Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

2012 "AKHIR DAN AWAL KEHIDUPAN BERMULA"



2012 “AKHIR DAN AWAL KEHIDUPAN BERMULA”

Disusun Oleh: Muhammad Fadillah



 

Judul Film : 2012
Tahun       : 2009
Sutradara : Roland Emmerich
Pemain    : John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Oliver Platt, Thandie Newton,          Woody Harrelson.




ORIENTASI
2012 adalah sebuah film bencana fiksi ilmiah yang diproduksi pada tahun 2009. Film ini merupakan film yang terinsipirasi dari peristiwa hari kiamat globe yang bersamaan dengan akhir putaran kalender hitungan panjang Maya. Film yang disutradari oleh Roland Emmerich ini diperankan oleh John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Oliver Platt, Thandie Newton, Woody Harrelson. Film ini diproduksi oleh beberapa rumah produksi yaitu Centropolis Entertainment, dan Columbia Pictures, durasi film 2012 ini yaitu 158 menit. Film ini secara garis besar bercerita tentang bagaimana keadaan hari kiamat dan apa yang kana terjadi pada hari kiamat. Melalui film 2012 ini kita diajak untuk berimajinasi tentang keadaan yang menyeramkan, yaitu Kiamat.

TAFSIRAN ISI 1 
Adegan dimulai di tahun 2009, ketika Adrian Helmsley seorang geologis Amerika mengunjungi Dr. Satnam Tsurutani seorang ahli astrofisika. Berdasarkan  keterangan dan bukti-bukti yang di tunjukkan Dr. Satnam, Adrian mengerti bahwa akibat semburan besar di matahari, jumlah neutron yang masukk ke bumi menjadi sangat banyak dan berakibat meningkatnya suhu inti bumi dengan cepat. Adrian kemudian melaporkan kejadian ini ke Staf Gedung Putih Carl Anheuser.yang segera membawa Andrian bertemu dengan Presiden Amerika Serikat.

TAFSIRAN ISI 2
Di tahun 2010, Presiden Amerika Serikat bersama pemimpin-pemimpin negara di dunia sepakat untuk membentuk satu badan bernama IHC (Institute for Human Continuity) dan menjalankan proyek raksasa demi menjaga kelangsungan hidup manusia di bumi, Proyek yang dirahasiakan ini juga akan menyelamatkan hewan-hewan dan menyelamatkan benda-benda bersejarah umat manusia.

TAFSIRAN ISI 3
Semakin jelas bahwa tidak hanya Callifornia yang mengalami bencana: Gunung api Super Yellowstone meletus; gempa besar terjadi di Amerika Selatan; Washington D.C.
dibanjiri oleh tsunami dan USS Jhon F. Khennedy menghancurkan Gedung Putih; dan St. Peter’s Basilica di Roma runtuh, menewaskan ribuan orang.Pemerintah AS akhirnya mengumumkan akhir dunia.

TAFSIRAN ISI 4
Ketika mereka ada di udara, Sasha sadar bahwa pesawat ini tidak memiliki bahan bakar cukup untuk terbang ke Cina. Ia memberitahu Gordon, dan mereka setuju untuk mendarat air. Sasha kemudian mengetahui bahwa mereka tidak lagi di atas lautan: kulit Bumi telah berpindah ribuan mil dan mereka mengarah ke Pegunungan Himalaya. Anggota kelompok lainnya mendarat selamat. helikopter Cina yang mengangkut hewan besar terbang di atas mereka.

TAFSIRAN ISI 5
Setelah tiba, Tenzin marah. Ia mengatakan pada Nima bahwa rencananya tidak dapat melibatkan banyak orang, dan orang lain tidak bisa diikutkan bergabung. Jackson dan Kate memaksa pada Tenzin bahwa mereka membawa anak-anak. Setelah perdebatan panjang, Tenzin membolehkan seluruh kelompok bergabung.Jackson dan keluarganya berusaha menyelinap ke kapal itu dengan bantuan Tenzin.

TAFSIRAN ISI 6
Ketika tsunami menghantam kapal, sebuah struktur penopang utama patah, dan kapal mengapung menuju Gunung Everest. Jackson dan Noah berusaha memperbaiki roda kapal dan gerbang pun tertutup. Mesin dinyalakan kembali untuk menghindari tabrakan dengan gunung. Kapal menabrak Gunung Everest, tapi mengalami sedikit kerusakan. Ketika banjir menyurut, kapten kapal memutuskan Tanjung Harapan Baik di Afrika Selatan sebagai tanah baru yang cocok bagi korban selamat. Pada saat itu, tanggal menunjukkan 27 Januari 0001, sebagai awalan umat manusia untuk memulai kehidupan yang baru.

EVALUASI
Film 2012 ini adalah film yang menegangkan baik ditonton untuk generasi muda maupun tua. Film 2012 ini juga mengajarkan penonton untuk selalu ingat kepada Sang Pencipta-Nya pada suatu akhir jaman nanti.

Kelebihan pada film ini yaitu para pemerannya sangat menjiwai peran yang dijalaninya, cerita tersebut juga bisa bikin penonton tegang ditambah juga musiknya, dapat mendapatkan pelajaran hidup, dan lokasinya juga yang bagus (ibu kota setiap negara)

Kekurangan pada film ini ketika terjadi Tsunami setinggi ribuan meter yang menghantam banyaknya limbah,bangunan,kendaraan,dan sebagainya,seharusnya berwarna buram gelap tetapi pada saat Tsunami setinggi ribuan meter itu mengantam bahtera atau kapal besar itu kita lihat bahwa warna nya masih biru dan berbusa putih seperti di kolam renang.
            
Anggaran untuk pembuatan film ini yakni 200 juta USD,tambahan juga film ini memperoleh skala 8,5 daalam skala 1-10 di IMDB,nilai 95% dari Rolling Stones dan telah meraup keuntungan sebesar 225 juta USD.


RANGKUMAN
Dengan film ini mengajarkan, bahwa kita seorang manusia harus saling tolong menolong dan sifat peduli dalam keadaan susah maupun senang dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan. Menurut saya, film ini juga layak ditonton untuk semua usia karena di film ini menyadarkan kita kepada kebesaran Tuhan atas ciptaan yang telah melimpah kepada kita

Sumber

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar