Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

"SINGLE" bukan berarti “SENDIRI”

Arie Syaiful Rahman

Judul Film   : SINGLE
Tahun          : 17 Desember 2015
Sutradara     : Raditya Dika dan Sunil Soraya
Pemain        : 1. Raditya Dika sebagai Ebi
                      2. Pandji Pragiwaksono sebagai Wawan
                      3. Chandra Liow sebagai Joe
                      4. Annisa Rawles sebagai Angel
                      5. Babe Cabita sebagai Victor
                     


Orientasi 1 :
            Film “SINGLE” merupakan film komedi romantis indonesia yang disutradarai oleh Raditya Dika dan Sunil Soraya berdasarkan skenario yang dibuat oleh Raditya Dika, Sunil Soraya dan Donny Dhirgantoro. Film ini diproduksi oleh Soraya Intercine Films dengan durasi 127 menit ini dirilis pada tanggal 17 Desember 2015. Film ini diadaptasikan dari pengalam nyata dan dari sebuah novel yang berjudul “SINGLE”.

Orientasi 2 :
            Film ini bercerita tentang sosok Ebi, seorang pemuda 27 tahun yang naif dan belum mempunyai pekerjaan. Ebi bahkan masih sering meminta uang dari ibunya setiap kali ibunya datang ke Jakarta. Ebi juga seorang single forever atau jomblo dari lahir yang belum pernah pacaran. Hal ini terjadi karena setiap kali Ebi mendekati perempuan, Ebi selalu saja ditolak. Intinya, kehidupan Ebi layak untuk dikasihani.

Tafsiran Isi 1 :
            Suatu hari, adik Ebi, Alva yang lebih ganteng dan sukses darinya mengumumkan kalau dia hendak menikah. Karena inilah, Ebi pun mencari pacar untuk dibawa ke kawinan Alva. Agar harga dirinya di depan ibunya masih bisa diselamatkan. Dibantu oleh kedua orang teman kosannya, Wawan yang paling sok tahu dan Victor yang pesimistis, Ebi pun mulai mencari cewek satu per satu yang juga berujung pada kegagalan.
            Tak perlu jauh-jauh, anak baru di kosannya, Angel (Annisa Rawles), ternyata telah meluluhkan hati Ebi yang kosong. Seperti namanya, Angel memiliki pribadi bak malaikat yang dapat membuat setiap lelaki terpincut kepadanya.
Namun perjalanan Ebi untuk mendapatkan cinta Angel tak berjalan mulus. Ia harus berhadapan dengan teman baik Angel yang juga diam-diam menaruh hati, Joe (Chandra Liow). Angel sudah menganggap Joe seperti kakaknya sendiri. Mengetahui Ebi juga menaruh hati pada Angel, Joe mengajaknya untuk bersaing secara sehat.

Tafsiran Isi 2 :
Single bukan berarti kita harus memiliki orang yang kita cintai, tapi single juga membuat kita bebas menikmati hidup ini tanpa diatur oleh siapa pun dan single pun membuat kita bahagia dengan apa yang kita lakukan.

Tafsiran Isi 3 :
            Jelang pernikahan Alva, Ebi mengajak teman-temannya untuk berlibur ke Bali, termasuk Angel. Di sana, salah paham mulai terjadi antara Ebi dan Angel yang membuat hubungan mereka semakin renggang. Tak hanya itu, Ebi juga sempat bersiteru dengan dua sahabatnya, Wawan dan Victor. Lalu, apakah masih ada kesempatan untuk Ebi mendapatkan hati Angel?
            Wawan dan Victor yang merasa kasihan terhadap Ebi yang tidak bisa mengungkapkan perasaannya terhadap Angel. Akhirnya mereka pun membantu menulis surat cinta Ebi untuk Angel. Namun, Ebi tak suka akan hal itu karena Angel ingin bahwa kalo Ebi itu mengungkapkannya sendiri. Ebi pun langsung merobek surat yang dibuat oleh Wawan dan Victor, namun Ebi telah salah robek surat yang diberikan kepada Angel. Angel pun sedih karena melihat Ebi telah merusak surat puisi dari Bu Marjan. Setelah kejadian itu Ebi pun kembali ke Jakarta dan melakukan aktivitas rutinnya.

Tafsiran Isi 4 :
            Setelah pindah kos dari kos yang lama ke kos yang baru, Ebi pun merindukan teman-temannya. Ia pun memutuskan untuk bertemu dengan mereka, Ebi pun menyadari bahwa kalo SINGLE itu bukan berarti ia harus meninggalkan lama karena sebuah wanita yang belum tentu ia dapatkan. SINGLE juga mengajarkan ia bahwa kita bisa bahagia dengan teman-teman kita yang setia bersama untuk menghadapi segala rintangan.

Tafsiran Isi 5 :
            Ebi pun sudah baikan dengan Wawan dan Victor, ia pun juga mencari Angel untuk meminta maaf atas kejadian yang terjadi di Bali. Namun, kabar yang ia dapat dari Joe bahwa Angel sedang pergi keluar kota bersama keluarganya. Setelah Joe menceritakan semuanya Ebi baru mengetahui bahwa Bu Marjan adalah ibunya Angel. Angel memang susah untuk membuka hatinya untuk orang lain, karena ia pernah dikecewakan oleh ayahnya sendiri.

Tafsiran Isi 6 :
            Akhirnya telah tiba hari pernikahan adik Ebi yaitu Alva dan Yasmin. Ibu Ebi sangat berterimakasih kepadanya karena ia telah menolong ibunya dalam mempersiapkan acara resepsi pernikahan adiknya. Ebi sangat terkejut melihat Angel datang ke pernikahan Alva, Angel pun sangat berterimakasih kepada Ebi karena dia telah membuat harapan kepada Bu Marjan untuk bisa masak lagi. Berkat resep nasi goreng kambing yang Ebi berikan ke Bu Marjan. Terkadang kita harus meninggalkan masa lalu kita untuk menjadi lebih baik. Seperti arti dari bunga davadel “awal yang baru”.

Tafsiran Isi 7 :
            Kembali ke single, single itu bukan berarti kita selalu sendiri dan tidak bahagia. Diperlihatkan bahwa Ebi bisa sangat bahagia karena ia mempunyai teman dan keluarga yang menghiburnya dan selalu membantunya. Dan yang membuat Ebi sangat bahagia adalah melihat orang-orang yang ia cintai tersenyum lebar dan tertawa bahagia. Single juga bukan berarti kita bisa memaksakan orang yang kita suka itu harus membalas cinta yang kita beri, tapi dengan melihat dia bahagia saja sudah membuat kita sangat bahagia.

Evaluasi 1 :
            Film “SINGLE” ini diperankan oleh para aktor dengan penuh penjiwaan sehingga dapat membuat para penonton mengerti arti dari SINGLE. Bahwa single bukan hanya sekedar status saja, tapi single mengajarkan kita cara membuat orang-orang terdekat kita tersenyum dan tertawa bahagia. Single juga bukan berarti kita harus memaksakan orang yang kita suka itu membalas cinta yang kita berikan.

Evaluasi 2 :
            Tempat syuting dan lagu yang dibawakan pada film Single ini sangat mengena sekali ke dalam hati. Kita juga dapat belajar bahwa cinta itu bukan berarti harus memiliki tapi cinta itu membuat orang yang kita sayangi itu bahagia.

Rangkuman :
            Seberat apapun rintangan dalam hidup jangan pernah menyerah, apalagi soal cinta. Semua manusia sangat membutuhkan cinta dan kita juga tidak bisa memaksakan orang yang kita suka itu harus membalas cinta yang telah kita berikan. Dan kita juga harus meninggalkan masa lalu kita untuk awal yang baru.

Sumber :
                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar