Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 18 Mei 2017

Mengoptimalkan Kekurangan Menjadi Kelebihan “My Annoying Brother”

Disusun oleh : Nur Utami Zam Zam


Judul Film     : My Annoying Brother ( Hyung )
Tahun            : 2016
Sutradara      : Kwon Soo Kyung
Pemain          : 1. Jo Jung Suk ( Go Doo Sik )
                        2. Do Kyung So ( Go Doo Young )
                        3. Park Shin Hye ( Lee Soo Hyun )
                                   
Orientasi 1                                                                                                               
Film “My Annoying Brother” atau Hyung merupakan sebuah film yang berasal dari negara Korea bergenre drama komedi yang disutradarai oleh Kwon Soo Kyung dan ditulis Yoo Young A. Cerita dalam film ini berkisah tentang seorang kakak yang menyebalkan dan selalu berselisih paham dengan adiknya seorang atlet judo yang mengalami cedera dan tidak bisa melihat serta seorang pelatih judo yang bernama Soo Hyun yang mendamaikan antara kedua kakak beradik tersebut dan sangat peduli dengan kondisi Doo Young. Akhirnya mereka saling membantu satu sama lain.

Orientasi 2                                                                                                               
Film “My Annoying Brother” di produksi oleh CJ Entertainment dengan durasi film 110 menit dan dirilis pada 23 November 2016. Film ini terinspirasi dari pengalaman seorang atlet judo yang berjuang karena cedera yang Ia alami yang membuat Ia terpuruk namun akhirnya Ia bangkit kembali karena didukung oleh orang terdekatnya. Film ini diperankan oleh Jo Jung Suk sebagai Doo Sik, Do Kyung Soo sebagai Doo Young dan Park Shin Hye sebagai Soo Hyun. Naskah film ini ditulis oleh Yoo Young A seorang penulis spesialis dramatisasi yang sudah banyak menghasilkan karya – karyanya seperti Mirracle In Cell 07. Doo sik di penjara selama bertahun – tahun karena kasus penipuan, sementara sang adik Doo Young adalah seorang atlet judo berbakat.

Tafsiran isi 1                                                                                                                        
Doo Sik merupakan seorang penipu dan Ia mendekam di penjara, Ia berusaha keluar dari penjara dengan memanfaatkan kondisi adiknya Doo Young yang merupakan mantan atlet judo yang sekarang menderita buta permanen akibat cedera yang Ia alami, ketika pertandingan kepalanya terbentur dengan keras yang menyebabkan cedera kepala dan akhirnya Ia buta permanen.  Doo Sik memohon kepada petugas penjara untuk dibebaskan dengan alasan agar Ia bisa merawat Doo Young. Kemudian Doo Sik dibebaskan dari penjara dan Ia pulang ke rumah. Ketika Ia pulang ke rumah kondis rumahnya sangat berantakan dan Ia melihat kondisi Doo Young yang sedang mengurung diri dan hanya tidur di dalam kamar saja. Ketika Doo Young lapar Ia hanya memakan mie mentah saja.

Tafsiran isi 2                                                                                                                        
Dalam film “My Annoying Brother” Sikap moral yang disarankan kepada penonton adalah optimis dan semangat. Seorang atlet judo yang terpuruk karena cedera yang menimpanya kemudian Ia bangkit dari keterpurukan itu atas bantuan kakak dan pelatihnya kemudian Ia berhasil melewati masa keterpurukan dan bangkit kembali menjadi seorang atlet judo dan berhasil meraih medali emas dalam paralimpiade judo internasional. Bangkit dari keterpurukan dan semangat dalam menghadapi kehidupan merupakan penanda bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Doo Young membuktikannya walaupun Ia tidak bisa melihat dan mengalami buta permanen tetapi Ia berhasil menjadi atlet judo kembali setelah sekian lama Ia terpuruk karena kondisinya.

Tafsiran Isi 3                                                                                               
Hubungan antara Doo Young Dan Doo sik awalnya tidak akur mereka selalu bertengkar dan berselisih. Doo Sik tidak peduli dengan kondisi Doo Young dan Doo Young menghadapi sikap Doo Sik dengan dingin. Hubungan antara Doo Young dan Doo Sik yang tak akur membuat Soo Hyun mantan pelatih Doo Young prihatin Ia berusaha mendamaikan mereka berdua, Soo Hyun juga ingin mengembalikan semangat olahraga Doo Young sebagai atlet judo. Perlahan sikap Doo Sik berubah terhadap Doo Young, Ia membantu Doo Young untuk bangkit dari keterpurukannya. Dibalik tawa canda Doo Sik ternyata Ia mengidap penyakit kanker, menyadari hidupnya tidak lama lagi Ia mulai mempersiapkan masa depan Doo Young bahkan Ia berhasil membujuk Doo Young untuk memulai kembali karir judonya.

Tafsiran Isi 4                                                                                                                        
Film “My Annoying Brother” (Hyung) disini mennggambarkan tentang sosok kakak yang menyebalkan. sang kakak dalam film “My Annoying Brother” yang awalnya menjengkelkan dan menyebalkan atas sikapnya terhadap Doo young ternyata Ia menyimpan kasih sayang yang teramat dalam terhadap adiknya yang mengalami masa sulit dan Ia memberikan kasih sayangnya walaupun Ia sendiri sedang berjuang melawan penyakitnya. Pada awalnya Ia tidak peduli dengan apa yang terjadi pada adiknya yang sedang terpuruk karena cedera yang dialami Ia memanfaatkan kondisi adiknya tersebut untuk keluar dari penjara, namun dibalik sikapnya itu Ia sangat menyayangi adiknya Ia melakukan segala cara agar adiknya tersebut bisa bangkit dari keterpurukannya dan Doo Young seiring berjalannya waktu pun sikapnya melunak Ia mulai bisa menerima kondisinya yang buta dan Ia mulai berlatih judo.

Tafsiran Isi 5                                                                                                                        
Cerita dalam film “My Annoying Brother” dibumbui dengan adegan yang lucu dan penuh dengan tawa dimana adegan seperti ini membuat orang merasa tertawa. Namun diakhir cerita kita bisa merasakan kesedihan ketika menonton film dan menangis ketika menontonnya. Sasaran penonton dalam film ini mengarah pada para remaja dan cocok untuk tontonan keluarga. Film ini mengajarkan kita bagaimana kasih sayang seorang saudara walaupun mereka terlihat selalu bertengkar namun mereka saling menyayangi satu sama lain.

Evaluasi 1                                                                                                                            
Film “My Annoying Brother” menampilkan adegan yang apik disertai adegan komedi yang akan membuat penontonnya tertawa dan adegan dimana sang tokoh memainkan film tersebut dengan baik disertai dengan emosional sang tokoh yang sangat menjiwai karakternya berhasil membuat penonton merasakan kekonyolannya dan dan kesedihan ketika menonton film ini. Chemistry keduanya sebagai kakak beradik mampu menyihir penonton terlarut dalam kisahnya, keduanya juga mengisi salah satu soundtrack yang membuat film ini begitu mengesankan. Film ini sukses menarik lebih dari 1 juta penonton dalam 4 hari selama perilisannya di Korea.

Evaluasi 2                                                                                                                 
Jalan cerita dalam film “My Annoying Brother” memang tidak menghadirkan cerita yang baru bagi umumnya orang yang menyukai drama atau film korea pasti sudah mengetahuinya jalan cerita seperti ini dimana di dalamnya mengandung unsur kekeluargaan.

Rangkuman                                                                                                                         
Dengan demikian film “My Annoying Bother” mengisahkan persaudaraan antara kakak beradik yang berbeda karakter. Film ini menceritakan perjuangan seseorang yang bangkit dari keterpurukan dan kasih sayang saudara kakak beradik. Film ini sangat layak ditonton film ini juga masuk dalam Box Office Korea.


Sumber :

Diakses pada tanggal 11 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar