Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 20 Mei 2017

ILY FROM 38000 FT : KESETIAAN DARI KEKUATAN CINTA

Disusun oleh : Siska Amelia



Judul : I Love You From 38.000 FT
Tayang Perdana : 5 Juli 2016
Genre : Drama,Romantis
Sutradara : Asep Kusdinar
Penulis : Sukdev Singh Tisa TS (Novel)
Produser : Richard R. Pondaag
Produksi : Screenplay Production
Rating : Remaja (R-13+)
Pemain : Rizky Nazar (Arga), Michelle Zuidith (Aletta), Derby Romero (Rimba),Ricky Cuaca (Bugy), Tanta Ginting (Jonah) ,Verrell Bramasta (Dhito)



Orientasi :
Latar belakang film ini dibuat adalah untuk mengenang seorang pramugari AirAsia yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tanggal 28 Desember 2014 silam. Khairunnisa sebelum insiden tersebut mengirim sebuah kiriman gambar ke Instagram miliknya yang berupa secarik kertas tertulis "I Love You from 38000 Feet". Film ini disutradarai oleh Asep Kusnidar, film ini di adaptasi dari novel yang di tulis oleh Sukdev Singh Tisa TS. ILY from 38.000 FT telah mengumpulkan 1,4 juta penonton, sementara London Love Story mencatat kehadiran 1,1 juta penonton di bioskop selama pemutarannya.

Tafsiran isi 1
Disebuah pesawat yang menuju ke Bali Aletta duduk seorang diri,tiba tiba ada seorang pria alay yang tidak diketahui namanya duduk di samping Aletta. Pria itu sangat mengganggu Aletta, Aletta merasa terusik dengan keberadaan pria itu, lalu pria (Arga) yang berada di depan kanan Aletta menoleh ke kiri melihat Aletta yang sedang merasa terusik oleh pria alay itu. Tak lama kemudian pria alay itu ke kamar kecil, lalu yang duduk disamping Aletta adalah Arga. Aletta merasa terimakasih sekali pada Arga karena ia telah menghindari pria alay itu dari Aletta namun Arga tidak merasa menolong Aletta ia hanya terdiam. Setelah sampai di Bali Aletta menunggu taksi untuk menuju tempat penginapan tapi tidak ada satupun taksi yang lewat. Tiba tiba Arga berhenti di depan Aletta memberi tumpangan pada Aletta. Pada saat itu Aletta belum mengetahui nama Arga. Kepergian Aletta ke bali ini karena ia merasa jera di jodohkan oleh Dhito.

Tafsiran isi 2
Ke esokan harinya Aletta pergi ke tempat kerjanya Arga dengan rupa yang cantik dengan tujuan ingin mengetahui nama Arga karena pada saat itu Aletta belum mengetahui nama Arga dan melamar kerja menjadi host. Awalnya Arga dan teman temannya tidak setuju Aletta melamar pekerjaan di tempat kerjanya Arga karena Aletta tidak mempunya pengalaman menjadi host. Tetapi setelah Arga merundingkan dengan teman temannya akhirnya Aletta di terima menjadi host.

Tafsiran isi 3
Selama syuting Aletta selalu salah dalam setiap adegan karena Aletta tidak mempunyai pengalaman dalam menjadi host tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya Aletta terbiasa dengan pekerjaannya .Aletta selalu mencari perhatian di depan Arga bahkan ia rela berpura pura jatuh demi dapat perhatian Arga. Tapi Arga selalu bersikap dingin terhadap Aletta. Dalam situasi itu Rimba menyukai Aletta. Pada suatu hari Rimba memberi bunga dan diletakan di dalam tenda Aletta tanpa sepengetahuan Aletta dan Aletta mengira bunga itu pemberian dari Arga. Seiring berjalannya waktu tanpa diduga duga akhirnya Arga menyatakan perasaannya kepada Aletta. Aletta sendiri yakin bahwa Arga adalah cowok yang sudah ditakdirkan Tuhan untuk menjadi pendamping hidupnya.

Tafsiran isi 4
Setelah beberapa waktu berlibur di Bali Aletta kembali ke Jakarta. Tetapi Arga tidak ia akan menyusul Aletta ke Jakarta dan berjanji bertemu dengan orang tuanya. Setelah beberapa waktu kemudian Arga pulang ke Jakarta. Dalam perjalanan, di pesawat Arga menulis di selembar kertas yang bertuliskan " I Love You from 38000 feet " untuk Aletta. Dalam perjalanan tersebut pesawat yang di naiki mengalami kendali yang buruk dan pesawat tersebut mengalami kecelakaan. Kabar kecelakaan ini sudah terdengar di kuping Aletta. Aletta sangat sedih dan tidak percaya, lalu Aletta dan Bugy pergi ke tempat lokasi terjadinya kecelakaan pesawat tersebut. Aletta mencari mayat Arga tetapi mayat Arga tidak di temukan.

Tafsiran isi 5
Setahun kemudian.....
Aletta tetap masih tidak bisa melupakan Arga dan ia yakin bahwa Arga masih hidup selagi mayat Arga belum di temukan. Pada akhirnya Aletta mau di jodohkan dengan Dhito dengan terpaksa. Pada menjelang hari pernikahannya dengan Dhito tiba tiba telepon Aletta berbunyi dan Aletta mengangkatnya ternyata suara Arga namun tak lama kemudian sambungannya tetputus. Aletta bergegas ke rumah Arga untuk memastikan bahwa Arga masih hidup. Namun sesampainya di rumah Arga orang tua Arga yang keluar dan mengatakan Aletta sedang berhalusinasi saja. Akhirnya pernikahan Aletta dan Dhito berlangsung, pada saat sedang mengucapkan ijab kabul Dhito menghentikannya dan mengatakan pada Aletta bahwa Arga masih hidup. Aletta langsung keluar dan mencari Arga tiba tiba Arga muncul dan membuat Aletta bersedih karena kemunculannya. Dan pernikahan Aletta dan Dhito dibatalkan dan menjadi pernikahan Aletta dengan Arga. Pada akhirnya merekapun hidup bahagia.

Tafsiran isi 6
Dalam film ini mengandung pesan moral yaitu rasa syukur seperti dalam kutipan berikut "Syukuri setiap detik dalam hidupmu, jangan terlalu mudah menghakimii hidup orang lai karena kamu nggak tahu seperti apa perjuangan menghadapi hidup, seperti kamu berjuang untuk hidupmu sendiri. Terimakasih atas cinta dan dukungan untuk film kami. Jangan lupa untuk mencintai orang yang kamu sayang."

Evaluasi :
film I Love You from 38.000 Feet (Film ILY), sebagai hattrick box office, terbayar tuntas. Film ILY akhirnya tembus satu juta penonton, Jumat (15/7), dan sekaligus Film ILY menjadi box office berturut-turut Screenplay setelah film Magic Hour (860 ribu penonton) dan London Love Story (1,25 juta penonton). Film ILY 38.000 ft, hingga saat ini masih diputar di jaringan bioskop 21, sehingga perolehan penontonnya akan terus bertambah.

 Kekurangan dari film ini adalah kualitas gambar yang masih kurang bagus. gambar-gambar malam juga noisenya parah. Gambar eksotisme alam dan pemandangan cantik yang ditawarkan di trailer, gagal dieksekusi. Karena kualitas gambarnya yang gak bersih dengan angle yang biasa. Pencahayaan juga kurang cinematic, alias cuma keliatan 'asal terang'. Make up effect saat kecelakaan (bekas luka) juga masih kualitas sinetron, gak berubah dari jaman Magic Hour.

Rangkuman :
I Love You From 38.000 FT menceritakan tentang Aletta (Michelle Zuidith), seorang cewek jomblo keturunan ningrat yang sifatnya ceria dan berjiwa petualang. Suatu hari dia mendapat ijin untuk pergi ke Bali.Ketika berada dalam pesawat, Aletta sempat bertatapan dengan cowok ganteng bernama Arga (Rizky Nazar) yang tiba-tiba duduk di sebelahnya saat pesawat itu terbang di ketinggian 38.000 kaki menyelamatkan Aletta dari gangguan seorang cowok alay.Kedekatan Aletta dan Arga berlanjut hingga ke Bali saat keduanya bekerjasama untuk sebuah program televise. Sikap pendiam Arga awalnya membuat Aletta keawalahan mencari cara demi menarik perhatian Arga. Hingga sebuah kejadian tak terduga di lokasi syuting membuat Arga akhirnya mau mengakui perasaannya ke Aletta.Aletta sendiri yakin bahwa Arga adalah cowok yang sudah ditakdirkan Tuhan untuk menjadi pendamping hidupnya. Namun sejak kepulangan Aletta ke Jakarta, Arga tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Arga tak pernah menepati janjinya untuk menyusul Aletta ke Jakarta.Kepergian Arga entah kemana membuat Aletta terpukul dan terpaksa menerima pinangan Dhito(Verrell Bramasta). Tapi dalam hatinya, Aletta masih berharap Arga datang, menepati semua janjinya.

Daftar Pustaka
http://googleweblight.com/?lite_url=http://smeaker.com/hiburan/44842/sinopsis-dan-daftar-pemain-film-i-love-you-from-38-000-ft-2016/&ei=ylkPrNqy&lc=id-ID&s=1&m=974&host=www.google.co.id&ts=1494218672&sig=AJsQQ1DQERNufXSxMPZQ4Zu0z6heaoTHCg

https://googleweblight.com/?lite_url=https://posfilm.com/sinopsis-i-love-you-from-38000-feet/&ei=75nUxava&lc=id-ID&s=1&m=974&host=www.google.co.id&ts=1494288608&sig=AJsQQ1A9ifmGVYCHxTfy5WtPH0UXvVQnvA

http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.pusatsinopsis.com/2016/05/i-love-you-from-38000-fet.html?m%3D1&ei=vbTNdwDS&lc=id-ID&s=1&m=974&host=www.google.co.id&ts=1494220455&sig=AJsQQ1DH-r55Bsz5WcwKWCo4xVNrxunoYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar