Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 Mei 2017

Pengorbanan kakak kepada sang adik

Disusun oleh : Fany Ratnasari


Hasil gambar untuk my idiot brother




Judul film       : My Idiot Brother
Tahun            : 2014
Sutradara      : Alyandra
Pemeran       :

1      1.  Adila Fitri sebagai Angel
   2.    Ali Mensan sebagai Hendra
   3.    Kimberly Ryder sebagai Agnes
   4.    Aaron Ashab sebagai Aji
   5.    Cindy Fatika Sari sebagai Mama Hendra & Angel
   6.    Donny Kusuma sebagai Papa Hendra & Angel
   7.    Farah sebagai Mama Aji
   8.    Jefry sebagai Papa Aji



Orientasi

Film ini berjudul My Idiot Brother yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama, yaitu My Idiot Brother karangan Agnes Davonar pada tahun 2014, yang berdurasi 90 menit, dan memiliki genre kekeluargaan. Film ini diproduksi oleh Film One Productions, yang mengisahkan tentang sebuah keluarga yang kurang harmonis. Karna adanya perbedaan antara adik dan kakak.

Tafsiran I

Angel yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya yaitu Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Karna memiliki kakak yang mengalami keterbelakangan mental, Angel sering diejek oleh teman-temannya ‘si idiot’. Salah seorang gadis di sekolahnya yang bernama Agnes sangat membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman untuk mendapatkan hati Aji.

Tafsiran II

Suatu hari ketika keluarga Angel sedang berlibur di Dunia Fantasi. Angel yang menginginkan mencoba untuk menaiki salah satu wahana yang tersedia, dan membiarkan kakaknya menunggu sendirian. Ketika Angel selesai mencoba wahana yang diinginkan. Angel menyadari bahwa kakaknya Hendra telah hilang.

Tafsiran III

            Ketika Angel yang lupa membawa kado pada saat terjadinya pesta di rumah Aji, Hendra kakaknya hendak membawakan kado yang tertinggal di kamar Angel. Tetapi, kehadiran kakaknya ternyata hanya membuat Angel malu. Padahal kedatangan kakaknya yang penuh perjuangan sebenarnya hanya bermaksud untuk mengantarkan kado yang tertinggal. Angel yang lari dari pesta karena rasa malu mengalami kecelakaan.


Tafsiran IV

            Kecelakaan yang terjadi pada Angel menyebabkan tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra kakaknya. Demi cintanya kepada sang adik, Hendra pun rela mengorbankan segalanya untuk Angel meskipun nyawanya yang menjadi pengorbanannya kepada sang adik tercinta.

Tafsiran V

            Setelah terjadinya kecelakaan, Angel meyadari betapa sayang kakaknya kepada Angel. Sehingga membuat Angel merasa bersalah atas rasa benci yang pernah ada untuk Hendra kakaknya dan yang selalu memanfaatka uang kakaknya karena uang jajan yang diberikan untuk kakaknya lebih besar dari pada uang jajan Angel.

Penyelesaian

            Angel seharusnya dapat merasakan kasih sayang dan rasa peduli dari Hendra kakaknya. Membenci seseorang karena keterbelakangan mental bukanlah menjadi salah satu alasan untuk membenci, karena di dunia tidak ada yang sempurna dan abadi. Menerima segala kekurangan orang lain ataupun orang yang kita sayang merupakan tanda bersyukur. Pengorbanan Hendra kakaknya yang begitu besar seharusnya membuat Angel sadar akan rasa kasih sayang yang dimiliki Hendra kakaknya untuk Angel.

Evaluasi

            Pada saat Aaron Ashab (Aji) memutarkan video undangan ulang tahunnya buat Adila Fitri (Angel), *progress bar* videonya bisa sampai mentok tapi videonya masih saja berjalan. Sehingga dapat menimbulkan kekurangan pada film tersebut. Film ini dibintangi oleh artis/actor berbakal sehingga dapat memainkan perannya dengan penuh penghayatan. Menjadi salah satu kelebihan dari film tersebut. Film ini beralur maju  dan dalam proses pembuatan film, tempat yang digunakan seperti sekolah, cafe, rumah, dan rumah sakit. Dengan diiringi lagu *untukmu aku bertahan* agar film lebih menjiwai.

Rangkuman

            Angel yang tidak pernah bisa menerima keadaan Hendra kakaknya, sehingga Angel membenci Hendra dan malu mempunyai kakak seperti Hendra. Tetapi Hendra tidak pernah bersedih hati dan Hendra tetap menyayanginya. Hendra yang selalu berjuang dan rela mengorbankan segalanya demi Angel adiknya, walaupun nyawanya yang menjadi pengorbanannya saat Angel mengalami kecelakaan. Dan pada saat itulah Angel menyadari betapa besar rasa sayang dan pengorbanan sang kakak untuk adiknya.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar