Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening "5 Cm."

Disusun Oleh : Hosea Anrico

Judul Film                    : 5 Cm.”
Tahun rilis                   : 12 Desember 2012
Sutradara                     : Rizal Montovani
Rumah Produksi          : Ram Soraya
Pemain                         : Deni Sumargo sebagai Arial
                        Fedi Nuril sebagai Genta
                        Saykoji sebagai Ian
                        Raline Shah sebagai Riani
                                    Herjunot Ali sebagai Zafran

Orientasi
“5 Cm” adalah film Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama, novel ini merupakan salah satu karya novelis muda Indonesia, Donny Dhirgantoro. Film “5 cm” ini disutradarai oleh Rizal Mantovani, film yang diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Dinda  Film ini menceritakan kisah persahabatan mereka yang dikemas dengan cerita pendakian ke puncak Mahameru, Gunung Semeru. Dalam film ini secara garis besar menceritakan tentang persahabatan dan nasionalisme. Melalui film 5 cm ini kita diajak menghargai negeri ini dengan rasa cinta yang sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utama. Film ini menceritakan banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang sangat mengunggah para generasi muda untuk berfikir kedepan dan memiliki ide-ide cemerlang. Dalam ini 5 cm memberi pesan tentang arti dari persahabatan, cinta, kasih sayang, pengorbanan, nasionalisme, dan impian untuk masa depan. 
Tafsiran 1
Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 10 tahun. Hingga suatu saat mereka diliputi kebosanan. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan rasa rindu yang saling menyilang. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Dan juga tentang tokoh Riani yang mencintai salah satu sahabatnya. Tentang Zafran yang merindui adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam. Dan masih banyak lagi lainnya.
Tafsiran isi 2
Kelima remaja yang telah menjalani persahabatan yang cukup lama, akhirnya mereka berlima marasa jenuh dengan hubungan ini, dan mereka akhirnya memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji untuk tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain selama tiga bulan. Namun setelah tiga bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Dalam perpisahan singkat itu, mereka memutuskan sesuatu yang merubah hidup mereka berubah menjadi lebih baik lagi. Sampai pada bagian ini, konsep nasionalisme memang masih belum jelas, ide mengenai nasionalisme disisip pada bagian saat mereka kembali bertemu.
Tafsiran isi 3
Selama tiga bulan berjalan mereka satu sama lain tidak saling bertemu dan berkomunikasi. Banyak hal yang mereka lakukan tanpa berkumpul bersama. Genta sibuk dengan pekerjaan Event Organizernya, Zafran sibuk dengan hobi puisinya, Ian sibuk dengan tugas akhirnya, Arial sibuk dengan kegiatan fitnessnya, dan Riani sibuk menekuni pekerjaannya sebagai karyawan swasta. Diantara kelima pemuda tersebut, Ian lah yang paling sibuk berjuang menyelesaikan tugas akhirnya. Dalam proses penyeleseian tugas akhirnya, Ian mengalami banyak kesulitan. Berbagai rintangan telah Ian  lalui dan pada akhirnya Ian bisa melaksanakan sidang skripsi. 
Tafsiran isi 4
Tiga bulan telah berlalu, Genta memberitahu keempat sahabatnya melalui SMS bahwa seminggu sebelum mereka bertemu setiap hari mereka harus berolahraga ringan dan melakukan persiapan – persiapan tertentu. Hingga saat pertemuan mereka, Genta belum juga mengatakan hendak kemana mereka. Mereka bertemu pada tanggal 15 Agustus di Stasiun kereta dan menuju ke tempat yang masih dirahasiakan Genta. Rasa penasaran mereka pun akhirnya terjawab, mereka akan melakukan sebuah pendakian dipuncak tertinggi di Pulau Jawa yakni Mahameru. Di saat petualangan mereka terjalan ada pesan moral yang cukup mendalam saat Zafran berkata  “Tuhan....Negeri ini begitu indah! bantu kami menjaganya...” yang bermasud untuk menyampaikan bahwa mencintai Tanah Air tidak diwujudkan dengan sukses atau berprestasi saja, tetapi mengaguminya juga kepada Tuhan itu penting
Tafsiran isi 5
Tepat pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka sampai di puncak Mahameru. Lelah, penat, lapar, dan haus terbayar sudah seketika melihat indahnya negeri di atas awan. Kebanggaan tersendiri untuk mereka, mengibarkan Sang Merah Putih di hari yang sangat bersejarah bagi negeri ini dan berada di tempat yang sungguh indah. Mereka telah berhasil menyelesaikan perjalanan dan petualangan yang menajubkan ini dengan segala hal, cinta, kasih sayang, pengorbanan, kebersamaan, dan persahabatan. Tak lepas dari itu, doa yang selalu mereka panjatkan kepada Tuhan membuat mereka berhasil. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Petualangan dalam kisah ini, bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang Ilahi dari atas puncak gunung. Tapi petualangan ini, juga perjalanan hati. Hati untuk mencintai persahabatan yang erat, dan hati yang mencintai negeri ini. Segala rintangan dapat mereka hadapi, karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5cm dari depan kening
Evaluasi 1
Cerita tentang persahabatan ini sangat disenangi banyak masyarakat setelah menonton film “5cm.” walau ada sedikit kekecewaan tentang perbedaan antar film dan novel, namun tak mengurangi tentang tema persahabatan di film ini. Tapi salah satu kelebihan yang membuat film ini disenangi yaitu memiliki alur maju, dimana setiap kejadian terus berjalan langkah demi langkah, dan jarang sekali menoleh tentang kejadian yang di belakang.
Evaluasi 2
Film dan lagu tidak pernah berada jauh, contohnya untuk film “5 Cm.” yang diberi sound track dari Nidji yang berjudul Di Atas Awan dan Rahasia Hati dimana kedua lagu itu bertemakan tentang persahabatan dan petualangan yang sangat cocok dengan tema film tersebut. Tentunya lagu-lagu dari Nidji juga mendongkrak popularitas film dan lagunya sendiri.
Evaluasi 3
Walau film ini bertemakan persahabatan dan rasa cinta pada Tanah Air, masih ada konten explicits yang menggantung pada film ini. Contohnya pada adegan Igor Saykoji membeli kaset dewasa, membuat film ini sulit terjangkau untuk anak-anak dibawah 18 tahun. Padahal cerita film ini sudah sangat baik adanya.
Rangkuman
          “5 Cm” menjelaskan bahwa persahabatan yang bukan biasa-biasa saja juga bisa diciptakan degan tekat cinta akan Tanah Air Indonesia, bukan persahabatan yang merusak semangat Nasionalisme. Banyak pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh film ini, contohnya yaitu tadi bahwa bawalah persahabatan kepada jalan cinta akan Tanah Air sendiri bukan malah merusaknya dengan tanpa tanggung jawab. Film ini layak ditonton, khususnya untuk muda-mudi Indonesia, agar melalui film ini akan tumbuh cinta akan Tanah Air yang lebih besar lagi.

Sumber
Diakses Pada 17 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar