Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

“Makna Hidup Sesungguhnya” dalam film The Pursuit of Happyness



Disusun oleh :
Nama : Natalia Priskila



Judul Film    : The Pursuit of Happyness

Tahun Rilis  :  15 Desember 2006

Sutradara    :  Gabriele Muccino

Pemain       :   Will Smith sebagai Chris Gardner
                       
                      Jaden Smith sebagai Christopher Gardner Jr.
                       
                      Thandie Newton sebagai Linda Gardner
                        
                      Brian Howe sebagai Jay
                      
                      Dan Castellaneta sebagai Alan Frakesh
                       
                     James Karen sebagai Martin Frohm
                      
                     Kurt Fuller sebagai Walter Ribbon
                        
                     Takayo Fischer sebagai Mrs. Chu



ORIENTASI 1


  
''The Pursuit Of Happyness'' adalah film genre drama yang diadaptasi dari kisah nyata kehidupan chris gardner rumah produksi film ini yaitu Overbrook Entertainment durasi film ini 109 menit dengan pemeran uitama Chris Gardner, Thandie Newton sebagai Linda, Jaden Smith sebagai Christopher


ORIENTASI 2

Cerita film ini dimulai pada tahun 1981 di San Francisco, California. Linda dan Chris Gardner hidup di sebuah apartemen kecil bersama anak mereka yang berusia 5 tahun, Christopher. Chris adalah seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise untuk menjual scanner tulang (Bone Density Scanner) portable. Scanner ini memang mampu menghasilkan gambar lebih baik dari X-ray, tetapi kebanyakan dokter yang ditemui Chris beranggapan bahwa harganya terlalu mahal. 

ORIENTASI  3


Linda, istrinya, bekerja sebagai buruh di sebuah laundry. Keluarga kecil ini mulai terpecah ketika mereka menyadari bahwa mereka tak mampu membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan yang semakin menumpuk. Keadaan diperparah oleh kebiasaan Chris yang memarkir mobilnya sembarangan. Karena tak mampu membayar surat tilang, mobil Chris akhirnya disita. Puncaknya, Linda pergi meninggalkan Chris dan pergi ke New York City. Awalnya ia hendak membawa serta Christopher, namun urung atas permintaan Chris.
Dalam keadaan putus asa, Chris tak sengaja berjumpa dengan seseorang yang membawa Ferari warna merah. Chris bertanya kepada orang itu, pekerjaan apa yang ia lakukan sehingga mampu membeli mobil mewah? Orang tersebut menjawab bahwa ia adalah seorang pialang saham. Sejak saat itu Chris memutuskan untuk berkarier sebagai pialang saham. Chris menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter Reynolds yang menjanjikan pekerjaan bagi peserta magang terbaik. Dalam masa magang yang tak dibayar itu, Chris mulai kehabisan uang. Akhirnya ia diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma. Selama beberapa hari ia tidur di tempat-tempat umum, namun kemudian ia memutuskan untuk tidur di rumah singgah Glide Memorial Chruch. Karena keterbatasan tempat, mereka harus mengantri untuk mendapatkan kamar. Kadang mereka berhasil, kadang gagal dan terpaksa tidur di luar. Kemiskinan dan ke-tunawisma-an ini semakin mendorong tekad Chris untuk menjalankan tugas dengan giat dan mendapatkan pekerjaan di Dean Witter Reynolds.  

ORIENTASI  4


Di akhir cerita, Chris berhasil menjadi peserta terbaik dan diterima bekerja di sana. Beberapa tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan pialang sendiri, Gardner Rich. Pada tahun 2006, ia menjual sebagian kecil sahamnya dan berhasil mendapatkan jutaan dolar dari penjualan itu.

TAFSIRAN  1


Chris adalah seorang salesman yang menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk membeli franchise untuk menjual scanner tulang (Bone Density Scanner) portable. Scanner ini memang mampu menghasilkan gambar lebih baik dari X-ray, tetapi kebanyakan dokter yang ditemui Chris beranggapan bahwa harganya terlalu mahal. Linda, istrinya, bekerja sebagai buruh di sebuah laundry. 

Keluarga kecil ini mulai terpecah ketika mereka menyadari bahwa mereka tak mampu membayar sewa rumah dan tagihan-tagihan yang semakin menumpuk. Kamu punya mimpi... Kamu harus menjaganya. Orang  yang tidak bisa melakukannya akan bilang kamu tidak bisa melakukannya.  Kalau kamu ingin sesuatu,  berusahalah untuk mendapatkannya. Titik.

TAFSIRAN  2


Chris tak sengaja berjumpa dengan seseorang yang membawa Ferari warna merah. Chris bertanya kepada orang itu, pekerjaan apa yang ia lakukan sehingga mampu membeli mobil mewah? Orang tersebut menjawab bahwa ia adalah seorang pialang saham. Sejak saat itu Chris memutuskan untuk berkarier sebagai pialang saham. Chris menerima tawaran magang tanpa dibayar di sebuah perusahaan pialang Dean Witter Reynolds yang menjanjikan pekerjaan bagi peserta magang terbaik. Dalam masa magang yang tak dibayar itu, Chris mulai kehabisan uang. 

Akhirnya ia diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma. Di akhir cerita, Chris berhasil menjadi peserta terbaik dan diterima bekerja di sana. Beberapa tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan pialang sendiri, Gardner Rich. Pada tahun 2006, ia menjual sebagian kecil sahamnya dan berhasil mendapatkan jutaan dolar dari penjualan itu.

Keluarga adalah sumber terbesar kebahagiaan. Meski Chris harus ditinggal oleh pasangannya Linda (Linda Gardner), namun ia memiliki sumber kekuatan kebahagiaan lain yakni anaknya, Christopher. Christopher menjadi teman kala duka dan derita selama menjalani masa-masa sulit. Sasaran penonton film ini untuk Semua usia 

EVALUASI 

Pesan moral dari fil ini Kamu punya mimpi... Kamu harus menjaganya. Orang  yang tidak bisa melakukannya akan bilang kamu tidak bisa melakukannya.  Kalau kamu ingin sesuatu,  berusahalah untuk mendapatkannya. Chris menjiwai peran sebagai pialang saham yang magang tanpa dibayar Dalam masa magang yang tak dibayar itu, Chris mulai kehabisan uang. Akhirnya ia diusir dari rumah sewanya dan menjadi tuna wisma. Berdasarkan kisah nyata tentang seorang pria bernama Christopher Gardner. Gardner telah banyak berinvestasi dalam sebuah perangkat yang disebut "Bone Density Scanner" atau alat pemindai kepadatan tulang. Dia merasa bahwa dirinya telah berhasil membuat perangkat ini. Namun, barang-barang ini ternyata tidak bisa dijual dengan baik karena pada dasarnya perangkat ini lebih baik dari pada teknologi yang ada sekarang yang harus dibeli dengan harga lebih mahal. Gardner tetap mencoba untuk mencari cara bagaimana cara menjual barang-barang ini - sementara istrinya meninggalkannya, ia kehilangan rumahnya, rekening bank ludes, termasuk kartu kredit. Terpaksa hidup di jalanan bersama anaknya, Gardner kini sangat putus asa untuk menemukan sebuah pekerjaan tetap, ia mencoba sebuah pekerjaan baru sebagai pialang saham, namun belum lagi ia menerima gaji, ia harus menjalani enam bulan pelatihan, dan ia masih harus tetap mencoba menjual perangkatnya Pepatah "dibelakang seorang pria yang sukses, pasti ada wanita yang hebat" sudah biasa, namun di belakang seorang pria yang sedang gagal, jarang ada wanita yang bisa bertahan. Sama seperti kenyataan yang dialami oleh Gardner.SoundTracks on IMDb: Memorable quotes and exchanges By Arrangement with Warner Music Group Film & TV Licensing.

Kekurangan dari film ini Will smith yang sering main film aksi kurang cocok main film tentang makna kehidupan berbeda karena film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan chris gardner biaya produksi film ini sebesar $150 juta Pendapatan yang diperoleh $310 juta respon penonton sangat senag menonton film makna kehidupan ini karena film ini bisa ditonton semua usia dan cocok ditonton bersama keluarga

RANGKUMAN

Film yang disadur dari sebuah kisah nyata ini bercerita tentang seorang pria bernama Chris Gardner (Will Smith), yang sangat pintar dan berbakat. Sayangnya dia tidak mendapatkan pekerjaan sesuai talentanya. Dia hanya bekerja sebagai seorang penjual dengan jam kerja paruh waktu, padahal dia harus menghidupi keluarganya. Chris tetap gigih bekerja walaupun semua itu tidak bisa mencukupi kehidupan material mereka. Namun, lama-kelamaan istrinya (Thandie Newton) tidak lagi kuat untuk hidup dibawah tekanan seperti itu. Dia lantas meninggalkan Chris dan putra semata wayang mereka, yang masih berusia lima tahun, Christopher (Jaden Smith). Kini, Chris hidup sebagai orangtua tunggal. Dia tetap berusaha mencari pekerjaan lebih baik dengan bakat yang ia miliki. Akhirnya dia mendapatkan sebuah pekerjaan di sebuah firma broker yang bonafit, sayangnya disana dia tidak digaji. Tapi, ia tetap gigih mengerjakan semua pekerjaannya, dengan harapan setelah program yang dia laksanakan selesai, dia akan mendapatkan pekerjaan lain yang lebih baik dan masa depan yang lebih terjamin.
Sebelum cita-citanya tercapai, Chris dan Christopher menghadapi masalah lain dalam hidup mereka. Hal terburuk muncul saat mereka diusir dari apartemen yang selama ini mereka tempati karena tidak bisa membayar uang sewa. Mereka harus berjuang untuk hidup di tempat pengungsian, terminal bis, kamar mandi, atau tempat lainnya yang mereka temui di malam hari. Meski hidup mereka semakin sulit, Chris tetap berpegang teguh pada pendiriannya untuk menjadi ayah yang penyayang untuk anaknya. Berbekal kasih sayang dan rasa percaya dari Christopher, dia merasa lebih kuat dan mampu menghadapi segala rintangan yang ada. Film ini layak untuk ditonton karna bercerita tentang makna kehidupan 

sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/The_Pursuit_of_Happyness
2. http://sukarto.com/film-the-pursuit-of-happyness/
3. http://www.kompasiana.com/achmadsiddikthoha/makna-kebahagiaan-dalam-film-the-pursuit-of-happyness_551b3865813311b37f9de496
 

    


    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar