Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

The Power Of Love di “Assalamualaikum Beijing”

Disusun Oleh : Guntur Cahyadhi

 






JUDUL FILM                        : Assalamualaikum Beijing
TAHUN                                : 2014
SUTRADARA                       : Guntur Soeharjanto
PEMAIN                               :
  • Revalina S Temat (Sebagai Asmara Nadia)
  • Laudya Cynthia Bella (Sebagai Sekar)
  • Morgan Oey (Sebagai Zhong Wen)
  • Ibnu Jamil (Sebagai Dewa)
  • Desta (Ridwan)
  • Ollyne Apple (Tour Guide dari China)
  • Cynthia Ramlan (Sebagai Anita)
  • Jajang C. Noer. (Sebagai Ibu dari Asmara Nadia)




Orientasi 1
ASSALAMUALAIKUM BEIJING


“Assalamualaikum Beijing” adalah film drama Indonesia yang dirilis pada Tahun 2014 . Film ini diadaptasi dari Novel Asma Nadia, yang terinspirasi dari Novel Asma Nadia yang berkisahkan tentang Kisah Cinta Ahei dan Ashima. Film ini diproduksi oleh perusahaan produksi Maxima Picture. Durasi film ini berkisar antara 1Jam 35Menit. Film ini diperani oleh  Revalina S Temat yang memerankan sebagai Asmara Nadia, Morgan Oey menjadi Zhong Wen, Laudya Cynthia Bella menjadi Sekar, Ibnu Jamil menjadi Dewa, Desta menjadi Ridwan,  dan Jajang C. Noer yang menjadi ibu dari Asmara Nadia.
 
Orientasi 2
Film ini menceritakan tentang perjuangan cinta seorang Asmara Nadia di Beijing. Perjalanan dari Jakarta ke Beijing pada awalnya hanya untuk bekerja, tetapi tanpa disadari Asma bertemu jodohnya yang bernama Zhong Wen. Di film ini juga kita diajarkan bagaimana cinta sejati itu, bagaimana kekuatan cinta, dan bagaimana menerima cinta tanpa melihat sisi fisik.
Pada tahun 2006, Revalina menjajal layar lebar dengan membintangi film Pocong 2. Dalam film Pocong 2 ini, Reva berperan sebagai Maya, wanita yang sehari-hari bertemu dengan pocong, bahkan punya pacar pocong. Pada tahun 2009 lewat film Perempuan berkalung serban Reva mendapat nominasi Penghargaan FFI untuk pemeran utama wanita terbaik di Festifal Film Indonesia 2009.  Reva pun turut membintangi sebuah drama kolaborasi antara Indonesia dan Korea berjudul Saranghae, I Love You, berpasangan dengan penyanyi asal Korea, Tim Hwang.


Tafsiran Isi 1
Dewa yang ingin menikahi Asmara, seketika hancur semua rencana indah dimasa depan, Dewa terpaksa menikahi Anita yang hamil akibat dijebak oleh Anita karna terpengaruh rangangan dari Anita. Dan Asma pun pergi untuk melupakan Dewa.


Tafsiran Isi 2
Disaat sampai di Beijing, Asma Bertemu cowok tampan yang bernama Zhong Wen, Asma pun jatuh cinta dengannya. Tetapi dia bukanlah seorang muslim. Lalu Asma pun bertekad untuk mengajarkan Zhong Wen untuk menjadi seorang Mualaf


Tafsiran Isi 3
Pesan Moral yang bisa didapat dari film ini adalah, jangan pernah melihat cinta hanya dari fisiknya saja. Cinta sejati itu ada, dan tak butuh fisik yang sempurna, untuk mempunyai kisah cinta sempurna. Jangan pernah menyerah untuk apa yang akan kau dapatkan dikemudian hari. Pasti ada hikmah dibalik semua kejadian.


Tafsiran Isi 4
Simbol yang terdapat difilm ini adalah dibagian judul, yaitu Assalamualaikum, yang berarti Asma ingin berhijrah dari Indonesia ke Beijing, untuk melupakan Dewa dan mencari pekerjaan.


Tafsiran Isi 5
Sasaran penonton di film ini, yaitu dikalangan remaja, umur 13 keatas, karena flm ini ada film yang menggambarkan tentang cinta, dengan film ini kita bisa memaknai apa arti cinta yang sebenarnya. Selain itu, film ini juga cocok untuk kalangan orang dewasa.


Evaluasi 1
              Morgan Oey yang berperan sebagai Zhong Wen cukup baik, tetapi masih belum bisa dibilang sempurna, karna film ini adalah film perdananya. Sebaliknya dengan Revalina yang memerankan Asmara Nadia, dia terlihat lebih menjiwai dalam perannya, karna dia sebelumnya sudah pernah memerani beberapa film layar lebar. Skripnya juga sangatlah jelas, berasal dari legenda kisah cinta Ahey dan Ashima yang membuat daya tarik tersendiri untuk memikat para penontonnya.


Evaluasi 2
Pesan Moral, pesan moral yang terdapat di film ini sangatlah bagus, karena dengan menonton film ini, kita tau bahwa cinta sempurna itu ada, dan tidak butuh fisik yang sempura, untuk mendapatkan kisah cinta yang sempurna. Pemain, Pemainnya baik, mereka bisa menjiwainya setiap peran yang diberikan. Alur Cerita, pada awalnya, alur yang terdapat di film ini agak membingungkan, tetapi ini adalah alur maju saja. Music yang tedapat difilm ini sangatlah cocok dengan apa yang ditampilkan / ditontonkan.

Evaluasi 3
Karakter Tokoh, dalam film, Morgan Oey atau yang memerankan Zhong Wen, kurang bisa menjiwai peranannya sendiri. Proses Syuting, saat syuting juga sempat terjadi kabut polusi yang tebal, sehingga proses syuting ditunda.

Rangkuman
Kesimpulannya, Film ini menceritakan tentang perjuangan cinta seorang Asmara Nadia di Beijing. Perjalanan dari Jakarta ke Beijing pada awalnya hanya untuk bekerja, tetapi tanpa disadari Asma bertemu jodohnya yang bernama Zhong Wen. Zhong Wen bukanlah seorang muslim, tetapi Asmara mengajarkannya menjadi mualaf. Akhirnya Zhong Wen masuk Islam, dan mereka menikah, dan bahgia selamanya.
Oleh karena itu, kita sebagai umat manusia tidak boleh memandang cinta hanya dari fisiknya saja, melainkan dari seberapa kekuatan cinta itu. Film ini layak untuk dipertontonkan, dan recommended untuk ditonton, karna film ini sangat sangat mengajarkan kita “Arti yang sebenarnya dari CINTA”


Sumber




https://id.wikipedia.org/wiki/Revalina_S._Temat (Diakses terakhir kali pada 18 Mei)


 


 


 


 


 


 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar