengan Cinta 2” : Sebuah Kisah Cinta dan Persahabatan Sejati



Disusun Oleh : Achmad Rizal Al Firdausi

 
Judul Film                          : Ada Apa Dengan Cinta 2
Tahun Rilis                         : 28 April 2016
Sutradara                           : Riri Riza
Produser                            : Mira Lesmana
Penulis Skenario                : Mira Lesmana, Prima Rusdi
Rumah Produksi                : Miles Production, Legacy Pictures
Pemain                               : Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta
                                             Nicholas Saputra sebagai Rangga
                                             Adinia Wirasti sebagai Karmen
                                             Titi Kamal sebagai Maura
                                             Sissy Prescillia sebagai Milly

Orientasi

        “Ada Apa Dengan Cinta 2” adalah sebuah film Indonesia produksi Miles Productions, dan Legacy Pictures yang merupakan sekuel lanjutan dari “Ada Apa Dengan Cinta?” yang sebelumnya dirilis tahun 2002. Film ini ditayangkan di Indonesia pada tanggal 28 April 2016 dan masih dibintangi oleh pemeran film sebelumnya, antara lain: Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta, Nicholas Saputra sebagai Rangga, Adinia Wirasti sebagai Karmen, Titi Kamal sebagai Maura, dan Sissy Priscillia sebagai Milly. Film yang berdurasi 124 menit ini menceritakan tentang romantisme sepasang kekasih yang telah berpisah selama 14 tahun lamanya dan karena cinta mereka dipersatukan kembali.                     

Tafsiran Isi 1

       Cinta dan Rangga, ialah dua orang remaja yang saling mencintai terpisahkan selama 14 tahun. Cinta saat ini tengah menikmati kesibukannya sebagai pemilik gallery sederhana yang terletak di Jakarta. Suatu hari Cinta bersama Milly, Maura, dan Karmen sedang berkumpul di suatu caffe. Di hari itu Cinta memberikan 2 pengumuman, pertama Cinta memiliki rencana untuk mengajak sahabatnya berlibur ke Kota Yogyakarta, dan yang kedua Cinta memberitahu sahabatnya bahwa Cinta telah dilamar oleh lelaki yang saat ini menjadi kekasihnya yaitu Trian. Sedangkan disisi lain, seorang pria yang bernama Rangga selalu mendambakan hati seorang Cinta. Walaupun keberadaannya saat ini jauh di New York tidak pernah sedikitpun Rangga melupakan bayang-bayang Cinta. Sebenarnya diantara keduanya masih saling menyimpan rasa, hanya saja waktu dan jarak yang belum memungkinkan untuk mereka kembali bersama.

Tafsiran Isi 2

     Setelah beberapa hari mereka di Yogyakarta, tanpa disengaja Karmen, dan Milly bertemu dengan Rangga. Lalu Karmen memiliki rencana untuk mempertemukan Cinta, dan Rangga di suatu tempat. Akan tetapi, Cinta menolak untuk bertemu dengan Rangga, dan lebih memilih untuk melanjutkan liburannya. Kemudian Karmen memiliki rencana untuk mempertemukan Cinta, dan Rangga tanpa sepengetahuan Cinta, dan lainnya di sebuah pameran. Disaat Cinta mengetahui bahwa Karmen lah yang telah merencanakannya, Cinta  tampak marah dan kesal kepada temannya tersebut. Tetapi, pada akhirnya Cinta luluh, dan mengiyakan saran teman-temannya untuk bertemu dengan Rangga. Keesokan harinya, Cinta dan Rangga bertemu di suatu café. Pada pertemuan itu, Rangga memberikan penjelasan pada Cinta tentang kejadian 9 tahun yang lalu. Pada awalnya, Cinta sangat marah tetapi dengan segala cara Rangga memberikan penjelasan kepada Cinta. Rangga menceritakan semua alasan mengapa dia meninggalkan Cinta selama ini. Setelah seharian mereka lewati berdua, mulailah muncul kembali rasa cinta yang dulu pernah ada.

Tafsiran Isi 3

        Film “Ada Apa Dengan Cinta 2” ini menggambarkan tentang kisah persahabatan sejati antara Cinta, Maura, Karmen, dan Milly yang tak lekang oleh waktu, serta kisah cinta antara Rangga dan Cinta yang akhirnya bersatu kembali setelah 14 tahun lamanya. Dalam kisah cinta ini, kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwa besarnya cinta akan mampu mengalahkan besarnya rasa benci yang terdapat dalam hati, dan cinta yang dewasa adalah yang mau menyelesaikan masalah bukan berlari pergi penuh emosi.

Tafsiran Isi 4

       Bagi para penggemar, dan pecinta film romance, film “Ada Apa Dengan Cinta 2” ini lebih menarik untuk ditonton dibandingkan dengan film romance lainnya karena, film ini tidak hanya menceritakan tentang kisah romance sepasang kekasih tetapi juga memperlihatkan bagaimana cara mempertahankan sebuah persahabatan yang terjalin selama 14 tahun lamanya.


Tafsiran Isi 5

       Film ”Ada Apa Dengan Cinta 2” ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, melainkan juga untuk para remaja yang menyukai drama romance. Karena film ini sangat lekat sekali dengan percintaan dan persahabatan yang dapat membuat siapa saja yang menyaksikannya ikut terbuai ke dalam alur ceritanya.


Evaluasi 1

        Film “Ada Apa Dengan Cinta 2” merupakan film drama romance yang wajib ditonton oleh para remaja. Karena film ini sangat menjunjung tinggi nilai seni dan kebudayaan melalui pamera Eko Nugroho, puisi Aan Mansyur, band Hip-Hop Kill the DJ dan yang sangat bagi saya adalah papermoon puppet theatre. Latar tempat yang dipilih dalam pembuatan film ini juga menarik memperkenalan spot-spot yang indah di Yogyakarta yang jarang sekali dikunjungi oleh warga Yogyakarta itu sendiri seperti Gereja Ayam. Disamping itu, film ini juga didukung oleh tokoh-tokoh yang diperankan oleh aktris dan actor yang sangat hebat. Seperti Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Titi Kamal, dan Sissy Prescillia yang mampu meghidupkan kembali peran mereka tanpa melupaka karakter masing-masing dalam film “Ada Apa Dengan Cinta” yang pertama. Selain itu, film ini juga sukses dalam penayangannya yang perdana karena mampu meraih 200 ribu penonton dan sekaligus memecahkan rekor penonton terbanyak dalam satu hari. Tidak hanya sukses dalam penayangannya, film “Ada Apa Dengan Cinta 2” ini juga berhasil dalam hal pendapatan yakni mendapat kurang lebih sebesar 20 Milliar. Adapun proses syuting dilaksanakan di dua Benua dan dua Negara yaitu: Indonesia, dan Amerika Serikat.

Evaluasi 2

      Selain beberapa kelebihan yang terdapat di atas, menurut saya film ini juga memilki beberapa kekurangan walaupun hanya sedikit saja. Adapun kekurangan tersebut terdapat pada alur film yang kurang jelas karena jalan ceritanya, sebab dalam setiap adegan itu ceritanya seperti tidak tuntas jadi agak terkesan singkat.


Rangkuman

      Dari film “Ada Apa Dengan Cinta 2” ini kita bisa mengambil beberapa kesimpulan. Pertama, jangan melupakan teman lama saat kita telah menemukan kehidupan yang baru. Seperti halnya Cinta yang tidak begitu saja melupakan Maura, Milly, dan Karmen yang mewarnai masa putih abu-abunya. Jadi, kita tidak boleh melupakan teman begitu saja karena pasti ada waktunya kita akan membutuhkan mereka.Yang terakhir, perjuangkanlah segala sesuatu yang dianggap olehmu belum mustahil sampai hal tersebut benar-benar mustahil untuk didapatkan. Seperti Rangga yang berjuang untuk mendapatkan cinta sejatinya untuk kembali bersamanya.

Sumber :




 

  
 
-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar