Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

“Fenomena Banjir”

Disusun oleh : Wisma Jati Ningrum



Banjir adalah fenomena alam yang sering terjadi di sekitar kita atau dilingkungan masyarakat dan dapat disebut juga fenomena social di sekitar kita. Banjir sendiri itu sendiri adalah sebuah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam suatu daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada biasanya tidak terendam air. Dalam arti “Air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut.
Banjir yang terjadi di Jakarta, Bandung, atau daerah sekitarnya sebagian besar disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi. Namun demikian, ulah manusia yang membuang sampah di sungai, menebang pohon sehingga hutan

            Faktor-faktor penyebab banjir dibagi menjadi 2 yaitu, faktor manusia, penebangan hutan, kurangnya kesadaran masyarakat dengan lingkungan sekitar, terutama penghijauan atau penanaman kembali pohon kembali, tidak adanya daerah resapan air, membuang sampah sembarangan, dan masih banyak hal lainnya. Faktor alam, hujan lebat, meluapnya air sungai, danau, dan gempa bumi yang terjadi di laut dan menyebabkan air laut meluap ke daratan. Banjir yang disebebkan oleh erupsi gunung merapi , yaitu banjir lahar dingin. Banjir ini terjadi akibat dari material – material hasil dari gunung merapi yang tersisa sangat banyak di atas kawah gunung, sehingga ketika hujan terjadi air tersebut akan bercampur dengan material erupsi gunung dan terbawa lingkungan warga.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar