Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Teks Ulasan Dari Film "Surat Kecil Untuk Tuhan"

Disusun Oleh : Nindy Maharani



Orientasi 1
Film Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan sebuah film yang di adaptasi dari novel dengan judul yang sama berdasarkan kisah nyata tentang Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke penderita kanker Rhabdomyosarcoma sejak tahun 2003. Film drama biografikal yang di rilis pada 7 juli 2011 ini merupakan film garapan Harris Nizam dan di produseri oleh Sarjono Sutrisno.

Orientasi 2
Film ini menceritakan Keke, seorang gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat berada, memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki, orang tua yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajudan sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy.

Tafsiran 1
Pada tahun 2003, kanker mulai menghinggapinya. Wajah cantik Keke berubah menjadi mengerikan. Selama setahun Keke menjalani Kemoterapi dan radiasi yang mengakibatkan rambut Keke mulai rontok, kulitnya mengering dan sering mual-mual. Ayah Keke selalu berusaha mencari cara agar putrinya bisa sembuh. Sahabat-sahabat nya pun selalu menyemangati Keke. Begitu juga dengan Keke yang tetap tegar bersekolah meskipun keadaannya sedang buruk.

Tafsiran 2
Setahun Keke menjalani berbagai macam pengobatan yang menyakitkan. Ketekunan Keke membuahkan hasil yang cukup baik. Kanker yang di deritanya di nyatakan sudah sembuh oleh dokter. Keke pun mulai menjalani aktivitasnya seperti sekolah dan berkumpul bersama sahabat-sahabatnya.

Tafsiran 3
Setelah semuanya berbahagia karena keadaan Keke yang cukup baik dalam waktu yang lama. Namun ternyata kanker itu kembali menghinggapi tubuh Keke dengan lebih parah dan mematikan. Keadaan Keke semakin memburuk. Dokter-dokter yang menangani Keke memvonis bahwa Keke tidak akan bertahan selama tiga bulan. Keke berhasil bertahan selama satu tahun, meskipun begitu akhirnya keke meninggal pada tanggal 26 Desember 2006 akibat kanker yang di deritanya itu.

Evaluasi
Kelebihan dari film karya Harris Nizam ini adalah dapat membuat penonton terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Film ini juga mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.

Kesimpulan
Menurut Saya, banyak terdapat pesan yang ada di dalamnya. Contohnya adalah semangat pantang menyerah, persahabatan dan kasih sayang orang tua yang selalu setia mencari cara untuk menyembuhkan anaknya. Film ini sangat di rekomendasikan pada para remaja untuj di tonton. Karena film mengajarkan tentang sebuah semangat yang pantang menyerah meskipun sudah tidak ada cara lagi dan juga tentang persahabatan yang setia.




Sumber :
1. https://m.detik.com/hot/movie/d-3466494/film-surat-kecil-untuk-tuhan-digarap-dengan-cerita-baru
2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Surat_Kecil_untuk_Tuhan_(film)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar