Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 25 Mei 2017

Belajar Mencintai dalam film “Beauty and The Beast”

Disusun Oleh :Icha Witrida Samillah

Hasil gambar untuk beauty and the beast

Judul Film          : Beauty and The Beast
Tahun                   : 2017
Sutradara            :  Bill Condon
Pemain                :
•              Emma Watson sebagai Belle
•              Dan Stevens sebagai The Beast
•              Luke Evans sebagai Gaston
•              Kevin Kline sebagai Maurice
•              Josh Gad sebagai LeFou
•              Ewan McGregor sebagai Lumière
•              Stanley Tucci sebagai Cadenza
•              Audra McDonald sebagai The Wardrobe
•              GuguMbatha-Raw sebagai Plumette
•              Ian McKellen sebagai Cogsworth
•              Emma Thompson sebagai Mrs. Potts
•              Nathan Mack sebagai Chip
•              Hattie Morahan sebagai Agathe

Orientasi 1:
Beauty and the Beast adalah film drama musical Inggris yang dirilis padatanggal 17 Maret 2017. Kisah dalam film ini ditulis berdasarkan naskah yang ditulis oleh Stephen Chbosky dan Evan Spiliotopoulos berdasarkan film animasi musikal berjudul sama tahun 1991 dan dongeng karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont. Film ini di bintangi oleh Emma Watson sebagai Belle, Stevens sebagai The Beast, Luke Evans sebagai Gaston, Kevin Kline sebagai MauriceJosh, Gad sebagai LeFouEwan, McGregor sebagai Lumière Stanley, Tucci sebagai Cadenza Audra, McDonald sebagai The Wardrobe Gugu, Mbatha-Raw sebagai PlumetteIan, McKellen sebagai Cogsworth, Emma Thompson sebagai Mrs. PottsNathan, Mack sebagai ChipHattie, Morahan sebagai Agathe. Disutradarai olehBill Condon.Di produseri olehDavid Hobermandan. Dan diproduksi oleh dalam format standar, Disney Digital 3-D, RealD 3D dan IMAX 3D.

Orientasi 2 :
Film yang berdurasi 2 jam 19 menit ini menceritakan tentang seorang pangeran yang  sombong dan tidak percaya akan cinta, yang akhirnya tiba-tiba datang seorang peyihir yang meminta tolong kepadanya, karena sikap sombong yang dimiliki pangeran akhirnya penyihir tersebut mengutuk pangeran menjadi seorang buruk rupa dan datanglah Belle yang mematahkan sihir tersebut lalu pangeran berubah menjadi seperti semula.

Tafsiran Isi 1 :
Dikisahkan, ada seorang pangeran yang tinggal diistana bersama dengan para pelayan yang hidupbersama dengannya. Suatu ketika datang seorang penyihir menyamar sebagai pengemis tiba di ruang Istana untuk menghangatkan diri dari badai salju dan menawarkan bunga mawar sebagai pertukaran atas kehangatan dan tempat berteduh kepada pangeran, tapi pangeran menolak. Atas kesombongan pangeran akhirnya penyihir tersebut mengubah pangeran menjadi seorang yang buruk rupa atau Beast. Penyihir tersebut memberikannya sebuah mawar dan cermin ajaib untuk melihat peristiwa yang terjadi masa lalu. Sebelum kelopak bunga mawar tersebut habis pangeran harus bertemu dengan cinta sejatinya untuk mematahkan sihir tersebut. Jika ia gagal maka ia akan menjadi buruk rupa selamanya.

Tafsiran Isi 2 :
Beberapa tahun kemudian ada seorang gadis desa bernama Belle, ia senang sekali membaca bukudania di beri julukan sebagai kutu buku. Ia tinggal bersama dengan ayahnya Maurice seorang pelukis. Ada seorang pemuda yang kaya yang hidup di desa tersebut yang bernama Gaston, ia mengingikan Belle tetapi Belle sering kali menolaknya karena ia mempunyai sifat yang sombong dan tidak sopan.

Tafsiran Isi 3 :
Kemudian Maurice berpergian kepasar dengan kudanya Philipe dantiba-tiba ia tersasar dihutan dan terjebak dengan srigala hutan. Phillipe pun ketakutan dan ia meninggalkan Maurice sendirian di hutan. Melihat peristiwa itu akhirnya Phillipe memberitahukan Belle bahwa ayahnya terjebak di dalam hutan. Ketika Phillipe mengantarkan Belle untuk bertemu ayahnya akhirnya beast menawarkan Belle untuk menggantikan posisi ayahnya yang sedang ditahan dipenjara kerena telah mengambil setangkai bunga mawar merah tanpa izin. Belle pun mensetujuinya. Belle dilepaskan oleh butler kastil, Lumiere, yang  berubah menjadi lilin sebagai akibat dari kutukan penyihir. Belle juga menemukan penduduk istana lainnya diubah oleh kutukan yaitu majordomo kastil yaitu Cogsworth, jam perapian yaitu Mrs Potts, Poci  anaknya Chip, cangkir teh pengadilan komposer, Maestro Cadenza, harpsichord Maestro Cadenza istri dan opera penyanyi, Madame de Garderobe, lemari dan pembantu dan pacar Lumiereini Plumette, kemoceng.

Tafsiran Isi 4:
Lalu para pekerja istana menawarkan Belle untuk makan, setelah itu Belle berjalan-jalan untuk melihat ruangan yang ada di dalam istana tanpa sengaja Belle masuk ke dalam ruangan terlarang yaitu West Wring, dia pun bertemu dengan Beast, Belle pun terkejut dengan wajah yang ia lihat akhirnya ia pergi memasuki hutan dan disusul oleh Beast. Beast menyelamatkan Belle ketika ia sedang ditawan serigala yang ada dihutan. Beast pun terluka, akhirnya ia membawa sang pangeran untuk kembali ke dalam istana. Belle pun merawa Beast yang sedang terluka.

Tafsiran Isi 5 :
Sementara itu Maurice mencari pertolongan di desa ia tinggal, ia bertemu dengan Gaston dan ia meminta pertolongan kepadanya. Ia pun menceritakan kejadian yang menimpa Belle dan menceritakan tentang pangeran yang buruk rupa. Gaston tidak percaya bahwa ada manusia buruk rupa, akhirnya ia mendatangi Belle. Di dalamperjalanan Maurice di ikat di pohon oleh Gaston. Maurice pun ditolong oleh wanita desa yang ada di desa ia tinggal. Setelah sembuh Maurice pun kembali ke desanya dan menceritakan semua perlakuan  Gaston kepadanya, tetapi penduduk desa tidak ada yang percaya padanya dan menganggap Maurice gila, ia pun dilarikan kerumah sakit jiwa.

Tafsiran Isi 6 :
Ketika hendak kerumah sakit jiwa tiba-tiba datang Belle untuk menyelamatkan ayahnya. Menggunakan cermin ajaib akhirnya Belle membuktikan bahwa ada seseorang pangeran buruk rupa. Belle dan Maurice pun akhirnya ditahan di dalam penjara dan berhasil lolos. Masyarakat desa Villeneuve berbondong-bondong datang ke istana untuk menyerang Beast. Gaston menyerang Beast, akhirnya beast meninggal. Kelopak mawar yang terkahir pun jatuh dan Belle mengakui bahwa ia mencintai Beast. Setelah melihat kejadian itupenyihir mematahkan sihirnya danmelepas kutukannya. Akhirnya sang pangeran danpara pelayan istana kembali ke wujud asli mereka masing-masing. Dan kejayaan penduduk desa pada saat itukembali seperti semula dankembali ke istana. Sang Pangeran dan Belle menjadi pasangan hidup dan tinggal di kerajaan itu.

Evaluasi 1:
Penggambaran kesederhanaan dalam film tersebut tidak berlebihan.Film tersebut menggambarkan suatu desa yang dulunyamempunyai kejayaan tiba- tiba harus lenyap karena adanya sihir yang di tujukan untuk pangeran. Film drama musical ini cukup menghibur untuk penonton dan tidak terlalu serius. Tokoh yang memiliki karakter the beast ini juga bisa mengambil nilai yang positive bagi para manusia untuk tidak mencintai seseorang dengan hanya di lihat dari fisiknya. Dan para pemain dalam film ini juga dapat menjiwai masing-masing peran mereka. Alur cerita yang ada dalam film ini adalah alur maju mundur dimana pada alur ini terdapat kisah ibu Belle yang dahulu sempat meninggalkan Belle dan ayahnya karena ia terserang virus. Music dan lagu yang terdapat dalam film musical ini pun bermacam-macam dan tidak monoton.

Evaluasi 2 :
Sayang dalam film ini tidak dapat kejelasan asal usul yang menceritakan tentang kejelasan keluarga Sang Pangeran. Dan adegan musical kebanyakan yang dilakukan adalah penampilan tunggal( Solo) jarang ada penampilan kolektif. Biaya produksi yang di keluarkan dalam film ini juga terlampau cukup banyak. Pendapatan yang diproleh pun mendapatkan keuntungan yang cukupbesar yaitu $1,100,762,152 (Rp 14,6triliun).


Rangkuman:
Dapat kita akui bahwa film ini layak untuk di tonton bagi kalangan remaja, karena dapat di gunakan sebagai pelajaran dan drama musical film ini cukup menghibur untuk para masyarakat. Dan dapat digunakan sebagai pelajaran bagi dimasa yang akan datang.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar