Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

Belajar Mempercayai dari Film "Criminal Designer/The Con Artist"

Disusun Oleh : Audrey Nirmalasari Y.


·         Judul Film : The Con Artist/Criminal Designer/The Technician/기술자들
·         Tahun Rilis : 2014
·         Sutradara : Kim Hong-Sun
·         Pemain Film :
1.    Kim Woo-bin sebagai Ji-hyuk
2.    Lee Hyun-woo sebagai Jong-bae
3.    Kim Yeong-cheol sebagai Boss Cho
4.    Ko Chang-seok sebagai Goo-in
5.    Jung Man-sik sebagai Prosecutor
6.    Jo Yoon-hee sebagai Eun-ha
7.    Lim Ju-hwan sebagai Lee Jo Hwon (tangan kanan Cho)
                                   
Orientasi 1
“The Con Artist (The Technician)” yang diperankan oleh Kim Woo Bin adalah salah satu film box office Korea yang rilis 2014 dengan jalan cerita yang tidak terduga namun tetap ringan menghibur. Film ini menceritakan tentang strategi dalam menipu dan mencuri. Berarti sudah jelas dong, kalau film ini bergenre action yang menegangkan. Tidak hanya mengusung satu genre saja, film yang diperankan oleh Lee Hyun Woo dkk. ini juga mengusung genre komedi-drama yang akan menambah seru suasana.

Orientasi 2
Film yang diproduksi oleh Trinity Entertainment mengusung cerita kepercayaan dan persahabatan yang sangat kental. Memiliki Plot Twist atau bisa disebut alur ganda yang sangat menghibur. Film yang bedurasi selama 1 jam 57 menit ini bercerta tentang seorang ahli membobol brankas (Lee Jin Hyuk) bersama dua orang komplotannya. Sang Hacker (Jong Bae) dan si ahli strategi (Goo In) dalam mencuri uang gelap bea cukai sebesar 150 miliar won yang disembunyikan di pelabuhan Incheon, Korea. Dengan berbagai rintangan dan berbagai masalah, menyusun banyak strategi dan mengkhianati diri sendiri, mereka berhasil mencuri uang bea cukai tersebut.

Orientasi 3
Dan jika membahas tentang pemeran utama dalam film ini, ada Lee Ji Hyuk yang diperankan oleh Kim Woo Bin. Lee Ji Hyuk adalah safe cracker, 31 tahun. Sebagai komplotan pencuri, Ji Hyuk mampu membobol brankas tanpa kode rahasia. Ji Hyuk juga otak dari setiap misi pencurian. Ji Hyuk sebelumnya sama sekali tidak memiliki catatan kejahatan karena, selama menjadi pencuri ia tidak pernah ketahuan.
The Con Artists adalah salah satu film yang pemeran utamankya "antagonis" karena selain jadi pencuri, Ji Hyuk juga berniat balas dendam karena orang terdekatnya di bunuh.
Kemudian ada Lee Hyun Woo yang berperan menjadi Jong Bae. Jong Bae adalah hacker yang dicerita ini berumur 25 tahun. Punya cacatan jadi pengkhianat partner kerja sebelumnya, namun itu hanya tuduhan semata. Hacker yang selalu dibutuhkan dalam setiap misi pencurian komplotannya. Karena mereka membutuhkan hacker untuk memanipulasi sistem CCTV maupun komputer.
Lalu anggota geng komplotan yang terakhir adalah Goo In yang diperankan oleh Ko Chang Suk. Beliau adalah yang tertua diantara mereka bertiga. Baik di film maupun di dunia nyata. Namun, bakat aktingnya tidak bisa dianggap remeh. Goo In adalah Engineer yang kerjaannya mengontrol kecepatan bor yang dipakai Ji Hyuk untuk membobol brankas. Karakternya di film ini sangat gokil. Kelakuan beliau banyak mengundang tawa karena dia memiliki karakter yang supel dan kadang sikap kebapakan-nya keluar.

Tafsiran 1
Pagi itu, Presdir Cho mendapat akses masuk ke Bea Cukai. Dengan menggunkan ID Presdir Cho, karena ia memiliki akses masuk ke sana. Jong Bae, sebagai pegawai perusahaan telepon juga sudah masuk ke tkp. Mereka diposisi masing-masing. Jong Bae memberi aba-aba pada Presdir Cho untuk meledakkan bom yang sudah terpasang di Bea Cukai kemarin. Ledakannya tidak terlalu besar, tapi mampu membuat keributan yang besar. Semua pegawai Bea Cukai keluar. Pemadam Kebakaran juga mendekati lokasi.

Tafsiran 2
Tak lama kemudian, Ji Hyuk dan sekretaris masuk ke sana memakai seragam EOD (Explosive Ordnance Disposal) atau bisa disebut seragam penjinak bahan peledak (Jihandak)nya Korea. Anak buah Presdir Cho yang lain juga memakai kendaraan EOD. Begitu mereka masuk, Jong Bae segera mematikan sistem di pusat kontrol. Ruang kontrol jelas kelabakan. Tim Ji Hyuk tiba disayap timur, tempat target mereka. Sedangkan tim lain memasuki bagian 11, kawasan konteiner. Tim itu bertugas untuk menyingkirkan kupon kupon dari kontainer agar bisa dipakai untuk uang. Di pusat kontrol, ketuanya melaporkan ke Direktur bahwa sistem mereka harus dimatikan dan di reset ulang. Direktur mengijinkan mereset ulang. Mengapa? Karena orang yang ditelepon itu Presdir Cho yang berpura-pura sebagai Direktur. Saluran komunikasi juga sudah diretas oleh Jong Bae. Begitu sistem direset ulang, semua jaringan tidak berfungsi, termasuk keamanan dalam kontainer yang menyimpan uang tersebut.

Tafsiran 3
Ada pemberitahuan bahwa sistem sedang direset, jadi semua penjaga diharuskan menjaga gerbang. Presdir Cho memberitahu tim Ji Hyuk, mereka harus bisa mengerjakan dalam waktu 40 menit. Mobil EOD mereka mendekati penjagaan. Karena tidak diijinkan masuk, sekretaris dan anak buahnya menyerang para penjaga. 2 orang anak buah berganti dengan seragam penjagaan. Sedang mobil Ji Hyuk menuju lokasi kontainer berisi uang itu. Sampai didepan brangkas, waktunya beraksi. Koo In mengingatkan waktu Ji Hyuk hanya 10 menit untuk membuka brangkas. Sementara itu diluar, kekacauan masih terjadi. Presdir Cho tetap menunggu dimobilnya sambil memantau saluran komunikasi. Det. Gong, menerima laporan bahwa ada ledakan di Bea Cukai, langsung meluncur bersama anakbuahnya. Ji Hyuk mulai memutar kunci kombinasi. Presdir Cho, sekretaris, Koo In, dan Jong Bae semuanya tegang. Menunggu. Setelah memutar kunci beberapa kali, Ji Hyuk berhenti. Tangannya memegang kenop pintu brangkas dan membukanya.
Tapi gagal. Pintu tetap terkunci. Koo In yang sudah tegang terus terusan mengingatkan kalau waktu mereka tinggal 5 menit kurang. Ji Hyuk tidak merespon apa apa. Dia fokus memutar kunci kombinasi. Ji Hyuk kembali berhenti. Tangannya sekali lagi mencoba membuka pintu brangkas. Dan terbuka. Uang 150 milyar ada didepan mereka. Saatnya memindahkan uang. Uang itu dimasukkan ke mobil, lalu mereka menuju posisi Jong Bae. Disana sudah ada kapal boat yang menunggu. Dengan kapal boat, uang dipindahkan ke bagian 11 kawasan kontainer untuk dimasukkan ke dalam kontainer kupon. Diatas uangnya nanti akan ditumpuk dengan kupon-kupon untuk menghindari kecurigaan penjagaan. Sementara itu, det. Gong mulai mendekati tempat Ji Hyuk. Saat akan melewati penjagaan, dia dihadang oleh anak buah Presdir Cho yang sudah memakai pakaian penjagaan. Tapi akhirnya det. Gong diperbolehkan melewati kawasan itu. Ji Hyuk yang sudah tahu, segera memundurkan mobilnya di belakang kontainer sehingga det. Gong tidak bisa melihatnya. Jong Bae melaporkan bahwa sisa waktu sebelum sistem kembali normal tinggal 3 menit lagi, dan mereka harus segera pergi dari situ. Mobil det. Gong masih berkeliling di area situ. Mendekati menit menit terakhir, mereka memutuskan untuk keluar dari sana. Apakah mereka akan berhasil? Tonton saja filmnya agar tidak penasaran.

Tafsiran 4
            Jika ditelisik, film ini memang hampir berisikan hal negatif. Tentu saja, mengingat pemeran utama yang berperan menjadi hacker walaupun dalam kadar safe. Tapi, jika di analisis lebih jauh, film ini mengajarkan kita untuk saling percaya, mengajarkan arti persahabatan yang kental dan bagaimana mengontrol emosi. Film ini juga mengajarkan kita untuk tidak mudah percaya dengan orang asing, memikirkan segala sesuatunya dengan matang dan jangan bertindak gegabah. Setiap keputusan yang dipilih pasti memiliki risiko yang harus kita hadapi. Dan segala sesuatu membutuhkan pengorbanan. Entah pengorbanan dari diri kita atau orang lain.

Tafsiran 5
            Menurut beberapa sumber, cerita ini hampir mirip dengan film barat berjudul ‘The Italian Job’ besutan sutradara F. Gary Gray yang rilis pada 2008 lalu. Berawal dari dendam, kerja sama terselubung dan diakhiri dengan kejutan menyenangkan di akhir cerita di mana penjahatnya dikalahkan oleh penjahat lainnya. Juga sedikit dibumbui kisah percintaan tokoh utama. Namun, berbeda dengan film yang diperankan Kim Woo Bin dkk, film Italian Job sudah memberikan kalian petunjuk melalui prolog di awal cerita sehingga kalian bisa mengikuti film dengan cukup runut dari awal sampai akhir dan punya jalan cerita yang walaupun punya kejutan tapi tetap terarah. Nah, film Korea satu ini tidak memberikan clue apapun diawal. Film ini akan membuat emosi para penontonnya campur aduk tidak karuan.

Tafsiran 6
            Karena film ini merupakan film bergenre action, tentu saja akan banyak adegan orang dewasa yang tersaji. Seperti balapan mobil, pengeboman suatu tempat, pemalsuan identitas dan masih banyak lagi. Di Korea Selatan sendiri, sudah membatasi umur 15 tahun kebawah dilarang untuk menonton. Karena mereka menganggap, anak umur 15 tahun sudah bersikap dewasa dan berpikiran lebih luas. Dan mungkin jika di Indonesia, film ini akan banyak yang di blur atau di potong adegannya jika tayang di televisi.

Evaluasi 1
            Dari segi penampilan, ‘The Con Artist’ mampu menarik perhatian. Editan film yang sangat pas dan suasana tempat dan peralatan yang sangat memadai. Film yang keluar 2014 lalu mampu menarik perhatian penggemar film. Biasanya, film akan mengeluarkan beberapa trailer atau cuplikan-cuplikan dari film tersebut. Begitu juga dengan film ini. Video trailer yang disuguhkan benar-benar membuat orang penasaran akan isi dari film tersebut.

Evaluasi 2
            Juga, pesan moral yang disampaikan secara terselubung benar-benar harus membuat kita peka. Jujur, saya sangat suka dengan cara penyampaian pesan moral di film ini. Dan bicara soal para pemain, mereka benar-benar menjiwai peran mereka masing-masing. Mereka juga saling membantu jika ada yang kesulitan dalam memberikan feel yang pas. Kim Woo Bin yang berperan sebagai Lee Jae Hyuk yang mana memiliki pekerjaan sebagai pembobol brankas, mengaku mempelajari tentang perhiasan dan berbagai jenis brankas untuk lebih mendalami karakternya. Pemain satu dengan pemain lainnya juga cukup dekat. Kedekatan mereka bukan hanya untuk membangun chemistry diantara mereka, namun itu murni karena mereka sudah merasa nyaman satu sama lain. Musik yang dipakai juga benar-benar sangat mendukung keadaan. Disaat berada dalam adegan yang menegangkan, musik yang dipakai benar-benar membuat kita greget ingin cepat-cepat keluar dari situasi tersebut. Intinya, musik yang mereka pakai benar-benar pas penempatannya.

Evaluasi 3
            Disetiap ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Begitu juga dengan ‘The Con Artist’. Kekurangannya, jika menurut saya, film ini diawali dengan adegan yang cenderung membosankan dan membuat penonton tidak betah dan ingin langsung menuju konflik. Kemudian pada adegan pelelangan patung kw, disana rumah lelangnya terlihat sangat santai karena pelelangannya tidak membutuhkan data yang lengkap. Apa karena rumah lelang tersebut termasuk rumah lelang pasar gelap? Namun, jika dikatakan seperti itu, rumah lelang tersebut terlalu terbuka untuk menjadi rumah lelang pasar gelap. Dan dari segi kisah percintaan tokoh utama, menurut saya greget nya kurang. Kisah percintaan yang ditampilkan kurang apik, dan berbeda dari drama yang biasa saya tonton. Bukan berbeda dalam konteks yang bagus karena saya merasa sedikit kecewa karena sudah memberikan ekspektasi yang besar untuk tokoh Eun Ha dan Ji Hyuk.

Evaluasi 4
            Dan untuk biaya produksi, yang pasti Trinity Entertainment tidak mengeluarkan biaya yang sedikit untuk film ini. Mereka harus menyewa pelabuhan untuk syuting tanpa gangguan, menyewa gedung peyimpanan bea cukai, menyewa atau membeli beberapa mobil sport mewah untuk adu landasan dan ada beberapa mobil yang meledak. Mereka juga menyewa beberapa toko perhiasan. Membeli beberapa tempat untuk dijadikan markas. Menyewa galeri atau tempat pameran lukisan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mereka mendapatkan sponsor dari Lotte Entertainment yang merupakan salah satu perusahaan investasi dan distribusi film domestik dan internasional terbesar di Asia. Atau bahkan mungkin dunia. Dan juga dukungan beberapa prodak lain yang tidak bisa disebutkan semua. Karena mendapatkan dukungan yang memadai, maka dari itu Trinity Entertainment tidak main-main dalam memilih segala sesuatunya.

Evaluasi 5
            Dengan konteks film yang seru, dan para pemain yang merupakan bintang papan atas, tak ayal jika The Con Artist mendapatkan banyak respons positif dari para netizen. Baik dari Korea Selatan maupun negara lain. Dan berhasil mendapatkan rating tinggi. Contohnya pada situs web IMDb, The Con Artist berhasil meraih rating sebanyak 6,6/10. Dan juga rating 8,4 di situs MyDramaList.

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar