Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 23 Mei 2017

Doctor Strange : Sang alih bedah menjadi ahli sihir

Disusun Oleh : Bunga Mazdalena

\

§ Judul Film : Doctor Strange
§ Tahun : 2016
§ Sutradara : Scoot Derricksondan
§ Penulis : Thomas Dean Donnelly
§ Genre : Fantasy, Adventures
§ Durasi : 118 menit
           Pemain :   Rachel McAdams
                            Benedict Cumberbatch
                              Tilda Swinton
                             Mads Mikkelsen
                               Scroot Adkins
                              Chiwetel Ejifor
                              Amy Landecker
                                Michael Stuhlbarg


ORIENTASI :Film Doctor Strange  adalah film yang menceritakan seorang ahli bedah yang sangat sukses bernama Dr. Stephen  Strange. Kemudian pada suatu hari sang dokter mengalami kecelakaan  serius dan juga melukai tangannya sehingga tidak mampu untuk di gerakan. Banyak rintangan yang iya lalui agar tangannya apat digerakan kembali. Namun, setelah kehidupannya kembali normal dokter memiliki kekuatan yaitu “Thr Sorcrer Supreme”

TAFSIRAN 1 :
Sebagian orang menggangap waktu sebagai musuh. Dalam film ini, murid yang berubah menjadi jahat bernama Kaecilius, sangat kecewa dengan waktu. Waktu mengambil semua hal yang berharga dalam hidupnya. Waktu membuat Kaecilius kehilangan istri dan anaknya. Namun, sejatinya, waktu tidak pernah menjadi musuh manusia. Waktu yang membuat hidup manusia menjadi berharga. Dengan menyadari bahwa hidup ini singkat, membuat manusia lebih menghargai apa yang dimilikinya saat ini.

TAFSIRAN 2 :
Menjadi sukses dan kaya membuat mayoritas orang menjadi arogan, begitu pula yang dialami oleh Doctor Strange. Kehidupannya yang berhasil dan glamor membuat Doctor Strange menjadi orang yang sangat egois. Doctor Strange selalu mengganggap dirinya lebih baik dari yang lain, selain itu, dia juga memperlakukan pasangannya dengan buruk. Namun, ketika dia mengalami kecelakaan hebat yang membuatnya kehilangan segalanya, Doctor Strange baru menyadari bahwa ada hal lain yang lebih besar dari dirinya. Hal inilah yang membuat Doctor Strange rela memerangkapkan dirinya dengan mahkluk jahat yang ingin menguasai dunia bernama Dormammu, dalam sebuah time loop untuk menyelamatkan dunia.

TAFSIRAN 3 :
“Surrender yourself, Strange,” kata Penyihir Agung kepada Doctor Strange ketika dia tidak menerima kedua tangannya yang “rusak”. Ketika menonton adegan ini, saya merasa tercerahkan. Seringkali, kita tidak menerima hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan sehingga membuat kita menjadi menderita. Padahal, dengan berbesar hati untuk menerima semua hal buruk, maka kehidupan kita akan menjadi lebih bahagia. Seperti dikisahkan dalam film ini, akhirnya setelah menerima kedua tangannya yang “rusak”, Doctor Strange mampu memfokuskan pikirannya dan menjadi penyihir yang hebat.

TAFSIRAN 4 :
Semua perbuatan baik atau buruk pasti ada motif dibaliknya. Kaesillius ingin waktu berhenti karena tidak ingin merasakan kehilangan orang yang dicintainya. Sedangkan, Penyihir Agung menggunakan kekuatan kegelapan untuk hidup abadi untuk melindungi dunia dari bahaya. Sekilas mungkin kita berpikir tindakan Penyihir Agung tidak bisa dibenarkan, tapi kembali lagi itu adalah pilihan. Cara pandang inilah yang seharusnya kita gunakan ketika menilai sesuatu, bukan lagi sebatas baik dan buruk, tapi melihat sebuah tindakan sebagai pilihan yang memiliki konsekuensi dan harga yang harus dibayar.

TAFSIRAN 5 : 
Semua akan menjadi mungkin apabila kita percaya bahwa hal itu mungkin. Ketika Doctor Strange bertanya tentang masa depannya, Penyihir Agung berkata,” You wonder what I see in your future? Possibility.” Semua yang akan terjadi adalah sebuah kemungkinan dan tidak ada yang digariskan sebelumnya, karena setiap orang adalah tuan dari pikirannya sendiri. Apa yang terjadi dalam hidupnya ditentukan dari apa yang dipikirkan oleh orang tersebut.

EVALUASI :
Film ini membutuhkan imajinasi yang tinggi. Logikanya di film ini juga dimainin,karena ceritanya agak membingungkan kalau kita tidak memperhatikan dengan baik.

RANGKUMAN :
Film ini menceritakan tentang seorang dokter sukses yang kemudian mengalami kecelakaannya sehingga membuat tanggannya tidak bisa digunakan. Kecelakaan ini menyebabkan karirnya harncur, pada saat dia sudah sembuh, sang dokter kini memiliki ilmu sihir untuk menyelamatkan dunia dari kegelapan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar