Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

KEKUATAN CINTA "HABBIE & AINUN"

Disusun oleh : Wisma Jati Ningrum


Judul Film     : Habibie & Ainun
Tahun Rilis   : 2012
Sutradara      : Hanung Bramantyo
Pemain          :
·                                                       Reza Rahardian (BJ. Habibie)
·                                                      BCL (Ainun Habibie)
·                                                      Tio Pakusadewo (Soeharto)
·                                                      Ibu Habibie (Ratna Riantiarno)
·                                                     Ayah Habibie
·                                                      Fanny Habibie
·                                                      Arlies (Vitta Mariana)
·                                                     Ilham Akbar Habibie (Mike Luccock)
·                                                     Hanung Bramantyo memerankan tokoh antagonis
·                                                     H.M. Soeharto (Tio Pakusadewo)


   Orientasi :
  Film Habibie dan Ainun merupakan sebuah kisah film otobiografi yang diadaptasi dari buku yang ditulis langsung oleh bapak Bj.Habibie untuk mengenang almarhumah istrinya ibu Ainun. Film ini disutradarai oleh salah satu sutradara hebat Indonesia yaitu Hanung Bramantyo yang sudah menghaslkan karya-karya terbaik asli film Indonesia. Film ini merupakan produksi dari MD entertaiment. Film ini berdurasi 2 jam dan berhasil menghipnotis penonton dengan penggabungan tema romansa cinta dan semangat nasionalisme. Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari sebagai peran utama.
   
Tafsiran 1 :
 Tahun 1962 Hbibie dan Ainun yang merupakan kawan SMP bertemu kembali di kota Bandung. Pada waktu itu seketika Habibie jatuh cinta kepada Ainun. Cinta Habibie itu dibalas dengan manis oleh Ainun. Akhirnya mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Tafsiran 2 :
Kesetiaan cinta serta pengorbanan yang mereka berikan kepada bangsa Indonesia memberikan banyak pelajaran kepada kita untuk senantiasa melanjutkan perjuangan beliau. Perjalanan cinta Habibie dan Ainun memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi rakyat Indonesia. Secara garis besar ada beberapa pelajaran moral yang dapat diambil dari novel atau film ini. Pelajaran moral itu sangat penting bagi generasi muda dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Muatan film ini mengajarkan keteladanan bagi para pejabat, pengusaha dan generasi muda.

Tafsiran 3 :
Konflik serta perjuangan mereka untuk memajukan bangsa yang disajikan dalam film ini mampu membuat pemirsa berderai air mata, bahkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ibu Aini Yudhoyono menitikan air mata pada saat menonton pemutaran film ini. Biografi Bapak Bj.Habibie dan Ibu Ainun Habibie dikemas secara elegan. Ilmu pengetahuan dan ambisi beliau untuk menciptakan nilai positif serta mendorong  kita untuk menjadi penerus beliau.

Tafsiran 4 :
 Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata antara Habibie dan Ainun, maka rasanya juga sudah bukan rahasia lagi bahwa film ini juga akan menampilkan masa-masa sulit ketika Habibie akhirnya harus ditinggalkan oleh Ainun untuk selamanya. Munculnya film ini banyak digemari oleh warga Indonesia. Bahkan petinggi negara pun ikut menontonnya. Film ini dimunculkan untuk mengembalikan citra perfilman Indonesia.

 Tafsiran 6 :
 Film ini sangat layak untuk ditonton bagi para remaja sampai orang dewasa karena didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun Film ini sudah tayang 2012 tetapi film ini masih layak untuk ditonton.

Evaluasi :
Film Habibie dan Ainun ditayangkan untuk memperbaiki citra perfilman Indonesia. Selain itu untuk mengenang jasa-jasa yang telah diberikan oleh B. J. Habibie dan Ainun. Karena beliau berdua mau meninggalkan kemegahan di Jerman dan kembali ke Indonesia untuk membangun Indonesia. Cerita dan alur yang mengharukan ini rupanya dirusak oleh iklan-iklan produk yang diletakkan secara tidak estetis. Sangat disayangkan sama sekali bahwa film sebagus ini dijejali iklan produk yang kurang enak diliat, meskipun hanya sekitar detik, namun keberadaannya seakan-akan mengotori cerita.

Rangkuman:
Film ini sangat layak untuk ditonton karena didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun Film ini sudah tayang 2012 tetapi film ini masih layak untuk ditonton.



Sumber:
-
http://www.carabelajarbahasainggrisoke.com/2015/02/contoh-review-text-resensi-film-habibie-ainun-dan-artinya.html
-
http://bimbelbahasaindonesia.blogspot.co.id/2016/01/contoh-teks-ulasan-terbaik-film-habibie.html
-
http://kikieaime.blogspot.com/2013/04/film-habibie-ainun-dalam-kajian-semantik.html?m%3D1&ei=rkOASLm7&lc=id-ID&s=1&m=445&host=www.google.co.id&ts=1495114059&sig=AJsQQ1Arg3Liq_UHFBjaivQTV1RoQpdScg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar