Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Teks Ulasan Film "Who Am I;No System Is Safe"

Tidak ada yang Mustahil "Who Am I"
Disusun Oleh : Rido Utomo Akbar



Judul Film : Who Am I;No System Is Safe
Tahun : 2014
Sutradara : Baran Bo Odar
Pemain : Tom Schilling, Elyas M'Barek, Hannah Herzsprung.

ORIENTASI :
Film ini sebenarnya adalah ungkapan cerita yang mendekati keaslian peristiwa sesungguhnya yang pernah terjadi di Jerman dan Eropa mengenai hacking. Secara Visual film ini dilihat dari sudut gelapnya dunia maya, memperlihatkan para Hacker berkomunikasi - "Net In Net". Dan yang paling khas dari film ini, para perlaku menggunakan topeng Avatar.

Tafsiran Isi 1 :
Film ini mengajarkan bahwa jangan menganggap enteng seseorang dalam dunia nyata, karena nyatanya saat di dunia maya mereka bisa menjadi apa saja yang ia inginkan.

Tafsiran Isi 2 :
Film ini sendiri menceritakan seorang pemuda yang bernama Benyamin yang sanagat ahli komputer. Namun, ia hampir tidak memiliki taman disekolahnya, ia pun sering mendapatkan Bullying oleh teman-teman sekolahnya.

Tafsiran Isi 3 :
Sampai pada akhirnya ia ingin merubah segalanya dengan keahlian komputernya tersebut, ia mencoba meretas seluruh data disekolahnya, walaupun pada akhirnya ia tertangkap dan dimasukkan ke dalam penjara.

Tafsiran Isi 4 :
Saat dipenjara, Benyamin bertemu seseorang yang bernama Max. Max adalah pemuda yang memiliki misi meretas situs-situs yang ada didunia, akan tetapi Max tidak mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan dengan Benyamin. Dan Max pun mengajak Benyamin untuk bergabung bersamanya, Benyamin tanpa pikir panjang langsung menerima ajakannya.

Tafsiran Isi 5 :
Awal dari semuanya yaitu pertama mereka mencoba meretas situs-situs pembelanjaan online untuk mendapatkan uang. Tetapi, karena keegoisan Max mereka mencoba meretas situs-situs pemerintah dengan maksud agar komunitas C.L.A.Y yang mereka buat lebih dikenal.

Tafsiran Isi 6 :
Pada akhirnya, semua berubah ketika C.L.A.Y menjadi incaran Interpol Rusia dan juga mafia Rusia. Hingga pada akhirnya mereka terjebak sendiri dalam dunia yang mereka buat, dan membuat atau memasukkan mereka ke dalam penjara tingkat Lima di Rusia.

Evaluasi :
"Who Am I;No Syste Is Safe" tercatat meraih penghargaan fesstival di ajang Bararian Film Awards 2015 dan dua nominasi ; Aktor Terbaik dalam Jupiter Awards 2015 dan Golden Eye, Best Geran Language Feature Film, Baran Bo Odar.
Film ini juga menggambarkan bagaimana kejaatan hacking bisa terjadi, yang tidak lain disebabkan dari keteledoran diri kita sendiri.
Dan film ini juga adalah salah satu film yang tidak bisa diprediksi bagaimana akhirnya atau jalan ceritanya.

Rangkuman :
Film ini menceritakan bahwa tidak ada yang mustahil. Terutama di dalam dunia komputer. Dan saat ada orang yang merendahkan kita, itu membuat kita menjadi termotivasi untuk menjadi lebih maju dari yang tida pernah mereka bayangkan. Film ini juga layak ditonton, karena mengajarkan bagaimana suatu keinginan atau cita-cita harus digapai dengan segala usaha yang kita lakukan, Karena tidak ada yang MUSTAHIL DIDUNIA INI.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar