Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 27 Mei 2017

Belajar Survive Menghadapi Berbagai Tantangan Dalam Film “Kong Skull Island”

Disusun Oleh : Nabila Azkia



Judul Film     : Kong Skull Island
Tahun Rilis   :
-  8 Maret 2017 (Indonesia)
10 Maret 2017 (Amerika Serikat)
Sutradara      : Jordan Vogt-Roberts
Pemain          :
  1.    Tom Hiddleston sebagai Kapten James Conrad
  2.     Brie Larson sebagai Mason Weaver
  3.     Samuel L. Jackson sebagai Preston Packard
  4.     John Goodman sebagai Bill Randa
  5.     John C. Reilly sebagai Hank Marlow
  6.     Jing Tian sebagai San
  7.     Toby Kebbel sebagai Jack Champa
  8.     Terry Nottary sebagai Kong
  9.     Corey Hawkins sebagai Houston Brooks
  10.   Thomas Mann sebagai Slivko
  11.   Shea Whigham sebagai Cole
  12.   Jason Mitchell sebagai Mills
  13.   John Ortiz sebagai Victor Nieves       
  14.   Eugene Cordero sebagai Reles
  15.   Marc Evan Jackson sebagai Woodward


Orientasi 1
            Kong Skull Island merupakan film aksi petualangan fantasi  Amerika tahun 2017 yang disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts dan ditulis oleh Dan Gilroy, Max Borenstein, Derek Connolly dan John Gatins. Film yang diproduksi oleh Warner Bros Pictures dan Legendary Pictures dengan durasi 118 menit. Film ini ternyata  terinspirasi dari Video Game Shadows of the Colossus dan Pokemon.

Orientasi 2
            Para petualang yang terdiri dari para tentara, ilmuwan, dan seorang fotografer meneliti pulau yang belum terpetakan di Samudera Pasifik. Dengan kata lain belum diketahui keberadaannya. Seorang ilmuwan melihat foto pulau tersebut dari satelit. Dari satelit pulau tersebut terlihat seperti pulau tengkorak. Mereka terputus dari kehidupan dan menjelajahi habitat Kong, menimbulkan pertempuran hebat antara manusia dan alam. Ketika misi mereka berubah menjadi usaha menyelamatkan diri, mereka harus melepaskan diri dari sebuah dunia yang liar, dimana tidak ada tempat untuk manusia.

Tafsiran Isi 1
            Pada tahun 1973, saat Amerika mulai menghentikan keterlibatan mereka dalam perang Vietnam. Bill Randa (John Goodman), seorang ilmuwan penggila konspirasi yang tergabung dalam organisasi rahasia pemerintah, mengajukan proposal untuk melakukan penjelajahan pulau tersembunyi yang bernama Skull Island. Setelah diizinkan, Bill Randa meminta untuk dikawal tentara militer dan merekrut Kapten James Conrad (Tom Hiddleston), pelacak legendaris mantan tentara Inggris, penggila perang. Dengan tentara Militer yang dipimpin oleh Letkol Packard (Samuel L.Jackson) beserta skuadronnya, dan seorang fotografer perang, Weaver (Brie Larson). Mereka sampai pada Skull Island, lalu Bill Randa menyuruh tentara militer untuk menjatuhkan bom seismic. Dijatuhkannya bom seismic membuat Kong (Terry Nottary) murka karena daerah kekuasannya dihancurkan. Semua helikopter yang digunakan oleh para penjelajah dibabat habis oleh Kong layaknya menepuk lalat. Banyak nyawa yang melayang, terutama para tentara militer. mereka yang selamat terpecah menjadi 2 tim, tim 1 dipimpin oleh Kapten James Conrad dan tim 2 dipimpin oleh Letkol Packard. Tim yang dipimpin oleh Letkol Packard memilih untuk mencari satu prajuritnya Jack Chapman (Toby Kebbel)  yang masih hidup yang ada di bagian barat pulau, lalu Tim Kapten Conrad pun memilih untuk mengikuti Tim Letkol Packard, namun untuk ke bagian barat pulau tersebut harus melewati tempat tinggal kadal ganas. Lalu, Cole merokok dan membuang puntung rokok sembarangan sehingga membuat tempat kadal ganas itu terbakar karena terdapat gas beracun. Kadal ganas pun akhirnya mencari orang yang menganggu kediamannya. Bill Randa tewas ditelan oleh kadal ganas itu. Dan tengkorak dengan kalung milik Chapman keluar dari mulut kadal ganas tersebut yang berarti menandakan bahwa Chapman telah tewas dimakan kadal ganas itu. Kapten Conrad mencoba memberitahu Letkol Packard namun Letkol Packard tidak merubah keputusan untuk tetap ke lokasi jatuh untuk mencari senjata. Lalu, Kapten James Conrad berpisah dengan tim Letkol Packard. Lalu, pada saat Letkol Packard ingin mengebom Kong, Kapten Conrad dan Weaver mencegahnya. Akhirnya musuh Kong atau kadal ganas muncul karena suara tembakan. Semua orang pun berlari, kecuali Letkol Packard. Dia lebih memilih untuk membunuh Kong. Namun, Letkol Packard pun tewas termakan oleh kadal ganas tersebut.

Tafsiran Isi 2
            Dalam film “Kong Skull Island” sikap moral yang dapat kita ambil adalah sosok pemimpin yang melindungi rakyatnya. Tokoh pemimpin yang ada dalam film ini adalah Kong yang berusaha melindungi suku pulau tengkorak dari serangan musuh. Selain itu,  sikap moral yang dapat kita ambil juga adalah jangan menilai orang lain dari fisik, contoh nyata ketika begitu banyaknya amunisi yang dimuntahkan untuk menyerang Kong, si pemilik pulau yang juga didewakan oleh suku Iwis, penghuni pulau di sana. Di sisi lain, Kong yang digambarkan sebagai primata cerdas dengan tenaga yang mengerikan sesungguhnya dibekali dengan kecerdasan emosi yang sering diabaikan. Hal ini malah bertolak belakang dengan Packard yang sangat emosional dalam mengambil keputusan. Harga mahal harus dibayar oleh tim penjelajah karena semakin korban terus berjatuhan. sifat packard bertolak belakang dengan sifat Kapten James Conrad dan Weaver, pengagum keindahan yang bisa menyentuh hati Kong untuk mati-matian membelanya saat primata purba lain yang juga musuh Kong menebar teror.

Tafsiran Isi 3
            Dalam perjalanannya, Tim Kapten James Conrad kemudian berjumpa dengan Hank Marlow (John C. Reilly), mantan tentara Perang Dunia II yang sudah terdampar di Skull Island selama lebih dari 3 dekade. Hank Marlow memberitahu kepada tim Kapten James Conrad tentang suku Iwis, penghuni di Skull Island. Hank Marlow juga menjadi narator untuk memberitahu karakter Kong sebenarnya adalah pelindung pulau dan punya musuh bebuyutan yang lebih brutal. Kong melindungi Tim Kapten Conrad. Kapten Conrad, Weaver, Marlow, Slivko, San, Brooks, dan  Mills akhirnya selamat dan berhasil kembali ke rumahnya masing-masing. Kong berhasil membunuh kadal ganas tersebut.

Tafsiran Isi 4
            Skull Island merupakan sebuah pulau yang berbentuk tengkorak, pernyataan itu terbukti melalui foto satelit. Pulau tengkorak ini juga menjadi tempat tinggalnya para binatang buas serta binatang raksasa. Namun, pulau ini dilindungi oleh Kong agar binatang buas tidak membunuh binatang raksasa lainnya. Konon katanya, orang yang telah memasuki wilayah pulau tengkorak ini akan hilang seperti orang yang telah melalui segitiga bermuda. Helikopter yang telah memasuki wilayah pulau tengkorak pun hilang tak berjejak. Dari film ini kita bisa melihat bagaimana perjuangan para penjelajah untuk menyelamatkan diri mereka dari binatang buas yang akan memakan mereka, dan melewati berbagai rintangan yang sangat sulit untuk dilalui.

Tafsiran Isi 5
            Berbeda dengan 2 film King Kong sebelumnya yang rilis tahun 1976 dan 2005 Kong : Skull Island ini terlihat lebih buas dan brutal. Jika dibandingkan 2 film Kong sebelumnya, Kong di sini sepertinya layaknya superhero di saat 2 film sebelumnya tersebut. Kong tidak jatuh cinta kepada gadis pirang yang sering berteriak di tangan Kong sepanjang film hingga akhirnya seluncuran es bersama. Kong di sini mirip seperti Godzilla (2014), hal ini menarik bagaimana 2 monster penjaga kehidupan manusia dari serangan monster lain ini pada akhirnya bertarung di Kong vs Godzilla yang rencananya rilis tahun 2020.

Evaluasi
            Film ini mendapatkan review yang positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 77% berdasarkan 277 ulasan, dengan rating rata-rata 6.5/10. Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 62 dari 100, berdasarkan 49 kritik. Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai “B+” dari penonton film untuk skala A+ sampai F. Kelebihan dalam film ini ukuran tubuh Kong jauh lebihh besar dibandingkan film King Kong yang sebelum-sebelumnya karena pada film selanjutnya, Kong akan dihadapkan atau bertarung dengan Raja Monster, Godzilla di film Godzilla vs Kong yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2020 nanti. Kekurangan dalam film ini, efek visual yang ditampilkan bukan jelek atau sangat buruk, ya tidak sampai sebegitunya. Hanya saja seharusnya masih bisa dimaksimalkan. Hebatnyam, kekurangan ini sangat berhasil ditutupi dengan plot pembabakan adegan yang dinamis dan juga kejutan-kejutan yang ada.

Rangkuman
            Film “Kong Skull Island” layak ditonton untuk usia 13 tahun ke atas atau remaja karena dalam film tersebut terdapat sebuah sikap moral yang dapat diterapkan oleh para remaja yaitu sikap untuk menjadi sosok pemimpin yang melindungi rakyatnya. Serta sikap moral untuk tidak menilai orang lain dari fisik, dan dalam mengambil keputusan tidak dengan emosional.        

Sumber :


Diakses pada 27 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar