Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

"Maleficent" Cinta Sejati Peri (Jahat) dari Moors




Disusun oleh : Niken Ayu Lestari


Judul Film     : Maleficent
Tahun            : 2014
Sutradara      : Robert Stromberg
Pemeran       : Angelina Jolie ( Maleficent )
                        Ella Purnell ( Maleficent Kecil)
                        Sharlto Copley ( Raja Stefan )
                        Toby Regbo ( Stefan Kecil )
                        Elle Fanning ( Aurora )
                        Vivienne Jolie Pitt ( Aurora Kecil )
                        Brenton Thwaites ( Philip )
                        Sam Riley (Diaval – Burung Gagak )
                        Imelda Staunton ( Knottgrass )
                        Juno Temple ( Thistlewit )
                        Lesley Manville ( Fittle )

Orientasi
“Maleficent” adalah film asal Amerika Serikat dengan genre fantasi, yang disutradarai oleh Robert Stromberg dan skenarionya ditulis oleh Linda Woolverton. Film dirilis pada 30 Mei 2014 dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Film ini merupakan adaptasi dari cerita Disney yaitu Sleeping Beauty dan La Belle Au Bois Dormant. Cerita Maleficent ini juga sedikit berbeda dengan Sleeping Beauty sehingga dapat membuat penonton semakin penasaran karena karakter utamanya bukan Aurora melainkan Maleficent yang diperankan oleh Agelina Jolie. Film berdurasi 79 menit ini mnceritakan seorang peri wanita bersayap kuat yang sangat baik hati yang tinggal di Moors, Moors adalah sebuah hutan yang dipenuhi oleh keceriaan dan dihuni oleh makhluk-makhluk ajaib. Peri itu bernama Maleficent, ia mempunyai sepasang sayap yang kuat dan tanduk.

Tafsiran 1
Film ini bermula saat Maleficent bertemu dengan seorang anak,  Anak itu bernama Stefan , ia memasuki Moors dan mencuri batu berharga, Stefan tertangkap oleh warga Moors, namun Maleficent menyelamatkannya, akhirnya Stefan dan Maleficent berkenalan, Stefan adalah anak yatim piatu yang miskin, Stefan  rela melepasakn cincinya karenaa Maleficent tidak bisa menyentuh besi, mereka pun bersahabat dan akhirnya menjadi sering bertemu sehingga lama kelamaan persahabatan merka berubah menjadi cinta,  Maleficent meyakini bahwa ciuman Stefan adalah “Ciuman cinta sejati.”

Tafsiran 2
Seiring berjalannya waktu Stefan jarang menemui Maleficent, karena Stefan mengejar mimpinya untuk menjadi raja, Hingga pada suatu hari Raja Henry membuat sayembara bahwa siapa saja yang dapat membunuh Maleficent akan dinikahkan dengan putrinya serta menjadi penerus singgasananya. Stefan yang sangat berambisi menjadi Raja akhirnya kembali ke Moors dan menemui Maleficent setelah sekian lama tidak bertemu. Namun, Maleficent terlalu percaya pada Stefan sehingga ia terjebak, Stefan pun memberi obat tidur kepada Maleficent, Setelah Maleficent tertidur Stefan bersiap untuk membunuhnya, Tapi karena tidak tega membunuhnya, Stefan memotong sayap milik Maleficent yang sedang tertidur karena pengaruh obat, lalu Stefan membawa sayap milik Maleficent ke Istana dan mengatakan bahwa Maleficent telah tewas, di pagi hari Maleficent terbangun dari tidurnya dan menyadari sayapnya hilang, Maleficent sangat kecewa dengan Stefan, ia sangat marah dan menjadi pemurung hingga Moors yang tadinya penuh keceriaan kini berubah menjadi kegelapan.

Tafsiran 4
Suatu hari Maleficent menyelamatkan seekor burung gagak yang hampir dibunuh dengan cara menyihir gagak tersebut menjadi manusia, burung gagak itu bernama Diaval, karena berhutang budi, Diaval mengabdikan hidupnya dengan memberikan informasi kepada Maleficent bahwa Stefan sudah menikah dan menjadi raja, lalu stefan dikaruniai bayi perempuan bernama Aurora, lalu Stefan akan mengadakan pesta dan pembaptisan puterinya tersebut, peri peri dan rakyat pun datang untuk memberikan hadiah kepada Aurora, Karena Maleficent yang tidak diundang sekaligus masih menyimpan dendam pun naik pitam. Maleficent pun datang untuk memberikan kutukan kepada Aurora meskipun Stefan sudah memohon padanya, tetapi dendam dalam hatinya begitu besar sehingga Maleficent memberi Aurora kutuan yaitu akan tertusuk jarum pemintal dan akan tertidur selamanya seperti orang mati pada saat matahari terbenam di ulang tahunya yang ke 16 dan tidak ada kekuatan di bumi yang dapat mematahkan kutukan tersebut kecuali ciuman cinta sejati, karena khawatir Raja Stefan memerintahkan negrinya untuk mengumpulkan semua jarum pemintal dan membakarnya di ruang bawah tanah istana, sedangkan Aurora dipindahkan ke sebuah gubuk di hutan terpencil dengan dijaga 3 peri agar terlindungi dari jarum pemintal, lalu Raja Stefan memerintahkan semua pasukannya untuk mencari dan membunuh Maleficent ke seluruh penjuru dunia, sedangkan Maleficent membuat tembok pertahanan sehingga Moors tidak pernah lagi menderita akibat ulah manusia.

Tafsiran 5
Maleficent yang tidak sabar melihat penderitaan Aurora dikemudian hari pun, akhirnya mengamati Aurora setiap hari. Saat Aurora bermain di hutan ia mengejar kupu kupu hingga ia terjatuh dari tebing, Meleficent yang melihat kejadian itu menyihir akar sehingga Aurora tidak jadi terjatuh. Seiring berjalanya waktu aurora pun tumbuh besar dan menjadi gadis yang cantik, suatu hari aurora pergi ke sebuah tempat, tempat itu adalah Moors Aurora melihat mahkluk mahkluk aneh di Moors kemudian ia melihat  banyangan di balik pohon, lalu ia menyuruhnya keluar setelah melihat Maleficent, Aurora memanggilnya “Ibu peri pelindung” karena Aurora ingat dengan Maleficent yang selalu mengawasinya dari ia kecil hingga sekarang, Aurora pun sangat menyukai Moors, lama kelamaan hati Maleficent luluh dengan keberadaan Aurora, ia kembali tersenyum dan mulai menyayangi Aurora seperti anaknya sendiri, Ia sangat menyesal dan ingin mencabut kutukan tersebut tetapi tidak bisa.

Tafsiran 6
Waktu terus berjalan hingga aurora berumur 16 tahun, kemudian saat di hutan Aurora bertemu dengan Philip yang sedang kebingungan mencari jalan ke Istana, Mereka bersua saling memperkenalkan nama lalu aurora bergegas pulang, sehari sebelum Aurora berumur 16 tahun ketiga peri itu memberitahu bahwa sebenarnya aurora adalah anak dari Raja Stefan dan mereka juga memberitahu jika Aurora di beri kutukan oleh Maleficent, Aurora yang mendengarnya sangat kecewa dengan Maleficent yang selama ini ia anggap peri pelindungnya, Aurora pun memutuskan untuk kembali kepada ayahnya. Saat kepulanganya, tiba tiba Ayahnya, mengurungnya dalam menara, akan tetapi kutukan itu terjadi, dan malamnya Aurora terhipnotis dan mendatangi ruang bawah tanah dan menyentuh jarum pemintalnya.

Tafsiran 7
Disisi lain Maleficent mencoba jalan terakhir yaitu membawa pangeran Philip, dan menyihir Philip agar tertidur lalu menyihir Diaval menjadi kuda, saat mereka sampai di Istana, Maleficent Melewati ruang bawah tanah yang penuh dengan alat pemintal, ia merelakan dirinya tergores besi ketika melewati ruang bawah tanah, ketika sampai di kamar Aurora Philip menciumnya, tetapi Aurora tidak terbangun, Maleficent sangat sedih dan mengakui bahwa sisa hatinya yang telah hancur telah diisi oleh kehadiran Aurora, Maleficent sangat menyayangi Aurora dan ingin Aurora kembali, lalu Maleficent mencium Aurora seperti layaknya seorang ibu, kemudian kutukan Aurora hilang dan Aurora terbangun. Raja Stefan yang mengetahui keberadaan Maleficent mempersiapkan prajurit besi karena Stefan tahu jika Maleficent lemah terhadap besi, ketika Maleficent, Diaval dan Aurora, ingin keluar dari Istana, Maleficent terkena perangkap yang di buat Stefan yaitu rantai besi, lalu menyihir Diaval menjadi Naga, Maleficent terlepas dari perangkap itu, tapi kemudian Raja Stefan memanggil prajurit besi, Diaval di ikat dengan rantai oleh para prajurit dan Maleficent di kelilingi prajurit besi, Maleficent sangat kebingungan, Aurora berlari dan masuk ke ruangan kemudian ia melihat sayap yang sangat besar di dalam lemari kaca, akhirnya Aurora memecahkan kacanya dan sayap itu terbang dan menyatu kembali dengan tubuh Maleficent, Maleficent pun terbang tetapi kakinya tersangkut oleh rantai besi Raja Stefan sampai akhirnya Raja Stefan terseret hingga ke menara lalu Maleficent mencekik Raja Stefan karena tidak tega membunuhnya Maleficent terbang tetapi Raja Stefan mencoba membunuh Maleficent dan akhirnya Raja Stefan tewas karena terjatuh dari menara.

Tafsiran 8
Film ini di akhiri dengan Moors yang kembali penuh dengan keceriaan dan aurora diangkat oleh Maleficent menjadi ratu di kerajaan Moors, film ini juga banyak memiliki pesan moral salah satunya jika kita dihinati orang yang dekat dengan kita, coba renungkan dulu kenap dia berbuat seperti itu, apakah ada suatu kesalahan kita kepadanya, apabila ada balaslah kejahatanya dengan kebaikan, seperti air yang bisa membuat lubang di batu, memang perlu waktu lama, tapi itu lebih baik dari pada mencabut paku di sebuah kayu dan meninggalkan bekas yang abadi. Kemudian pesan yang dapat kita ambil adalah tidak semua cinta sejati itu dari pasangan, karena sesungguhnya cinta sejati itu datang dari kasih sayang ibu. Lalu kesan jahat yang terdapat dalam film ini merupakan simbol kelemahan manusia karena dari pesan moral tersebut kita tahu bahwa kejahatan

Evaluasi
Keterikatan penonton dengan film ini mampu dijalin dengan baik, kita akn merasa kehilangan dan merasakan peraasaan tersakiti misalnya pada saat karakter Stefan memotong sayap milik Maleficent yang sedang tertidur karena pengaruh obat, Kemudian di pagi hari Maleficent terbangun dari tidurnya dan menyadari sayapnya hilang, Maleficent sangat kecewa dengan Stefan, ia sangat marah dan menjadi pemurung. Sebagai salah satu film Disney dengan budget yang besar yaitu $180 juta, Maleficent di tunjang oleh spesial efek. Aktris Elle Fanning yang berperan sebagai tokoh utama dalam film Sleeping Beauty justru tergeser oleh penampilan Agelina jolie yang berperan sebagai Maleficent karena tata rias dan kostum yang mendukung karakter jahat di film ini. Film ini juga tercatat sebagai film ke 3 yang mendapatkan pendapatan melampaui $ 600.000.000 di box office seluruh dunia pada tahun 2014, dan mendapat penghargaan “Favorite Movie and Family Movie di ajang People Choice Award.” tahun 2015, dan juga Agelina Jolie yang mendapatkan penghargaan Favorite Villain karena karakter Maleficent dalam ajang “Nickelodeon Kids Choice Award” tahun 2015.

Rangkuman
Film ini tidak layak untuk ditonton anak anak di bawah umur karena Maleficent yang mengandung unsur film yang terlalu dark, tetapi film ini terdapat pesan moral yang kita dapat ambil, Dan film ini yang diakhiri sengan sebuah ending yang menyentuh dan menyuguhkan sebuah adegan klimaks yang menggungah, ”Maleficent” juga berhasil menampilkan gambar pemaknaan hidup peri kegelapan yang ternyata masih mempunyai hati sebaik malaikat meskipun ia jahat.


Sumber
http://variety.com/2014/film/news/maleficent-600-million-worldwide-box-office-1201257126/
https://id.wikipedia.org/wiki/Maleficent_(film)#Plot



Diakses pada 13 MEI 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar