Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

BELAJAR ADIL DARI FILM "3"

Disusun oleh: Ikhrom Nur Rohman

JUDUL FILM       : 3
TAHUN               : 2015
SUTRADA           :ANGGY UMBARA
PEMAIN              : ABIMANA ARYASATYA,AGUS KUNCORO,CORNELIO
                               SUNNY,PRISIA NASUTION,TIKA BRAVANI,DONNY
                              ALAMSYAH,PIET PAGAU,CECEP ARIF RAHMAN


ORIENTASI
“3” (alif lam mim) merupakan sebuah film action-thriller Indonesia yang akan di arahkan oleh Anggy Umbara. Film ini diproduksi oleh Multivision Plus dan Fam Pictures.”3” akan dibintangi oleh beberapa pemain “The Raid” seperti Cecep Arif Rahman dan Donny Alamsyah.menceritakan tentang 3 orang sahabat, alif (Cornelio Sunny),Lam(Abimana Aryasatya),Mim(Agus Kuncoro) adalah tiga sahabat dari suatu perguruan silat yang dibesarkan bersama di sebuah pesantren bernama Al Ikhlas.film 3 berdurasikan kurang lebih 2 jam 5 menit.
film “3” mengambil latar JAKARTA pada tahun 2036, begitu banyak terjadi perubahan. Negara sudah kembali dama dan sejahtera sejak perang saudara dan pembantaian kaum radikal berakhir di Revolusi tahun 2026 lalu.
hak asasi manusia menjadi segalanya. Peluru tajam sebagai senjata pembunuh sudah menjadi illegal. Aparat cukup diberikan peluru karet untuk menangkap penjahat dan teroris yang masih tersisa. Satu dilemma yang sangat menyulitkan, dimana beberapa kelompok radikal kembali bangkit dan telah menemukan bentuk perjuangannya untuk mengganti wajah demokrasi.

TAFSIRAN ISI 1
film alif lam mim bercerita tentang persahabatan tokoh Alif,Herlam dan Mimbo. Mereka tumbuh bersama di sebuah padepokan silat bernama Al-Ikhlas.
lebih tepatnya pondok pesantren Al-Ikhlas yang dipimpin oleh Kiai Mukhlis.
walaupun sangat akrab, ketiganya memiliki cita-cita yang berbeda.
Alif, bertekad untuk menjadi seorang apparat Negara yang dapat menegakkan hokum yang benar. Sedangkan Herlam (Lam) memilih untuk menyampaikan kebenaran lewat tulisan. Adapun Mimbo(mim), memutuskan untuk mengabdikan kehidupannya sebagai seorang pengajar di pondok Pesantren Al-Ikhlas. Meskipun jalan yang mereka pilih berbeda, akan tetapi mereka memiliki satu tujuan yang sama yaitu membela kebenaran dan memegang teguh idealisme.

TAFSIRAN ISI 2
dalam film “3” terinspirasi dari bentuk alif yang tegak ke atas, alif sebagai orang yang lurus keras,dan menggebu-gebu seperti api.Herlam(lam) karakter yang tidak terlalu keras juga tidak terlalu tenang seperti posisi huruf lam di antara huruf alif dan mim dan seperti bentuk huruf lam yang menyerupai angin, lam digambarkan sebagai orang yang sederhana.Mim atau mimbo digambarkan sebagai orang yang tenang , seperti bentuk huruf mim yang menyerupai aliran air yaitu awalnya adalah akhirnya.melalui film “3” sepertinya Anggy Umbara ingin menitipkan pesan sekaligus kritik sosial, tidak hanya kepada pemerintah tapi kepada kita semua bahwa kalau kita hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan kepentingan orang lain, terus menerus mempermasalahkan perbedaan, setengah-setengah dalam menerima dan mengolah informasi tanpa mau mencari tahu faktanya atau memutarbalikkan fakta maka bisa jadi Negara kita akan menjadi Negara seperti yang digambarkan dalam film 3.

TAFSIRAN ISI 3
konflik berawal dari kejadian pemboman di sebuah kafe. Alif bahkan nyaris menjadi salah seorang korban . sedangkan lam yang meliput kejadian menemukan berbagai kejanggalan dari kejadian tersebut. Hingga akhirnya mengantarkan lam pada fakta ditemukannya botol-botol parfum yang di produksi oleh pondok pesantren mim di lokasi kejadian.keinginan lam yang sangat kuat untuk mengungkap kasus tersebut membuatnya untuk memlih resign. Namun masalah berikutnya muncul.sebagai apparat Negara, alif harus menjalankan perintah penangkapan bagi mim atau pemimpinnya.dilem semacam ini sangat mungkin terjadi dalam kehidupan kita. Setiap orang berusaha untuk memegang kebenaran dari sudut pandangnya masing masing. Hingga pada akhirnya lupa untuk mencoba memahami sudut pandang orang lain.perbedaan sudut pandang tentu akan sulit untuk dipersatukan, namun selalu ada solusi yang tidak menyakiti pihak manapun. Berusaha untuk sekedar meredam egoism atas terwujudnya keinginan pribadi.

TAFSIRAN ISI 4
dalam beberapa bagian dari film ini, penonton akan menyaksikan adegan bela diri(silat). Adegan-adegan ini seperti mengajak kita untuk kembali meresapi beberapa potongan sejarah bangsa. Salah satu contohnya adalah saat perang. Paderi,perjuangan melawan penjajah di sumatera barat yang dipimpin oleh tuanku imiam bonjol. Dan tidak kalah penting ada unsur dakwah yang dikemas dalam film “3” arie untung selaku produser mengakui bahwa banyak hal dalam film terinspirasi dari kisah-kisah di zaman rasulullah Muhammad SAW.namun inspirasi tersebut dikemasi ulang sesuai dengan konteks abad 21.

TAFSIRAN ISI 5
Film ini disasarkan kepada penonton yang muda dan tua meskipun sedikit dari harapan yang menonton film ini, karena mereka bilang ada unsur terorisme yang kontroversial terhadap pemerintah. Karena di duga mengganggu kepentingan beberapa pihak Indonesia meskipun seperti itu, tidak sedikit juga Kalangan pettinggi yang menonton film ini..



EVALUASI
kelebihan film ini. Adalah waktu penggarapan yang singkat dibandingkan film sejenis. Pembuatan naskah 6 bulan, persiapan 3 bulan, workshop 2 bulan, syuting 26 hari, dn cgi 2 bulan. Total pengerjaanya kurang lebih 1,5 tahun.
semuanya dikerjakan oleh para sineas Indonesia. Hal ini mengejutkan bagi para sineas asing. Film ini mampu mengikuti festival internasional balinale yang di selenggarakan di bali walaupun harus berkejar-kejar dengan waktu pengerjaan yang sangat terbatas dan deadline yang sempit.50% orang yang menonton film ini bukanlah orang Indonesia melainkan panitia festival dari 26 negara di seluruh Indonesia.
kelemahan film adalah beberapa efek yang digunakan dalam film ini masih cukup kasar. Hal ini mungkin dikarenakan budget pembuatan film yang terbatas. Namun dengan budget yang terbatas, akan tetapi dapat memproduksi film sebaik ini, menurut penonton film alif lam mim patut untuk mendapatkan apresiasi. Kompleknya mungkin ide dari trailer kurang meyaknkan untuk memberikan cuplikan dari isi film ini.

KESIMPULAN

Film ini aksi yang dikemas secara modern ini tidak melupakan sisi seni bela diri tradisional dan keagamaan, dimana banyak film aksi pada masa kini dengan tema modern dan tidak memasukan unsur keagaaman sama sekali seperti film “3”. Film ini sangat cocok bagi para muda-mudi yang merasa biasa dengan film  aksi modern yang biasa-biasa saja.

Daftar Pustaka :
surauparabek.com/resensi-film-3-alif-lam-mim/
ptbanyakcerita.blogspot.com › Film › Ulasan

https://filmbor.com/3
                                          Diakses Pada Tanggal 9 MEI 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar