Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 19 Mei 2017

Islam Bukan Teroris dalam film "My Name Is Khan"


Disusun oleh : M. Nurul Syamsi


Judul Film    : My Name Is Khan
Tahun Rilis  : 12 Februari 2010
Sutradara    : Karan Johar
Pemain        : Shahrukh Khan, Kajol, Shabana Azmi, Sonya Jehan, dan Jimmy S.

Orientasi
Film My Name Is Khan merupakan film yang bergenre drama dan petualangan. Film ini dirilis pada tanggal 12 Februari 2010. Film ini di sutradarai oleh Karan Johar dan di produksi oleh Dharma Production dan Red Chillies Entertainment. Pemain dalam film ini adalah Shahrukh Khan dan Kajol sebagai pemeran utama. Film yang berdurasi 2jam 41menit ini menceritakan tentang kisah seorang muslim india yang tinggal di Amerika Serikat.

Tafsiran 1
My Name is khan adalah sebuah film yang mengangkat kisah seorang muslim India yang tinggal di Amerika Serikat. Dimana kultur yang berbeda serta peristiwa-peristiwa rasis lainnya mewarnai kehidupannya di Amerika Serikat.  Kisah ini berawal dari Rizvan Khan, seorang warga India yang beragama Islam. Dia adalah seorang pemuda yang menderita kelainan, yang bisa dikatakan agak terbelakang mental. Sebelumnya ia hidup dengan damai di India. Hingga pada suatu saat, ketika ibunya meninggal dunia, ia memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat mengikuti jejak adiknya yang telah terlebih dahulu sukses disana. Akhirnya disana ia bekerja sebagai sales membantu adiknya. Awalnya hidupnya baik – baik saja, hingga ia bertemu dengan wanita yang membuatnya jatuh hati. Ia bertemu dengan Mandheera yang berhasil merebut hatinya. Dan agama yang berbeda bahkan tidak menghalangi mereka untuk bersama. Karena Mandheera adalah seorang penganut Hindu. Dan ia seorang janda yang memiliki seorang anak yang bernama Sameer. 

Tafsiran 2
Awalnya mereka hidup bahagia, layaknya sebuah keluarga.  Hingga akhirnya, peristiwa Black September yang menggemparkan Amerika Serikat, hingga dunia internasional, memiliki imbas yang fatal bagi hidup mereka. 9 September, dimana terjadi serangan terorisme di gedung World Trade Center (WTC), membawa pengaruh besar bagi hidup keluarga kecll ini. Sejak saat itu, masyarakat dunia memiliki pandangan yang berbeda pada pemeluk agama Islam. Tidak terkecuali pada keluarga Khan ini.  Masalah demi masalah timbul dan menyulitkan keluarga ini. Dimulai dari dipecatnya Mandheera dari pekerjaannya karena ia memiliki suami seorang muslim, hingga meninggalnya Sameer karena dianiaya oleh teman- temannya. Dari peristiwa ini, Mandheera sangat shock dan akhirnya mengusir Rizvan, karena ia pikir bahwa kehilangan pekerjaanya, hingga meninggalnya Sameer adalah karena Rizvan. Akhirnya Rizvan pergi berkelana sendirian untuk membersihkan namanya dihadapan dunia dengan mendatangi Presiden Amerika Serikat.

Tafsiran 3
Banyak ideologi yang diangkat dalam film ini. Salah satunya yang bisa kita lihat adalah dimana di dalam film ini, golongan Islam terbagi - bagi. Rizvan digambarkan sebagai penganut Islam yang moderat dan terbuka. Dimana tidak membeda- bedakan agama lain. Dan bahkan menikah dengan wanita yang beragama Hindu. Tetapi dalam film ini juga diperlihatkan bahwa ada golongan Islam yang tidak bisa menerima perbedaan. Yang memilki pandangan bahwa selain Islam adalah musuh.

Tafsiran 4
Kejadian Black September sangat mempengaruhi alur cerita dari film ini. Dimana hidup dari Khan yang semula tentram dan tanpa masalah berarti, berubah 180 derajat sejak kejadian Black September. Pasca kejadian itu, citra Islam yang tercoreng, ikut merusak hidup Khan yang juga seorang Muslim. Disini seakan – akan diperlihatkan bahwa masyarakat masih kaku dalam menghadapi isu – isu seperti ini. Karena selalu mengaitkan apapun yang berhubungan dengan Islam sebagai teroris. Padahal tidak semuanya seperti itu. Dalam film ini Islam dicitrakan sebagai teroris. Dimana digambarkan bahwa Islam penuh dengan kekerasan dan penghancuran. Dan seakan – akan tindakan dari segelintir orang Islam tersebut mencitrakan seluruh orang Islam yang ada di dunia. Sehingga orang – orang Islam yang belum tentu memiliki pandangan yang sama dengan mereka pun dianggap sebagai teroris.

Tafsiran 5
Hingga akhirnya dalam film ini, Khan sebagai tokoh sentral berusaha untuk membersihkan namanya. Cara yang diambil melalui cara yang sangat dramatis. Dimana Khan berusaha menemui Presiden Amerika Serikat untuk membersihkan namanya. Dan ini sedikit menceritakan secara keseluruhan bagaimana konflik Islam dan Barat diselesaikan dalam film ini. Dimana Khan dari pihak Islam berusaha untuk membersihkan namanya dan membuka pikiran orang - orang “Barat” untuk membedakan antara Islam teroris dan Islam yang bukan teroris. Karena tidak semua orang Islam itu teroris. Itu adalah pikiran yang sangat dangkal.

Evaluasi
Film My Name Is Khan ini menurut saya sangat bagus tetapi masih ada kekurangan dalam film ini.
     Kekurangan :

·         Sutradara bukannya mengarahkan konflik pada akar persoalan, yaitu salah paham Amerika terhadap Islam, tetapi justru membiarkan opini tentang kaum Muslim sebagai “orang-orang aneh” berkembang menjadi potensi bagi tindak kekerasan. Bahwa Islam adalah agama yang menghormati perbedaan justru tak mendapat tempat yang layak dalam film ini.
·           Ada miss persepsi yang ditangkap oleh Khan dari pernyataan ibundanya tersebut yang  kemudian timbul saat keputusan Khan untuk menikah dengan Mandira (Kajol) yang menurut saya ini sebuah penetrasi terhadap keyakinan yang berbahaya jika penonton muslim tidak dibekali dengan sebuah keimanan.

Kelebihan :
·          Film ini bersifat universal sehingga layak ditonton oleh siapa saja, karena memang film ini sarat dengan pesan moral baik yg tersurat maupun tersirat.
·          My Name is Khan berhasil memberi perspektif segar kepada penontonnya tentang cinta dan perbedaan, hubungan lintas budaya, etnis, ras, dan agama.

Rangkuman
Film My Name Is Khan ini layak ditonton oleh siapa saja karena memberikan banyak pesan dan inspirasi, termasuk pemahaman tentang agama dan budaya lain. Sehingga tidak menjadi fanatik atas keyakinan yang dianut. Film ini seakan mengangkat pemahaman mengenai multikulturalisme dan pluralisme. Melalui keberagaman yang diusung, penonton seakan diajak berpandangan jauh lebih luas.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar