Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

“MY IDIOT BROTHER“ : Kebahagiaan bukan tentang Kesempurnaan

Disusun Oleh : Nur Fajri Aldiansyah


Judul              : My Idiot Brother
Sutradara      : Alyandra
Produser        : Hamdhani Ferry
Produksi        : Studio Rumah Satu Film
Rilis                : 2 Oktober 2014         
Pemeran       : -     Adila Fitri
-       Ali Mensan
-       Kimberly Ryder
-       Aaron Ashab
-       Cindy Fatika Sari
-       Donny Kesuma
-       Merry Riana
-       Samuel Rizal
-       Fenita Arie
-       Lula Kamal
-       Hengky Soelaeman



ORIENTASI
My Idiot Brother merupakan film yang diadaptasi dari Novel karya Agnes Davonar. Di produksi oleh studio Rumah Satu Film dan di sutradarai oleh Alyandra dengan pemeran utama Adila Fitri yang berperan sebagai sebagai Angel dan Ali Mensan sebagai Hendra (kakak Angel yang mempunyai keterbelakangan mental/Down Syndrom). Film ini mulai dirilis pada tanggal 2 Oktober 2014 yang berdurasi kurang lebih 95 menit.
My idiot brother menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Angel yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya, Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Hari-hari Angel, selalu diisi dengan menjaga kakaknya. Suatu pekerjaan yang sangat dibencinya ini hanya memiliki satu alasan, yaitu untuk mendapatkan uang saku lebih dari ibunya. Angel merasa tidak adil dengan perlakuan ibunya yang selalu memberikan uang saku kakaknya lebih banyak, sedangkan dia harus membanting perasaan dengan cara seperti ini agar dapat lebih. Tidak adil, bagaimanapun Angel bukan anak kecil lagi yang masih suka bermain monopoli, permainan yang sangat digemari kakaknya. Ia malu jika teman-teman sekolahnya tahu keadaan kakaknya yang idiot menjadi bahan ejekan disekolah, terutama Agnes yang selalu bermusuhan dengan Angel dan merasa kalau Angel adalah ancaman baginya untuk mendapatkan hati seorang pria bernama Aji.

TAFSIRAN ISI 1 (Konflik)
            Ketika ibunya dengan sengaja mengajak Hendra ke sekolah untuk menjemputnya karena ibunya harus pergi arisan mendadak. Angel tidak bisa menutupi tentang kondisi keluarganya. Lebih-lebih tentang nilai Angel yang kurang, menjadi pelengkap bagi Agnes untuk mengejek Angel sebagai perempuan bodoh dan idiot seperti kakaknya. Ini memperparah kebencian Angel terhadap kakaknya. Diusir dari kamar, di marahin, di ejek, tentu saja itu hanya berani dilakukannya ketika di belakang ibunya.

 TAFSIRAN ISI 2 (Pesan Moral)
Dalam film “My Idiot Brother” pesan moral yang disarankan adalah harus bersyukur atas apa yang kita miliki, jangan pernah memandang kekurangan dengan sebelah mata sebab tuhan menciptakan kelebihan dan kekurangan masing-masing setiap insan, karna kebahagiaan bukan tentang kesempurnaan tapi ketika mau menerima kelebihan dan kekurangan setiap orang

TAFSIRAN ISI 3 (Penyelesaian)
Hendra tidak pernah bersedih hati, meskipun adiknya sangat benci pada dirinya. Dia tetap setia memberikan kasih sayang kepada Angel, ia tidak pernah lupa memberikan kado boneka Babi Pink kepada Angel setiap ulang tahunnya. Sedangkan Angel, ingat ulang tahun Hendra saja tidak. Suatu ketika, Angel mengalami kecelakaan dimana tak ada seorang pun yang mampu menyelamatkan dirinya selain Hendra. Demi cintanya kepada adiknya, Hendra rela mengorbankan apapun termasuk nyawanya sendiri untuk Angel.

TAFSIRAN ISI 4 (Simbol)
            My Idiot Brother berarti saudara laki-laki ku idiot, yang didalam film diperankan oleh tokoh Hendra(Ali Mensan). Hendra memiliki keterbelakangan mental, namun adiknya, Angel(Adila Fitri) sangat membenci dan malu dengan kekurangan yang dialami kakaknya.tetapi ketika kakanya meninggal,angel baru sadar bahwa kakanya sangat menyayanginya.

TAFSIRAN ISI 5 (Perbandingan)
            Jika dibandingkan dengan film dari novel Agnes Davonar sebelumnya seperti “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” dan “Surat Kecil untuk Tuhan”, mungkin lebih unggul kedua film tadi. Karena rasa sedih sudah ada sejak awal film sehingga, sepanjang film mampu membangkitkan emosi kesedihan.

TAFSIRAN 6 (sasaran penonton)
            Film ini dapat di tonton untuk semua orang dan tidak terbatas umur. Film ini juga mengajarkan bagaimana kita bersikap terhadap orang lain, yang lebih tua, bahkan memiliki kekurangan/disabilitas. Memperlihatkan kita bagaimana cara untuk bersikap kemanusiaan terhadap penyandang cacat, serta memperkenalkan betapa indahnya jika kita memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang tinggi terhadap sesama.
EVALUASI 1 (penilaian, kelebihan, dan kekurangan karya)
My Idiot Brother telah dirilis dan sudah ditontoh oleh banyak orang yang suka dengan film Indonesia. Film ini pun mnghabiskan omzet tak kurang dari 4 miliar rupiah untuk pembuatan filmnya. Kelebihan dari film My Idiot Brother yaitu banyak amanah yang dapat diambil dan dipelajari tentang bagaimana caranya toleransi terhadap penyandang disabilitas. Kekurangan dari film ini adalah penonton tidak merasa sedih dan iba mengenai karakter yang diperankan oleh Angel. Karena kurang mendalami peran tersebut.

RANGKUMAN
            Film My Idiot Brother yang mengisahkan kekeluargaan sangat baik untuk ditonton. Film ini memuat banyak pesan moral yang dapat dijadikan motivasi untuk yang menontonnya. Dan sebagai adik, kita harus menyayangi kakak kita sendiri dengan penuh rasa kasih sayang dan jangan sekali-kali durhaka ataupun berbuat jahat kepada kakak jika suatu saat hal itu terjadi dikemudian hari maka penyesalan akan datang kepada kita.
Kakak, karena dirimu lah kini gue sadar.
Gue gak terlahir untuk sempurna tanpamu.
Walau dunia ini mungkin tidak pernah adil untuk kehidupan loe saat ini.
Apapun yang loe lakukan atas dasar yang loe pikirkan, loe tetap kakak yang terbaik.
Terbaik yang  pernah di kirimkan Tuhan kepada gua dan gua ingin sampaikan kepada. dunia.
Bahwa hanya ada satu kesempatan untuk gue bersama loe dalam hidup ini yaitu saat saat loe hidup bersama gue dalam sebuah kebahagiaan sesaat.

“Selamat jalan kakak tercinta.”

Sumber:

Tanggal Akses : 15 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar