Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

MAKNA KEHIDUPAN "THE PURSUIT OF HAPPYNESS"

“THE PURSUIT OF HAPPINESS”

Disusun oleh : Riya Mega

Judul Film     : The Pursuit of Happiness
Tahun Rilis   : 20
06
Sutradara      : Gabriele Muccino
Pemain          :
1. Will Smith sebagai Chris Gardner
  2. Jaden Smith sebagai Christopher Gardner Jr.
  3. Thandie Newton sebagai Linda Gardner
  4. Dan Castellaneta sebagai Alan Frakesh



         Orientasi

The Pursuit of Happyness  adalah sebuah film biografi buatan tahun 2006 yang menceritakan kisah hidup Chris Gardner, seorang salesman yang berhasil menjadi pialang saham kaya. Film ini disutradarai oleh Gabriele Muccino. Film ini berdurasi 109 menit, dengan tokoh yang perankan oleh Will Smith sebagai Chris Gardner, Jaden Smith sebagai Christopher Gardner Jr., Thandie Newton sebagai Linda Gardner, dan Dan Castellaneta sebagai Alan Frakesh.
Ini bukan film drama yang penuh cerita menyedihan melainkan sebuah film perjuangan seorang ayah yang mencintai dan harus membesarkan anaknya yang masih kecil dalam kondisi tidak punya uang, tidak punya rumah dan tidak punya pekerjaan.
Chris Gardner adalah seorang ayah yang rajin, pintar, semangat kerja tinggi dan punya impian yang besar untuk keluarga, seperti kebanyakan dari kita. Dengan latar belakang seorang sales dan penjual, dia memberanikan diri untuk mengambil sebuah tawaran untuk menjadi distributor sebuah alat kedokteran yang baru dan canggih.

Tafsiran isi 1

Seperti kebanyakan orang yang mempunyai impian yang besar, Chris berani mengambil resiko dan menggunakan hampir seluruh tabungannya untuk membeli stok persediaan alat kedokteran tersebut dan memiliki wilayah eksklusif pemasaran di kotanya. Setelah dicoba dipasarkan, dia baru sadar bahwa alat kedokteran itu bagi kebanyakan dokter adalah alat yang cukup mahal dan kurang dibutuhkan. Presentasi demi presentasi ke setiap dokter yang ada di wilayahnya dilakukan.Kehadiran seorang anak dan biaya hidup yang terus berjalan membuat si Chris mulai kesulitan dalam keuangan. Istrinya harus bekerja 14 jam sehari di tempat laundry demi membantu membiayai biaya hidup keluarga. Anaknya dititipkan di sebuah tempat penitipan anak yang murah dari pagi dan sorenya dijemput oleh Chris saat selesai dengan kunjungan ke dokter.
Biaya sewa rumah yang tidak terbayar dan beban hidup yang dirasa semakin berat membuat istri Chris tidak tahan dengan kondisi tersebut dan memutuskan untuk pindah ke saudaranya di New York. Tetapi rasa cinta Chris dan keinginan agar anaknya mengenal ayahnya, membuat dia memutuskan dia yang akan membesarkan anaknya. Berhari-hari seperti itu, akhirnya Chris bisa menemukan tempat penampungan tuna wisma yang memberikan kamar gratis. Tetapi mereka setiap pagi harus membawa barangnya dan setiap sore harus mengantri dengan ratusan tuna wisma lain dan bila beruntung baru bisa mendapat kamar.
Tafsiran isi 2
Sambil terus menjual sisa alat kedokteran yang dimilikinya, Chris bertemu dengan seseorang yang memarkirkan Ferrari merahnya dan tampak sangat sukses. Dari sana timbul impiannya lagi dan dia mencoba melamar di sebuah perusahaan sekuritas untuk menjadi seorang pialang saham. Perusahaan tersebut menawarkan pendidikan selama 6 bulan untuk bisa menjadi calon Pialang Saham. Demi impian barunya tersebut, Chris rela melewati proses pendidikan dan seleksi yang berat tersebut. Dan dia harus bisa mengatur dan menghadapi banyak kesulitan antara belajar menjadi pialang saham, mengantar dan menjemput anaknya di tempat penitipan anak, antri di sore hari di tempat penampungan tuna wisma, sering tidak makan agar menghemat uang yang tinggal sedikit dan masih harus mencari calon pelanggan untuk perusahaan pialang saham.
Setelah melalui 6 bulan perjuangan dan semua kesulitan yang harus dihadapi, Chris akhir terpilih untuk menjadi pialang saham dan memulai karirnya di industri itu. Chris Gardner akhirnya menjadi seorang pialang saham yang sukses, yang kemudian mendirikan perusahaan pialang sendiri dan menjadi Multi Milyarder yang dermawan dalam membantu menyediakan tempat penampungan bagi para tuna wisma, mengingat dia pernah mengalami hal tersebut.
Tafsiran isi 3
Di film tersebut, Chris mampu bertahan dalam kondisi persaingan ketat, pekerjaan yang sangat padat (bahkan pekerjaan yang diluar tugasnya) dan kondisi ekonomi yang bangkrut. Ia bahkan harus bertahan hidup dengan tanpa rumah, tanpa mobil dan bekerja sambilan menjual alat pemindai tulang yang sangat sulit terjual. Chris berhasil melewati masa-masa sulit tersebut karena tetap menjaga impiannya dan tak menghiraukan keraguan yang dilontarkan orang lain padanya. Kebahagiaan adalah saat kita mampu berbuat sesuatu dengan konsisten meski banyak orang meragukannya.
Tafsiran isi 4
Pesan moral yang saya dapatkan dari film ini adalah segala sesuatu itu mungkin. Untuk mencapai sukses, jangan buat alasan atas kegagalan kita dan menyalahkan situasi atau orang lain, tetapi ambil tanggung jawab pribadi untuk mengatasi kesulitan yang ada. 
Tafsiran 5
Biasanya, suatu film yang dibuat dengan adanya penafsiran sasaran penonton. Tapi tidak dengan film ini. Karena film ini sangatlah inspiratif dan cocok ditonton untuk semua remaja sampai dewasa.
Evaluasi 1
Film ini diambil dari kisah nyata atau based on true story, penghasilan yang didapatkan cukup terbilang besar karena film ini juga mendunia. Film yang diperankan oleh Will Smith ini mendapatkan anggaran kurang lebih $55 juta. Film ini juga
Evaluasi 2
The Beauty of this movie adalah menginspirasi kita agar sukses dan memberi tekad yang kuat untuk menggapainya sekaligus mengajarkan kita bersyukur atas apa yang kita peroleh, kebahagiaan tak selamanya ada. Chris Gardner merupakan personifikasi tekad pantang menyerah, perjuanga dalam mengejar kebahagiaan.
Rangkuman
The Pursuit of Happiness sangat amat layak ditonton bagi remaja dan dewasa. Karena film ini mengajarkan kita untuk pantang menyerah dari segala masalah yang ada.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar