Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

Uang Bukanlah Segalanya ”Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar”



                                                                   ( Siti Komariah)

Judul film  : Merry Riana:  Mimpi sejuta Dolar
Tahun rilis : 24 Desember 2014
Sutradara : Hestu Saputra
Pemain    : Chelsea Islan (Merry Riana), Dion Wiyoko (Alvi), Kimberly Ryder, Ferry   Salim, Niniek L. Karim, Sellen Fernandez, Mike Lucock, Cynthia Lamusu

+Orientasi 1
“Merry Riana:  Mimpi Sejuta Dolar” adalah film drama/film komedi Indonesia yang dirilis pada 24 Desember 2014.Film ini berdurasi 105 menit produksi dari MD Pictures. Film ini diadaptasi dari novel Alberthiene Endah dengan Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Film ini diangkat dari kisah perjalanan hidup Merry Riana yang berada di Singapura. Yang diperankan oleh Chelsea Islan sebagai Merry, Dion Wiyoko sebagai alva, Kimberly Ryder sebagai Irene, dan lain sebagainya.

+Orientasi 2
Berisi tentang perjuangan Merry di Singapura. Cara dia menghadapi cobaan hidup. Dengan bekal uang yang untuk beli makan lima kali saja akan habis, ia harus mencari tempat tinggal dan bertahan hidup. Kuliah dan sukses yang menjadi cita-citanya terasa begitu jauh.

+Tafsiran 1
Kisah berawal di jakarta tahun 1998. Pada saat kisruh yang terjadi pada masa itu. Penjarahan dimana-mana dan yang menjadi sasaran ialah kaum etnis Cina. Merry Riana yang baru saja lulus dari SMA terpaksa mengungsi ke negara Singapura. Di Singapura merry tidak dapat menemukan pamanya.Akhirnya Merry harus bertahan hidup sendiri dengan laptop dan uang pemberian ayahnya .

+Tafsiran 2
Dari media sosial ia temukan sahabatnya Irene yang sedang menjalankan kuliah di sana. Dengan bantuan Irene, Merry mencari celah di antara aturan Singapura yang begitu ketat dan, bukan hanya diperbolehkan tinggal di asrama, ia lolos ujian seleksi dan diterima di salah satu perguruan tinggi terbaik di sana dan mengambil student loan, yang hanya bisa didapat jika Merry memiliki seorang penjamin. Pada saat itu Irene mengenalkan Alvi pada Merry.Saat itulah Merry mendapat banyak masalah dan halang rintang yang mengharuskan dirinya untuk jangan menyerah.

+Tafsiran 3
“Merry Riana:  Mimpi sejuta Dolar” mengandung pesan moral, Jika memiliki uang jangan mudah terlena oleh keadaan yang membuat kita puas hati  dan lupa oleh orang disekitar karena uang tidak bisa membeli segalanya seperti: kasih sayang , persahabatan, serta kebaikan orang lain. saat diri kita mengalami kesulitan jangan menyerah.

+Tafsiran 4
Perjuangan Merry saat mendapatkan dolar pertamanya di Singapura. Dengan penuh kerja keras, kegigihan, serta kesabaran.

+Tafsiran 5
Sasaran penonton dalam film ini mengacu pada anak remaja, dewasa, orang tua. Karena film ini sangat mengajarkan hal-hal yang baik dalam kehidupan.

+Evaluasi
Dalam film unsur tema dan alurnya. Dengan judul “Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar”, harusnya film ini adalah film perjuangan hidup Merry menggapai sejuta dolarnya. Tapi pada film ini, yang lebih dominan adalah kisah percintaan antara Merry dan Alva. Penonton akan lebih cenderung melihat bahwa ini adalah film percintaan, bukan film inspirasi yang diharapkan. Saran paling mendasar untuk film ini mungkin harus diperhatikan kisah si Merry Riana, bukan kisah percintaanya.
Film “Merry Riana: Mimpi sejuta Dolar” sudah ditonton oleh lebih dari 700.000 orang, dalam waktu kurang dari 1 bulan sejak mulai ditayangkan di semua bioskop seluruh Indonesia. Film Merry Riana juga sudah ditonton dan diberi komentar positif oleh Presiden ke-3 RI, Bapak BJ Habibie.

+Rangkuman
Pada film Merry Riana dapat memotivasi semua orang yang menontonnya karena kisah yang menarik. Merry adalah salah satu motivator Indonesia dan memiliki sekolah public speaking. Kisah cinta Merry dan Alva sangat dramatis.  Akhirnya mereka menjadi sepasang kekasih sampai sekarang. Salah satu kalimat yang saya ingat dalam film itu adalah uang bukanlah segalanya di dunia ini karena uang tidak dapat menjamin kebahagiaan. Serta Alva mengukapkan isi hati pada merry memberiakan buku (s.h.m.i.l.y) yang artinya ‘see how much i love you’.
Film ini mengandung amat jika kita mengalami hal yang sulit jangan menyerah , jika kita memilki uang berlebih jangan hamburkan uang untuk kehidupan duniawi, jangan merusak kepercayaan orang lain.Film ini sangat layak untuk ditonton.

merryriana.com/article/film-merry-riana-tembus-700-000-penonton/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar