Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

Masa Muda Perjuangan "Rudy Habibie"





Disusun oleh : Hesty Priyanti




Judul                : Rudy Habibie
Tahun Rilis       : 30 Juni 2016
Sutradara         : Hanung Bramantyo
Pemain             : Reza Rahadian (Rudy Habibie)
                           Chelsea Islan (Ilona Ianovska)
                           Lim Keng Kie (Ernest Prasaka)
                            Ayu (Indah Permatasari)
                            Poltak (Boris Bokir)
                            Peter (Panji Pragiwaksono)


Orientasi 1
Film “Rudy Habibie” merupakan lajutan dari film yang pertama yaitu adalah “Habibie & Ainun”. Bahkan sering dibilang bahwa film “Rudy Habibie” memiliki judul aliasnya sendiri yaitu “Habibie & Ainun 2”. Film ini diangkat dari kisah perjalanan Presiden RI ke-3 BJ Habibie yang tumbuh dari seorang anak laki-laki hingga tumbuh menjadi dewasa. Film “Rudy Habibie” ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul “Kisah Masa Muda Sang Visioner” karya Ginatri S Noer. Film ini digarap oleh rumah produksi berdana besar dan berpengalaman yaitu MD Pictures dengan produser Manoj Punjabi dan di sutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Orientasi 2
Film ini mengisahkan tentang kehidupan sang Habibie muda yang lebih dikenal dengan sebutan Rudy Habibie yang ketika harus mengambil pendidikan di Jerman Barat, tepatnya di RWTH di kota Aachen. Tentu bukan hanya masalah pendidikan yang disorot tetapi juga masalah percintaan remaja, persahabatan bahkan masalah tentang rasa patriotisme yang tertanam dalam jiwa anak muda asal Indonesia. Rudy (Reza Rahadian) kemudian memiliki beberapa sahabat seperti Lim Keng Kie (Ernest Prasaka), Ayu (Indah Permatasari), Poltak (Boris Bokir), dan juga Peter (Panji Pragiwaksono). Selain sahabatan ia juga memiliki beberapa kenalan yang tidak sepaham dengan dirinya. Ada juga kisah percintaannya bersama Ilona lanovska (Chelsea Islan).

Tafsiran Isi 1
Kisah dimulai saat Rudy kecil bersama adiknya Fanny sedang bermain dengan teman-temannya di Pare-pare. Saat itu mereka melihat empat pesawat milik tentara Dai Nippon sedang membom pelabuhan. Rudy kecil hampir jatuh dari tebing karena selain asik dengan bermain, ia juga terkejut bahwa pesawat yang disenanginya malah melakukan hal jahat. Semetara itu di rumahnya, ibu mereka  (Dian Nitami) yang biasa dipanggil mami memutuskan mengungsi. Padahal ayahnya dan kedua anaknya belum pulang. Lalu Rudy bertemu dengan ibunya di jalan, tapi ia kembali ke rumahnya untuk mengambil buku dan pesawat mainannya. Ketika dirumah Rudy bertemu dengan ayahnya yang tidak lama datang setelah Rudy sampai dirumah. Secara cepat ayahnya memaksa kedua anak itu untuk segera pergi. 

Tafsiran Isi 2
Kisah ini kemudian berubah menjadi kisah saat Rudy telah dewasa yang melakukan pendidikan di S1 di Jerman. Kemudian saat di Jerman, ia bertemu dengan Pastor Gilbert yang merupakan teman dari Romo Soegjapranata, yang sangat fasih berbahasa Indonesia. Bersama dengan pastor, Rudy mencari rumah yang mau menampung ia untuk indekost. Profil Indonesia sendiri tidak dikenal banyak orang disana sehingga membuatnya sulit mencari tempat tinggal. Ternyata Rudy sempat ditaksir beberapa wanita karena kepintarannya. Ia digambarkan menjadi bintang di sebuah pesta yang diadakan oleh PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia). Kisah romansa tersebut dilakukan Rudy bersama Ilona, namun itu membuat Ayu cintanya tertolak dengan Rudy. Namun pada akhirnya kisah tersebut berakhir kandas, karena yang kita tahu bahwa Habibie akhirnya menikah dengan Ainun.

Tafsiran Isi 3
Kisah cintanya Rudy dengan Ilona bermula pada saat Rudy sedang digoda oleh beberapa wanita di acara pesta PPI yang pada saat itu juga Rudy merasa terganggu, lalu Ilona menarik Rudy dan menjauh dari kerumunan tadi dan langsung secara tegas dan lugas Ilona memperkenalkan dirinya kepada Rudy. Setelah itu berjalanlah seiring waktu mereka akhirnya berpacaran. Namun Ayu sangat tidak senang melihat Rudy bersama Ilona. Sebab Ayu sendiri pun juga suka kepada Rudy.

Tafsiran Isi 4
Pesan moral dalam film “Rudy Habibie” ini yang dapat diambil adalah selalu sabar (yang sabarnya tingkat dewa), dan tidak pernah mau mengalami kegagalan. Disaat Rudy berada di Jerman, ia selalu di bully dengan musuh dari Laskar Pelajar yang diketua oleh Panca. Bahwa Laskar Pelajar itu jauh lebih baik karena di beasiswain oleh negara sebab telah berjuang di medan perang, menurut Panca. Dan satu lagi disaat Rudy mengalami kegagalan, ia selalu mengatakan “saya gagal” . karena hal yang paling ia takuti adalah kegagalan. 

Tafsiran Isi 5
Rudy sendiri lebih memiliki sifat yang perfeksionis. Jadi, jika ada kesalahan ia selalu takut dan berusaha untuk merubahnya sekuat tenaga. Rudy Habibie ternyata juga sulit memperoleh teman yang percaya pada visinya. Karena pada saat itu teman-temannya hanya lebih menikmati kehidupan mereka di Jerman, dibandingkan dengan memikirkan negaranya sendiri yang sedang berkembang itu. 

Tafsiran Isi 6
Sasaran dalam film “Rudy Habibie” adalah untuk para remaja Indonesia harus selalu pantang menyerah dan jangan menikmati kehidupan begitu saja karena remaja jaman dulu saja lebih mementingkan negaranya daripada masalah pribadi. Seperti yang dikatakan Romo Mangunwijaya (Pastor) yang bertemu dengan Rudy di gereja “mana yang lebih besar apa kamu butuh atau apa yang orang lain butuhkan dari kamu, ingat mata air itu selalu muncul ditanah yang bergolak” . Maksudnya adalah jangan liat apa yang negaramu kasih kepadamu tetapi apa yang kamu kasih kepada negaramu.

Evaluasi 1
Sangat disayangkan ada kelemahan yang sangat fatal pada busana Bung Karno. Karena dapat dilihat dari film tersebut pakaian Bung Karno begitu kedodoran dan tidak pas di badan. Jahitannya pun tidak rapi. Agak sulit dipercaya bahwa jas yang dipakai oleh presiden seberantakan itu. Menurut saya seharusnya pengambilan gambar dari belakang punggung dan tangan saja sudah cukup. Tidak perlu menampilkan wajahnya yang memakai kacamata hitam yang serasa tidak pas saja untuk seorang presiden memakai kacamata hitam. Juga ketika karakter antagonis Panca dari Laskar Pelajar membawa pistol karena seorang WNA seharusnya tidak boleh membawa senjata api kemana-mana, walaupun ia sedang berada di Jerman. Satu lagi ketika adegan berjongkok sambil menutup telinga di sebuah lapangan, sementara di belakang tamapak ada ledakan bom yang dijatuhkan dari pesawat. Karena pada adegan tersebut terlihat sangat diatur.

Evaluasi 2
Tetapi mengenai para pemainnya tampil sangat bagus. Seperti Chelsea Islan tampak mengimbangi pasangan mainnya yang lebih senior Reza Rahadian. Satu lagi seperti Indah Permatasari yang memerankan Ayu dalam film tersebut, ia tampak memukau dengan karakter putri Solo yang diperankannya. Padahal ia baru berusia 18 tahun. Mengenai pemilihan lokasi sangat cermat dan penggambaran setting di Indonesia, Jerman, Chekoslovakia bagus. Penonton akan dibawa ke suasana Jerman tahun 1960-an. Hasil kerja keras crew film yang dipimpin oleh Hanung Bramantyo sebagai sutradara harus diberikan apresiasi yang tinggi dan acungan jempol. Film ini juga mendapat penghargaan dalam kategori “Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.” Dalam ajang Festival Film Indonesia.

Rangkuman
Jadi, film “Rudy Habibie” ini sangat layak untuk ditonton semua umur, karena sangat cocok untuk para generasi muda penerus bangsa. Sebab mengangkat kisah perjuangan pemuda di negara orang. Pesan moral dalam film ini adalah kita diajarkan untuk mejadi mata air yang jernih (jika baik maka disekelilingnya akan baik juga). 


DAFTAR PUSTAKA :



https://review-film-movie-terbaru.blogspot.com/2016/09/review-film-rudy-habibie-2016-sinopsis.html?m%3D1&ei=YrgQ1njJ&lc=id ID&s=1&m=220&host=www.google.co.id&ts=1494822412&sig=AJsQQ1AXE5j_h_bzX-JfEx3mbCfJDBSzPw

Diakses pada 9 Mei 2017 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar