Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 21 Mei 2017

Ranting Terindah : “Air Mata Surga“

Disusun Oleh : Nenah Kaswara



    Bintang Film  : Dewi Sandra (Fisha), Richard Kevin (Fikri), Morgan Oey (Hamzah),





Orientasi

Isu perempuan maupun keluarga kerap diangkat oleh berbagai film Indonesia. Kini, akan mengulas  film Indonesia yang mengangkat kedua isu tersebut, AIR MATA SURGA karya sutradara Hestu Saputra. Film yang diangkat dari kisah nyata ini mencoba kembali mengangkat isu tersebut dan mengemas ceritanya berdasarkan nilai-nilai Islam. Adapun film AIR MATA SURGA produksi Tujuh Bintang Sinema ini merupakan sebuah film adaptasi dari novel laris AIR MATA TUHAN, karya Aguk Irawan MN. Tujuh Bintang Sinema ini mengangkat ganre film drama dan  religi.

Fikri, ahli desain jatuh cinta pada Fisha, mahasiswi S2 di Yogyakarta. Perkenalan mereka diawali kala Fikri diminta Fisha untuk menjadi dosen pembimbing tugas akhirnya. Sementara itu, teman Fisha, yaitu Hamzah sudah lama menaruh hati pada Fisha. Bahkan Bunda, ibu Fisha dan Weni sahabat Fisha merestui kedekatan mereka. Tapi, Fisha menganggap Hamzah seperti kakaknya sendiri.

Film yang disutradarai oleh Hestu Saputra ini berdurasi 1 jam 59 menit. Film AIR MATA SURGA diperankan oleh aktor dan artis besar seperti Dewi Sandra sebagai Fisha, Richard Kevin sebagai Fikri, Morgan Oey sebagai Hamzah.Film ini juga melibatkan beberapa nama terkenal untuk mengisi soundtrack film tersebut Ihsan Tarore, Mario Ginanjar, Mawa Diri (Rieka Roeslan, Iga Mawarni, dan Dian HP). Melly Goeslaw juga turut menyumbangkan lagu ciptaannya “AIR MATA SURGA” untuk dinyanyikan oleh Dewi Sandra. Film ini mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 22 Oktober 2015.



Tafsiran Isi

Fisha merupakan “ranting terindah” bagi Fikri, yang ia temui dalam perjalanan-nya, sehingga ia tak perlu menunggu lama-lama untuk menikahinya. Sementara Hamzah (Morgan Oey), temen kecil Fisha, yang sudah lama jatuh hati padanya. Bahkan Bunda  (ibu Fisha) dan Weni (sahabat Fisha) juga mendukung kedekatan mereka berdua, namun cinta Hamzah bertepuk sebelah tangan, Fisha lebih menganggap Hamzah seperti kakaknya. Karena itu sangat Mustahil bagi Fisha untuk memiliki perasaan kepada Hamzah. Disisi lain, hubungan antara Fisha dengan Halimah (Mama Fikri) tidak harmonis. Fikri sudah lama dijodohkan oleh Halimah dengan anak dari sahabat almarhum suaminya.

Seketika kehidupan Fisha berubah saat ia mengalami dua kali keguguran. Fisha sangat terpukul atas kejadian itu. Fikri, sang suami tidak pernah menyalahkan Fisha atas musibah yang mereka lalui. Hari berganti hari, Fikri mendapatkan tugas di luar kota. Lagi, Fisha mengalami rasa sakit yang begitu luar biasa di perutnya. Saat ke Dokter, Fisha di-diagnosa terkena kanker stadium akhir. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa ia selama ini sulit untuk mempunyai anak.

Saat mengetahui bahwa ia tidak memiliki waktu yang banyak, Fisha sebagai seorang istri mengambil langkah pengorbanan yang luar biasa. Pengorbanan yang mampu membuktikan bahwa cinta sejati hadir dalam hati seorang perempuan.

Bukan adopsi pilihannya. Apa yang dilakukan Fisha adalah sebuah langkah yang hanya wanita yang sanggup menghadapinya. Dia musyawarahkan dengan keluarga Fikri untuk mencarikan Fikri istri kedua yang bisa menjalankan perannya untuk melanjutkan keturunan.Weni, teman Fisha merupakan wanita kedua pilihan Fisha sendiri. Dia jadikan sahabatnya sendiri sebagai pendamping Fikri, lelaki yang menjadi cahaya hatinya.Dia desak Fikri untuk memperlakukan Weni sebagaimana Fikri memperlakukannya, di dalam satu rumah yang sama. Dia ingin Fikri bahagia dengan sahabatnya, walau pun Fisha semakin tergerus dalam sakitnya yang semakin parah. Yang membuatnya lemah dan makin lemah.

Dari setiap karakter yang kita bangun, dari setiap latar belakang ataupun peristiwa itu berdasarkan nilai-nilai religi Islam yang memang ingin disampaikan Meski merupakan film adaptasi, Hestu menjanjikan benang merah serta spirit yang ada dalam novel tetap ia pertahankan dalam film ini, dia tidak pernah ragu untuk mengubah peristiwa, dialog, konsep, dan treatment dari novelnya. Pasalnya, media yang berbeda membuatnya harus mampu menyajikan cerita dengan bahasa film yang punya waktu lebih terbatas daripada novel





Evaluasi

Keunggulan Film Air Mata Surga  :

Film produksi 7 Bintang Sinema ini memiliki banyak keunggulan  :

1. Dari segi cerita film ini sangat berbeda, walau memiliki genre yang familiar tetapi penulis begitu indah mengemasnya sangat logis dan padat,

2. Dari segi setting film ini juga sangat menarik, mengambil tempat terindah di Indonesia yaitu Yogyakarta.

3.Dari segi pengambilan gambar film ini patut di beri penghargaan. Variasi pengambilan gambar memberikan kesan hidup pada film Air Mata Surga ini.

4. Dari segi pemeran, pemain begitu luar biasa. Totalitas pendalaman karakter begitu terlihat. Mereka yang tidak memiliki latar belakang orang Jawa mampu berbahasa jawa dengan logat yang fasih dan medok.

5. Film ini juga masuk dalam nominsi diantaranya: Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik, Piala Citra untuk Penyunting Gambar Terbaik. Film  Air Mata Surga  mencapai 93.032 (total 307.691 - 22 Oktober).



Kekurangan Film Air Mata Surga :



Kekurangan film ini menurut kaca mata saya terletak pada editing. Kurangnya variasi warna pada gambar.

        

Rangkuman

Fikri (Richard Kevin), ahli desain, jatuh cinta pada Fisha (Dewi Sandra), mahasiswi S2 di Yogyakarta. Perkenalan mereka diawali kala Fikri diminta Fisha untuk menjadi dosen pembimbing tugas akhirnya. Sementara itu, teman Fisha, Hamzah (Morgan Oey), sudah lama menaruh hati pada Fisha. Bahkan Bunda, ibu Fisha (Ayu Diah Pasha), dan Weni (Adhitya Putri) sahabat Fisha merestui kedekatan mereka. Tapi, Fisha menganggap Hamzah seperti kakaknya sendiri.

Banyak pesan yang dapat  ambil dari film ini. Menguak tentang kehidupan, rumah tangga, cinta, persahabatan, takdir, dan pengorbanan. Film ini juga  menegaskan bagaimana seorang perempuan dapat mempertahanka cintanya dengan segala kekurangan yang ia punya sampai akhir hayatnya. Film ini sangat layak ditonton karena banyak sekali pesan moral yang dapat diambil dari film ini.


Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar