Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Belajar Arti Pengorbanan Dari Film The Karate Kid

Disusun oleh Andra Pratama
Judul fim       : The Karate Kid      
Tahun rilis     : 11 Juni 2010          
Sutradara      : Harald Zwart
Pemain          : Jaden Smith sebagai Dre Parker
                          Jackie Chan sebagai Mr. Han
                          Taraji P. Henson sebagai Sherry Parker
                          Wenwen Han sebagai Mei Ying
                          Zhenwei Wang sebagai Cheng
                          Yu Rongguang sebagai Master Li

1.    The Karate Kid merupakan film yang bergenre Action, Drama, Family yang mengisahkan tentang Dre Parker, seorang anak laki-laki 12 tahun yang baru saja pindah dari Detroit, Amerika Serikat ke Beijing, Cina bersama ibunya Sherry Parker, karena ia baru saja dipindahtugaskan dari pekerjaannya.
2.    The Karate Kid adalah remake dari film populer The Karate Kid di tahun 1984, yang dibintangi Ralph Macchio dan Pat Morita. Film ini berdurasi 140 menit dan berhasil meraih pendapatan total 176,5 juta dolar di box office Amerika Utara, ditambah 182,5 juta dolar Amerika Serikat di pemutaran internasional. The Karate Kid adalah film Amerika dan China tahun 2010, film ini bercerita tentang seorang anak yang ingin mempelajari karate. Pemain film ini adalah Jaden Smith dan Jackie Chan.
3.    Setelah ia menghabiskan waktu di taman, ia langsung jatuh hati pada seorang violin muda yaitu Meiying, yang dengan senang hati menerima perhatiannya. Namun keduanya diganggu dengan kehadiran seorang anak laki-laki Cina yang sebaya yaitu Cheng, yang mengusir Dre dan menyuruhnya untuk menjauhi Meiying. Cheng bahkan memperlakuka Dre dengan kasar yang berlanjut saat keduanya masuk ke sekolah yang sama.
4.    Suatu hari, saat Dre mengerjai Cheng dan teman-temannya, Dre dikejar habis-habisan dan berakhir di sebuah jalan buntu. Saat Cheng dan teman-temannya hendak memukuli Dre, Mr. Han seorang petugas perbaikan di apartemen Dre, membelanya dan mengungkapkan dirinya sebagai seorang master kung fu.
5.    Mr. Han kemudian mengobati luka Dre menggunakan mangkuk api, salah satu pengobatan tradisional dari Cina. Dre kemudian meminta Mr. Han untuk mengajarinya kung fu. Han awalnya menolak, hingga akhirnya ia bertemu dengan guru kung fu Cheng, Master Li. Master Li yang sangat menjungjung tinggi harga dirinya kemudian menantang dre untuk mengikuti sebuah turnamen kung fu tahunan.
6.    Kemudian, Dre dilatih oleh Han dengan caranya sendiri. Latihan diawali dengan Han yang mengaharuskan Dre untuk melakukan gerakan melepaskan jaket, menggantungnya, kemudian menjatuhkannya, dan terus berulang seperti itu. Awalnya Dre mulai merasa latihan tersebut sia-sia, namun han kemudian menunjukkan padanya latihan kung fu yang sebenarnya. Han juga membawa Dre ke Wudang Mountains, sebuah gunung tempat para master kung fu melakukan jurus cobra, salah satu jurus yang tak mungkin dapat dikuasainya.
7.    Hingga akhirnya tiba hari turnamen, dan Dre berhasil bertemu dengan Cheng di final. Namun sebelumnya, saat di semi final melawan rekan Cheng yang lain, kaki Dre dicederai hingga hampir patah hingga rekan Cheng didiskualifikasi. Hal ini memang merupakan rencana Master Li yang menginginkan Dre kalah dengan curang. Han sempat melarang Dre kembali bertanding untuk final dengan keadaan yang belum pulih, namun Dre bertekad untuk menyelesaikan turnamen ini agar tak lagi merasa takut. Han sempat melarang Dre kembali bertanding untuk final dengan keadaan yang
      belum pulih, namun Dre bertekad untuk menyelesaikan turnamen ini agar tak    
      lagi merasa takut.
8.    Dre akhirnya memenangkan pertandingannya dengan Cheng menggunakan jurus cobra. Dre dan Cheng kemudian bersahabat, dan semua murid Master Li, termasuk Cheng, meninggalkannya dan meminta diajari oleh Mr. Han. Dre dan Meiying pun dapat bersahabat dekat dengan tenang.
9.    Kelebihan film ini adalah memotivasi kita untuk terus berusaha sampai puncak yaitu dengan rajin latihan dan berusaha. Di dalam film ini juga menyisipkan suatu nilai sosial dimana kita harus berani melawan rasa takut kita kepada siapapun. Agar tidak terus dibayangi oleh rasa ketakutan itu.
10. Seorang sahabat adalah orang yang akan membuat hidup kita lebih bermakna, lebih berwarna. Bukan orang yang memandang sebelah mata, suka menjudge macam-macam, mengkritik tanpa memberi solusi, tapi sahabat adalah orang yang membuat hidup kita lebih baik dalam berbagai hal.
11.  Sering kali kita berusaha untuk membuktikan diri bahwa kita bisa. Hal ini kadang terjadi ketika kita diberikan suatu tantangan atau kadang jika kita merasa diremehkan, juga ketika beradaptasi dari perpindahan tempat tinggal. Terkadang ini semua berarti untuk menunjukkan siapa kita sebenarnya, tapi itulah tantangannya. Dari situ kita menjadi lebih dewasa, kita belajar banyak tentang diri kita sendiri dan juga orang lain.
12. Hidup itu misteri, hidup itu tidak dapat diprediksi. Kita kadang menemukan kemunduran, kadang kita di bawah, kadang segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kita rencanakan atau harapkan. Jadi saat kita menjalani hidup ini, tidak penting apa yang terjadi pada diri kita, tapi bagaimana kita menanggapinya. Satu hal yang penting adalah ketika kita terjatuh, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan dan harus dilakukan adalah kembali bangkit
13.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa film The Karate Kid mengajarkan kita cara menghadapi sebuah masalah hendaknya berusaha semaksimal mungkin tuk lepas dari masalah tersebut, bekerja keras, berfikir positif merupakan jalan yang terbaik untuk menghadapi sebuah masalah yang dapat membuat kerusakan pada diri sendiri dan orang lain. Percaya diri merupakan keyakinan yang akan membuat hilangnya rasa takut dengan suatu hal atau masalah yang dapat mengganggu dan menghambat jalannya hidup.


Daftar pustaka
https://filmbor.com/the-karate-kid/sinopsis
http://arijan-sofyan.blogspot.co.id/2013/02/sinopsis-film-karate-kid.html?m=1
http://www.fauzanalrasyid.com/2010/06/karate-kid-short-movie-review_26.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar