Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 20 Mei 2017

SURGA YANG TAK DIRINDUKAN



Disusun oleh Farah Dian






Judul film             : SURGA YANG TAK DIRINDUKAN
Tahun                  : 2015
Sutradara            : Kuntz Agus
Pemain                :      -  Fedi Nuril sebagai PRASETYA
                                  -  Laudya Cynthia Bella sebagai CITRA ARINI
                                  -  Sandrina Michelle sebagai NADIA (Anak Arini dan Pras)
                                  -  Raline Shah sebagai MEIROSE
                                  -  Kemal Palevi sebagai AMRAN
                                  -  Tanta Ginting sebagai HARTONO
                                  -  Sandrina Michelle sebagai NADIA (Sahabat Arini)
                                  -  Zaskia Adya Mecca sebagai SITA (Sahabat Arini)
                                  -  Vitta Mariana sebagai LIA (Sahabat Arini)
                                  -  Hj. R.A.Y. Sitoresmi sebagai SULASTRI (Ibu Arini)
                                  -  Landung Simatupang sebagai SUTEDJO (Ayah Arini)


ORIENTASI
            Surga yang Tak Dirindukan adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2015. Diadaptasi dari novel karya Asma Nadia, film ini dibintangi oleh Fedi Nuril sebagai Prasetya, seorang arsitek yang terpaksa menikahi seorang wanita depresi demi menyelamatkan nyawanya, Laudya Cynthia Bella sebagai Arini, istri dan cinta sejati Prasetya, dan Raline Shah sebagai Mei Rose, seorang wanita depresi yang diselamatkan oleh Prasetya dan menimbulkan berbagai konflik dalam rumah tangga Prasetya dan Arini. Film ini berdurasi 124 menit.

Tafsiran isi 1
            Suatu hari, dalam perjalanan menuju kantor, Pras harus menolong korban yang mengalami kecelakaan mobil. Alangkah kagetnya Pras saat mengetahui korbannya adalah seorang perempuan yang memakai baju pengantin. Mei Rose (Raline Shah) berusaha bunuh diri setelah laki-laki yang berjanji menikahi ternyata menipunya. Padahal di perutnya ada janin berusia tujuh bulan. Mei Rose berhasil diselamatkan, namun mengalami koma, sementara anak laki-lakinya, Akbar, lahir dengan selamat.Di luar dugaan, Mei Rose melakukan percobaan bunuh diri lagi. Beruntung Mei Rose diselamatkan Pras. Pras jatuh kasihan pada Mei Rose. Mei Rose meminta Pras untuk menikahinya. Pras pun menikahi Mei rose tanpa sepengetahuan istrinya (Arini).

Tafsiran isi 2
            Film ini mengajarkan tentang bagaimana cara menghadapi masalah dalam rumah tangga dan mengajarkan kita tentang kesabaran dan keikhlasan. Dalam film ini Arini harus menerima kenyataan bahwa suaminya (Pras) telah menikahi perempuan lain dengan tujuan ingin menyelamatkan nyawanya. Arini sangat marah dan sempat berfikir untuk berpisah tetapi ibunya melarang.

Tafsiran isi 3
            Di film yang berjudul Surga Yang Tak Dirindukan ini rumah tangga Pras dan Arini diuji kaena adanya Mei Rose. Pras menikahi Mei Rose tanpa sepengetahuan istrinya. Seharusnya dari awal Pras harus berterus terang kepada Arini jika dia telah menikahi Mei Rose untuk menyelamatkan nya karena pada saat itu dia ingin mencoba bunuh diri setelah dia melahirkan anak nya di rumah sakit.

Tafsiran isi 4
            Melalui film Surga yang tak Dirindukan (SYTD) ini kita dapat belajar apa makna surga itu sendiri. Surga mana yang dimaksud? Jika surga itu diibaratkan dengan rumah, apakah masih disebut surga bila ada orang lain –yang tak diharapkan- memasuki atau menikmatinya?.

Tafsiran isi 5
            Surga Yang Tak Dirindukan membawa  unsure/pesan  agama yang membuat sang sutradara mesti berhati-hati walaupun akhirnya muncul juga kontroversi seputer posternya. Bagaimana pun juga film ini lebih baik dari Ketika Cinta Bertasbih, Filosofi Kopi, maupun Tenggelamnya Kapal van Der Wick.

Evaluasi
            Film surga yang tak dirindukan menjadi salah satu film paling sukses yang dirilis pada tahun 2015. Film ini bertahan hingga ke-55 hari penayangan di bioskop. Lamanya penayangan ini pun secara otomatis mempengaruhi perolehan jumlah penonton Surga yang Tak Dirindukan. Manoj Punjabi selaku produser, angka penjualan tiket film ini sudah mencapai 1.523.570 penonton.
            film ini mempunyai alur yang tidak biasa dan tidak mudah ditebak. Di tengah-tengah film penonton dibuat penasaran, 'endingnya akan seperti apa ya?' Secara, konflik dalam film ini melibatkan sesuatu yang sensitif yaitu poligami. Awalnya banyak yang mengira film ini akan berakhir seperti sinetron-sinetron. Tapi ternyata salah, Di sepertiga akhir film ini berhasil mengubah kekhawatiran penonton menjadi tangis berkat akting Laudya Cynthia Bella (Arini), Fedi Nuril (Pras), dan Sandrina Michelle (anak Arini dan Pras) yang sangat mendalami peran.
            Untuk film ini, Melly Goeslaw  dipercaya lagi menggarap lagu  berjudul sama dengan filmnya, "Surga Yang Tak Dirindukan"  yang dinyanyikan  oleh  Kris Dayanti. Ada  juga Tya Subiakto sebagai penata musik yang mendukung suasana penonton semakin terharu biru menyaksikan setiap scene demi scene dalam film ini.

Rangkuman
            Perlu diakui, pengemasan film 'Surga yang Tak Dirindukan' lebih baik dari film drama umumnya. Pasalnya, efek suara dan visual film benar-benar dibuat hidup, sehingga penonton seperti masuk dalam cerita dalam film. Alur cerita dan titik klimaks film pun dibuat teratur. Film ini sangat cocok dinikmati bagi Anda yang ingin tahu sisi berbeda dari poligami. 


SUMBER
https://id.wikipedia.org/wiki/Surga_yang_Tak_Dirindukan
http://salmavenue.blogspot.co.id/2015/08/review-surga-yang-tak-dirindukan.html
http://www.siqahiqa.com/2017/02/review-filem-surga-yang-tak-dirindukan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar