Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 20 Mei 2017

Apa yang sudah kamu pilih, harus kamu selesaikan dengan baik. "Merry Riana - Mimpi Sejuta Dolar"


Disusun Oleh : Rizky Aulia Putri



Judul Film         :  Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar
Tahun               :  2014
Sutradara          :  Hestu Saputra
Pemain              :   1. Chelsea Islan berperan sebagai  Merry Riana
                             2.  Dion Wiyoko berperan sebagai Alfa
                             3. Kimberly Ryder berperan sebagai Iren
                             4. Ferry Salim berperan sebagai Ayah Merry Riana
                             5. Cyntia Lamusu berperan sebagai Ibu Merry Riana



·         Orientasi :
            Mimpi sejuta dolar adalah sebuah film bergenre Drama Romance yang di adaptasi dari novel bestseller yang berjudul sama yang ditulis oleh Alberthiene Endah, film ini merupakan hasil produksi dari MD Entertaiment. Film ini adalah sebuah kisah nayata yang dialami oleh Merry Riana yang menunjukan betapa kerasnya Merry Riana meraih kesuksesan di singapura setelah melalui banyak rintangan dan tantangan.

·         Tafsiran 1 :
            Kisah ini berawal akibat kerusuhan yang terjadi dijakarta pada tahun 1998, kerusuhan ini mengharuskan Merry dan keluarganya untuk pergi ke singapura. Tetapi, mereka hanya mampu membeli satu tiket. Karena semua barang berharga milik mereka di rampas oleh para penjarah, dan Merry terpaksa diberangkatkan seorang diri oleh ayahnya untuk menemui Om Hans serta tinggal disana sampai kerusuhan di Jakarta membaik.

·         Tafsiran 2 :
            Setibanya di singapura Merry langsung menuju alamat yang tertera di kartu nama tersebut, ternyata Om Hans telah pindah dan tidak tinggal disana lagi. Merry pun pergi meninggalkan rumah tersebut, di perjalanan tidak sengaja ia bertemu dengan Ms. Noor yang memberinya izin untuk mengakses internet. Ia membuka akun sosmed miliknya dan menemukan Irene temen SMANya dulu yang ternyata sedang kuliah di singapura .

·         Tafsiran 3 :
            Meski cita-cita untuk kuliah dan menjadi sukses terasa begitu berat, tapi Merry tetap berjuang untuk bertahan hidup. Dengan bantuan Irene, Merry melanggar aturan singapura yang begitu ketat Merry berhasil mendapat izin tinggal di asrama dan di terima disalah satu perguruan tinggi di singapura. Namun, ternyata Merry harus membayar $40,000 untuk biaya kuliah.

·         Tafsiran 4 :
            Harapan terakhir merry agar bisa berkuliah adalah mengambil student loan, yang hanya bisa didapat jika memiliki seorang penjamin. Karena tidak ada kerabat dan Iren tidak bisa menjadi penjamin, Merry pun mencari mahasiswa senior untuk menjadi penjaminnya, maka Merry bertemu Alva seorang senior tampan yang memberikan segala macam syarat sebelum akhirnya mau menolong Merry, termasuk menyuruh Merry mencari pekerjaan.

·         Tafsiran 5 :
            Merry pun mencari pekerjaan mulai dari menyebar brosur, bisnis online, hingga main saham yang beresiko tinggi. Bahkan pernah suatu ketika Merry menjadi korabn penipuan berkedok Multi Level Marketing. Semua uangnya habis karena sudah terlanjur investasi di perusahaan abal-abal tersebut. Merry yang pantang menyerah  walaupun sudah jatuh bangun memperjuangkan kuliahnya. Membuat Alva jatuh cinta kepada Merry.

               Evaluasi :
a)      Kelebihan :
            Dalam  film ini terdapat satu tokoh yang aktingnya sangat berlebihan. Namun itu malah dinilai sangat cocok, secara keseluruhan pemain dalam film ini kelihatannya sangat serius dan antusias dalam memainkan perannya masing-masing. Latar negeri Singapura yang indah membuat film ini juga mempunyai sensasi tersendiri dipadukan dengan kisah cinta menambah komplit film ini. Film Mimpi Sejuta Dolar sudah tembus 1/5 juta penonton.
b)      Kekurangan :
Dalam pengambilan latarnya kurang selaras dengan kisah aslinya. Dan film ini lebih menonjolkan kisah percintaaan antara Merry dan Alva.

·         Rangkuman
            Film Mimpi Sejuta Dolar mengajarkan bahwa hidup tidak selalu tentang uang, tetapi lebih penting bagaimana orang lain bisa bahagia karena diri kita .Film ini layak untuk ditonton karna banyak yang dapat kita petik dari kisah Merry Riana ini.



Daftar Pustaka :


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar