Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

Kesempurnaan yang Datang dari Sebuah Kekurangan Seorang Kakak dalam film ”My Idiot Brother”



Disusun oleh: Malini Oktaviani



Judul Film    : My Idiot Brother
Tahun Rilis   : 2 Oktober 2014
Sutradara     : Alyandra
Pemain         :    1.   Adila Fitri sebagai Angel
                     2.   Ali Mensan sebagai Hendra
                     3.   Kimberly Ryder sebagai Agnes
                     4.   Aaron Ashab sebagai Aji



Orientasi 1

My Idiot Brother adalah Film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2014. Film ini dibintangi oleh Adila Fitri dan Ali Mensan. Film My Idiot Brother merupakan  Film yang diangkat dari novel berjudul sama, My Idiot Brother karangan Agnes Davonar. Film yang diproduksi oleh One Productions ini terinspirasi dari kisah nyata kehidupan Adila Fitri. Film yang berdurasi 90 menit ini menceritakan seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra (Ali Mensan) yang terlahir dengan keterbelakangan mental. 

Tafsiran isi 1 (Konflik)
Seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun yang tidak pernah dapat menerima keadaan kakaknya yang bernama Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Meskipun Angel begitu malu dan membenci kakanya, Hendra tak pernah bersedih hati. Hendra adalah anak yang berkebutuhan khusus yang diakibatkan sakit yang di deritanya waktu kecil. Walaupun demikian Ia tetap setia dan memberikan kasih sayangnya seorang kakak kepada adiknya. Karena keadaan tersebut membuat hati sang adik yang bernama Angel ini sering diejek oleh teman-temannya. Ini memperparah kebencian Angel terhadap kakaknya. Diusir dari kamar, di omelin, di kata-katain, tentu saja itu hanya berani dilakukannya ketika di belakang ibunya. 

Tafsiran isi 2 (Penyelesaian)
Meski Angel menaruh kebencian lebih terhadapnya, Hendra tidak pernah bersedih hati. Hendra memberikan uang celengannya dengan ikhlas untuk membantu Angel membeli kado untuk Aji. Tetapi pada malam itu pesta tersebut berakhir ricuh dikarenakan kehadiran Hendra  yang membuat Angel begitu terlihat malu. Akhirnya Pesta tersebut ricuh dan Angel pun lari dan mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menyebabkan tak ada satu orang pun yang bisa menyelamatkan dirinya selain Hendra. Kecelakaan tersebut menyebabkan Angel koma dan membutuhkan donor hati dengan segera. Pada akhirnya Hendra sebagai sang kakak rela untuk mendonorkan hatinya untuk adik tercintanya.

Tafsiran Isi 3 (Makna cerita/ simbol)
Film “My Idiot Brother” mengajarkan tentang arti pengorbanan dan kasih sayang seorang kakak kepada adiknya. Karena kebahagian bukan datang dari suatu kesenangan namun kebahagiaan datang dari ketulusan diri kita untuk menghilangkan rasa kebencian kita kepada seseorang.

Tafsiran isi 4 (Nilai moral)
Kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut. Seharusnya sebagai saudara harus saling membantu dan saling menyanyangi, sebab tak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang saudara, apalagi seorang kakak kandung.

Tafsiran isi 5 (Sasaran Penonton)
Film “My Idiot Brother” layak untuk ditonton semua umur karena film ini terdapat nilai positif yang patut dicontoh oleh khalayak umum.

Evaluasi
Film ini telah di tonton oleh 500 ribu orang. Biaya yang dikeluarkan selama proses produksi mencapai 3,5 miliar. Kelebihan dari film ini terdapat pada alur cerita yang begitu mengharukan dan keunggulan pesan moral dari kisah yang diceritakan. Kekurangan dari film ini adalah kurang membuat orang menjadi sangat sedih atau iba. Adila Fitri sebagai Angel harus lebih mendalami Karakter Angel.

Rangkuman
Film ini sangat bagus untuk ditonton, banyak pesan moral yang dapat diambil dari film ini. Film ini layak ditonton untuk semua usia. Penulis mampu menyampaikan pesan moral dengan suasana yang mengharukan. Amanat dari film ini kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut. Seharusnya sebagai saudara harus saling membantu dan saling menyanyangi, sebab tak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang saudara, apalagi seorang kakak kandung. 

SUMBER:
https://www.google.co.id/amp/s/endahsetiawati2402.wordpress.com/2015/04/28/resensi-atau-teks-ulasan-my-idiot-brother/amp/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/My_Idiot_Brother_(film)
http://oliviaindrawahyuni.blogspot.co.id/2015/05/resensi-film-my-idiot-brother.html?m=1
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar