Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 20 Mei 2017

Keteguhan IMAN dari "Ketika Cinta Bertasbih 1"

Disusun oleh : ANNISA RIZKIYYANA


Orientasi 1
Ketika Cinta Bertasbih merupakan flim Indonesia dirilis pada tanggal 19Juni2009 disutradarai oleh Chaerul Umam. Flim yang menceritakan kehidupan tokoh utamanya Khairul Azzam, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Al-Azhar University,Kairo. Seorang mahasiswa yang berkerja keras kuliah sambil bekerja menjadi tukang tempe dan bakso, beliau juga dikenal dikalangan duta besar indonesia yang ada di mesir. Karena hal itulah dia kenal dengan sosok Eliana tapi dia sadar tidak akan bisa mendapatkan Elianakarena perbedaan jenjang sosial. Suatu hari pak Ali supir pribadi mba Eliana menyarankan sosok yang penuh keanggunan dan kelembutan yaitu Anna Althafunnisa saat di Saranjan tersebut Azzam mencoba mendatangi salah satu keluarga AnnaAlthafunnisa yang ada di Mesir,tetapi sayangnya khitbah Azzam terlambat karena sosok Anna Althafunnisa telah di khitbah oleh temannya yaitu M.furqon.
Tafsiran isi 1
Dalam Film"ketika cinta bertasbih 1 sikap yang disarankan kepada penoton adalah selalu kerja keras,hidup sederhana,teguh pada pendirian,menjaga diri dan giat belajar. Ada seorang mahasiswa yang bernama Khairul Azzam biasa dipanggil Azzam.Seorang siswa yang menunda kuliahnya untuk bekerja membiayai keluarganya di kampung halaman setelah bapaknya meninggal Azzam menjadi tulang punggung keluarga.
Tafsiran isi 2
Memliki pekerjaan menjadi tukang tempe dan juru masak yang di kenal di dubes KBRI di Kairo. Ada sesuatu  benih cinta yang timbul dari dalam hato Azzam setiap kali bertemu dengan anak bapak dubes yaitu Eliana merupakan aktris di Indonesia. Tetapi Azzam sadar bahwa keinginannya tidak akan bisa dan Azzam menepis perasaan itu. Azzam yang dipertemukan dengan pa Ali supir pribadi mba Eliana pa Ali menyarankan untuk mengkhitbah keponakan temannya pa Ali yang bernama Anna Alfathunnisa gadis lulusan S1 di Alazhar yang lagi mengejar S2nya. Ternyata keluarganya yang ada di Kairo merupakan langganan tempe Azzam Akhirnya Azzam medatangi keluarga Anna Alfathunnisa ternyata sesampai nya di sana, om Anna bilang bahwa dia telah dikhitbah oleh lulusan S2 di Kairo yang akan melanjutkan masternya. Yang melamar adalah M.furqon sahabat dari Azzam. Paman Anna bilang kalo misalkan dia yang menjadi ayahnya Anna pasti dia akan memilih M.furqon yang memiliki segalanya ketimbang Azzam yang hanya orang biasa.
Tafsiran isi 3
Setelah Azzam dari rumah paman Anna Alfathunnisa di sana diperlihatkan pemandangan di sekitar kota kairo yang begitu indah dan suasana yang begitu tenang. Setelah itu Azzam pulang ke rumah dilihat ada pria asing yang ada di rumahnya ternyata itu temannya Rasyid. Azzam tidak menerima jika teman Rasyid itu menginap takut terjadi musibah yang tidak diingikan. Ternyata benar beberapa saat orang asing itu pergi pihak keaman Kairo mendatangi rumah Azzam, ternyata teman yang Rasyid bawa seorang buronan karena sudah tidak ada orang asing tersebut Azzam dan kawan kawan tidak menjadi bersalah. 
Tafsiran isi 4 
Keesokan harinya Azzam pergi ke Pasar untuk membeli bahan bahan membuat tempe disajikan suasana pasar yang sangat ramai dan sedikit bersih,serta angkutan umum yang ada di Kairo. Saaat perjalanan menuju pasar ada seorang wanita yang bertanya sebuah toko buku dengannya. Saat Azzam pulang dari pasar menggunakan taksi dia melihat wanita yang  tadi bersama temannya yang sedang bersedih di pinggir halte,Azzam turun dari taksinya sebentar dan menanyakan mengapa mereka bersedih ternyata temannya habis dicopet dan Azzam menanyakan buku mereka ternya ketinggalan di bus yang mereka tumpangi. Akhirnya Azzam berinisiatif dengan taksinya bersama wanita itu mengejar bus tersebut dan akhirnya buku itu didapatkan kembali.
Tafsiran isi 5 
 Di tempat lain M.furqon yang ingin menyelsaikan thesis dengan keadaan tenang menginap di hotel berbintang lima di Kairo. Sesampainya di kamar Furqon mendapat telefon dari wanita asing yang bernama Sarah yang pernah berkenalan di perpustakaan,dia mengajak untuk makan malam di Sebuah restoran dekat dengan hotel Furqo  tetapi dia menolak karena ingin menyelsaikan thesisnya. Saat Furqon bangun dipagi hari dia melihat tanpa busana ternyata ada black mail dari miss italiana (Sarah) yang membuat bahwa Furqon harus transfer ke rekening segera dan jangan melaporkan kepada pihak berwajib jika dalam beberapa hari tidak mentrasfer akan disebar foto foto tidak senonoh. Karena hidup yang terlalu mewah furqon mendapatkan musibah seperti ini padahal Furqon tinggal di Apartemen mewah. Dia juga di periksa dinas kesehatan Kairo bahwa Furqon mengidap HIV dan harus segera meninggalkan Kairo kalau dia terkena HIV.
Tafsiran isi 6
Hafidzh yang mencintai adik dari temannya Fadhil yang mempunyai adik bernama Mala tetapi tidak mau mengungkapkan isi hatinya kepada Mala. Disisi lain ada juga yang mencintai bang Fadhil tetapi dia sudah di khitbah oleh ustad Zulkifli tetapi Tiara tidak mau jika dia di khitbah oleh ustad zulkifli. Karena dia sangat mencintai bang Fadhil satu satunya bang fadhil harus segera memberi kejelasan kepada tiara. Adiknya mala membantu menanyakan kepada Bang Fadhil tentang perasaan dia dengan ka Tiara dia memang mencintai Tiara. Tetapi karena ustad Zulkifli telah mengkhitbah Tiara terlebih dahulu dia akhirnya mundur untuk mencintai Tiara dia tidak bisa menyatakan perasaannya. Karena ustad Zulkifli merupakan teman dekat Fadhil waktu pesantren dulu. Saat pesta pernikahan Zulkifli dan Tiara,Fadhil menyumbangkan sebuah lagu tetapi disaat Fadhil menyanyi Tiara meneteskan air mata bersedih karena pria yang dicintainya. Bukan lah suami yang akan dinikahinya sekarang .
Tafsiran isi 7
Saat Azzam menerima tawaran membuat soto lamongan untuk acara teman bapak dari Eliana. Acara sangat berjalan lancar dan ia ditemukan ole M.furqon sahabatnya yang berkunjung di sana. Setelah acara selesai langsung pulang ke rumahnya dan dia mendapat telefon dari Eliana yang ingin memberi hadiah karena acaranya sukses saat di tanya Azzam apa hadiahnya Eliana menjawab first kiss Azzam bilang itu adalah musibah bagi dia. Beberapa hari kemudian setelah belajar sambil bekerja akhirnya Azzam lulus S1 di Alazhar,dia berjanji kepad bue akan pulang pertengahan bulan.
Tafsiran isi 8 
Adik dari Azzam yang ada di kampung telah mebuat sebuah cerpen yang berjudul menari di atas ombak yang bagi dia terinspirasi dari kakanya yaitu Khairul Azzam. Saat bedah buku dia mengajak Anna Alfathunnisa ikut bersama dia membedah bukunya. Setelah beberapa hari dekat dia berkunjung ke rumah Ayatul Husna adiknya Lia menanyakan bahwa Anna mengenal tidak dengan kakaknya Anna jawab tidak terkenal,padahal lelaki itu sebenarnya sudah Anna kenal dengan nama lain.
Evaluasi 
Pesan yang di sampaikan dalam film ini sangat menajubkan bagi para penonton. Untuk terus bekerja keras dan memiliki semangat yang tinggi tentang pembelajaran bagi para penonton. Alur ceritanya sangat bagus serta tempat yang disajikan dalam film tersebut sangat nyata tentang keindahan di kairo. Sangat bagus karena mendapat jumlah penonton 3 juta.
Sayang sekali dalam film tersebut musik yang digunakan sangat membosankan bagi penonton. Cerita yang disampaikan diakhir film ini membuat penonton kesal karena akhirnya sangat tidak pas. Saat opening film tersebut terlalu lama dalam memulai ceritanya. Karakter tokoh polisi kairo dan pihak rumah sakit kairo tidak terlalu menjiwai perannya.
Rangkuman 
Dari paparan tadi,dapat disimpulkan bahwa film "ketika cinta bertasbih 1" menceritakan kehidupan kita di negeri orang yaitu kairo. Film ini menawarkan model islamiyah pada masa kemoderenan. Film ini layak untuk di tontom para pelajar dan mahasiswa/i tentang betapa giat serta kerja keras yang bagus untuk ditiru bagi anak anak muda zaman sekarang.

Daftar pustaka 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar