Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Impian Yang Ditaruh "5cm" Dari Depan Kening

Disusun oleh : Ridha Reviana Agwa

 

Judul film      : 5CM
Tahun            : 12 Desember 2012
Sutradara      : Rizal Mantovani
Pemain          : 1. Fedi Nuril sebagai Genta
                          2. Denny Sumargo sebagai Arial
                          3. Herjunot Ali sebagai Zafran
                          4. Raline Shah sebagai Riani
                          5. Igor “saykoji” sebagai Ian
                          6. Pevita Pearce sebagai Adinda

Orientasi 1     : Film 5cm ini diadaptasi dari novel yang berjudul “5cm” karya Donny         Dhirgantoro. Kisah 5cm ini terinspirasi dari pengalaman nyata tentang 5 orang sahabat yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012. Film yang digarap oleh rumah produksi Soraya Intercine ini dibintangi oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Herjunot Ali sebagai Zafran, Raline Shah sebagai Riani, Igor “saykoji” sebagai Ian dan Pevita Pearce sebagai Adinda.

Orientasi 2     : Film yang berdurasi selama 120 menit ini menceritakan tentang lima orang remaja yang telah menjalin persahabatan selama sepuluh tahun lamanya. Lalu pada suatu hari mereka berlima merasa jenuh dengan persahabatan mereka dan akhirnya lima orang remaja ini memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.

Tafsiran 1      : Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 10 tahun. Hingga suatu saat mereka diliputi kebosanan. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa berpisah tersebut, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan rasa rindu yang saling menyilang. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan

Tafsiran 2      : Setelah 3 bulan berselang, kelima sahabat ini dan Adinda adik Arial memutuskan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru sebagai bentuk perayaan atas pertemuan mereka lagi dalam sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Surga dunia yang dititip Tuhan di Nusantara, mereka melakukan pendakian ini saat menjelang hari kemerdekaan Indonesia.

Tafsiran 3      : Alasan yang lebih dari cukup bagi orang-orang (khususnya anak muda) untuk mencintai bangsa ini dan memajukannya dengan tekad yang disimpan di kening, tak lebih dari 5 cm. Pada bagian ini pula, kisah persahabatan dirubah menjadi kisah petualangan yang dibumbui kisah cinta yang manis. Cinta segitiga di antara mereka dikemas dengan tawa bukan tangis. Hal ini yang menjadikan 5 cm menarik, hal kecil yang mainstream dibuat berbeda tetapi natural.

Tafsiran 4      : Tepat pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka sampai di puncak Mahameru. Lelah, penat, lapar, dan haus terbayar sudah seketika melihat indahnya negeri di atas awan. Kebanggaan tersendiri untuk mereka, mengibarkan Sang Merah Putih di hari yang sangat bersejarah bagi negeri ini dan berada di tempat yang sungguh indah. Mereka telah berhasil menyelesaikan perjalanan dan petualangan yang menajubkan ini dengan segala hal, cinta, kasih sayang, pengorbanan, kebersamaan, dan persahabatan. 

Tafsiran 5      : Persahabatan yang utuh membuat keyakinan diantara mereka berlima sangat kuat disertai kerja keras yang akan menjadikan sebuah impian. Mereka juga selalu bersyukur atas segala hal yang Tuhan berikan. Karena didalam pertemanan kita harus menerima segala kekurangan dan kelebihan serta menjadi manusia yang beranggapan bahwa dirinya harus mengatur keadaan, bukan diatur oleh keadaan. 

Evaluasi        : Film ini sangat mengaggumkan dan banyak kata-kata yang memberi motivasi, karena di film ini menceritakan tentang seorang remaja dengan perjalanan hati demi mengibarkan sangsaka merah putih di puncak tertinggi di Jawa yaitu Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Walaupun terdapat beberapa perbedaan antara novel dan film seperti perisitiwa kecil pada novel sangat detail disebutkan jalan cerita tetapi pada film ada beberapa bagian yang dikurangi. Tetapi itu semua tidak merubah cerita inti yaitu persahabatan. 

Rangkuman  : Film ini sangat layak ditonton karena didalamnya banyak sekali yang dapat diambil. Kisah lima orang sahabat yang ingin mengibarkan bendera merah putih diatas puncak gunung tertinggi di Jawa yaitu Gunung Semeru.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar