Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 27 Mei 2017

Karena Cinta Harus Dirasa, Bukan Dimengerti "Winter In Tokyo"

Disusun oleh : Syifa Rizki Fauziyah


Judul Film    : Winter In Tokyo
Tahun Rilis  : 1 Agustus 2016
Sutradara     : Fajar Bustomi
Pemain        : - Pamela Bowie sebagai Ishida Keiko
                       - Dion Wiyoko sebagai Nishimura Kazuto
                       - Morgan Oey sebagai Kitano Akira
                       - Kimberly Ryder sebagai Yuri
                       - Ferry Salim sebagai Shinzo
                      - Brandon Salim sebagai Tomoyuki
                      - Brigitta Cynthia sebagai Haruka

Orientasi
Film Winter In Tokyo ini bergenre drama romantis. Film ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama yaitu " Winter In Tokyo"  karya Ilana Tan yang merupakan novel kedua dari tetralogi empat musim. Film ini diproduksi oleh Unlimited Production, Maxima Pictures.       Film "Winter in Tokyo" bercerita tentang Ishida Keiko (Pamela Bowie) dan Nishimura Kazuto (Dion Wiyoko). Keiko adalah seorang wanita cantik keturunan Jepang-Indonesia, dan ia tinggal di pinggiran  kota Tokyo. Saat musim salju tiba, Keiko (Pamela Bowie) bertemu dengan pria tampan bernama Kazuto (Dion Wiyoko). Kazuto merupakan tetangga barunya yang baru saja pulang dari Amerika setelah lama tinggal disana kurang lebih 10 tahun lamanya. Karena mereka saling bertemu dan sering bersama , akhirnya rasa cinta pun mulai tumbuh di antara mereka berdua. Sayangnnya cinta keiko kepada Kazuto kalah dengan cinta pertamanya, Keiko lebih memilih Kitano Akira. Setelah hal itu, kejadian naas terjadi kepada kazuto, kazuto mengalami kecelakaan sampai mengakibatkan ia lupa ingatan. Semenjak itu Keito mulai menyadari cintanya kepada Kazuto dan merasakan kehilangan sosok pria yang sangat berarti di kehidupannya.
   Film yang berdurasi 103 menit ini di perani oleh  :
1.Pamela Bowie sebagai Ishida Keiko
2. Dion Wiyoko sebagai Nishimura Kazuto
3. Kimberly Ryder sebagai Yuri
4. Morgan Oey sebagai Kitano Akira
5. Ferry Salim sebagai Shinzo
6. Brandon Nicholas Salim sebagai Tomoyuki
7. Brigitta Cynthia sebagai Haruka



Tafsiran Isi 1      
Kazuto yang sakit hati karena wanita yang dicintainya, Iwamoto Yuri, akan menikah dengan sahabatnya sendiri, Jason, pergi ke Jepang setelah 10 tahun tidak pernah menginjakkan kaki di negeri Sakura itu. Di Jepang ia hanya ingin menenangkan hati dan melupakan Yuri, kalau ia bisa. Itulah alasan mengapa ia memilih apartemen kecil di pinggiran kota, agar bisa menenangkan hati dan agar bisa terhindar dari jangkauan orangtuanya, yang kemungkinan besar akan menariknya kembali ke New York kalau mereka mengetahui tempat tinggal Kazuto. Di apartemen itu, ia bertetangga dengan Ishida Keiko. Kali pertama mereka bertemu, bukanlah hal yang menyenangkan. Kazuto dikira pingsan oleh Keiko, sehingga gadis itu mengendap-endap di depan pintu Kazuto. Kazuto yang cepat-cepat membuka pintu, mengejutkan Keiko dan Keiko pun tersungkur. Bukan pertemuan pertama yang diimpi-impikan kita, kan? Tetapi pertemuan itulah yang akan merubah perasaan mereka berdua terhadap satu sama lain.
Tafsiran Isi 2
Dari pertama bertemu, Kazuto memang merasa ada yang aneh dari Keiko ini, bukan aneh dalam hal negatif. Ia merasa nyaman, senang, tenang, dan yang paling penting, ia bisa melupakan Yuri saat bersama dengan Keiko. Ia sama sekali tidak memikirkan Yuri. Kazuto dengan tidak sengaja melihat Keiko saat berjalan-jalan, lalu ia memotret Keiko beberapa kali. Saat orang-orang lain melihat foto tersebut, mereka mengatakan bahwa Kazuto tidak mungkin memotret sebagus ini kalau tidak tertarik.
Tafsiran Isi 3
 “Kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap?” - Nishimura Kazuto Kata-kata itu membuat saya yakin kalau Kazuto itu laki-laki yang romantis. Ia membuat langit-langit Keiko dipenuhi bintang yang menyala saat gelap. Seakan-akan ia tidak spesial. Ia juga meminta Keiko untuk melupakan Kitano Akira, cinta pertama Keiko, saat mereka kencan di malam natal.
Tafsiran isi 4
Saat pulang, Sato Haruka sedang diganggu oleh seorang laki-laki. Tomoyuki dan Kazuto yang melihat pun langsung menolong Haruka. Tetapi laki-laki yang mengganggu Haruka itu membalas dendam. Kazuto akhirnya amnesia. Amnesia yang dialami Kazuto bukan yang permanen, Kazuto hanya lupa akan 1 bulan terakhir yang ia habiskan di Jepang, yang ia habiskan bersama Keiko. Laki-laki itu lupa akan kebersamaannya dengan gadis tetangganya, akan perasaannya terhadap Keiko, akan janjinya yang akan ia sampaikan setelah Keiko kembali lagi ke Tokyo, ia lupa semua itu. Saat ia lupa akan Keiko, Iwamoto Yuri, gadis yang dulu ia cintai justru datang ke Jepang.
Tafsiran Isi 5
Keiko dan Kazuto tidak sengaja bertemu di acara reuni, Kazuto yang tidak mengingat Keiko, masih tetap merasakan sesuatu saat Keiko mendekati dirinya. Darisana, barulah Kazuto tahu kalau ia tinggal di apartemen. Sebelumnya, Kazuto sama sekali tidak ingat ia tinggal dimana. Yuri beberapa kali datang ke apartemen Kazuto, nah disini saya sebel sama Yuri. Dia cemburu dan jadi melakukan hal yang seharusnya tidak ia lakukan. Yuri mencuri foto-foto hasil potretan Kazuto semenjak ia datang ke Tokyo. Karena ada foto-foto gadis itu, ada foto-foto Keiko. Seharusnya kalau Kazuto melihat foto-foto itu, ia pasti sudah tahu kalau ia memiliki perasaan terhadap Keiko. Kazuto berteman dengan Kitano Akira, seorang dokter yang merupakan teman kecilnya, yang juga cinta pertamanya Keiko. Saat Kazuto amnesia, Akira dan Keiko jadi lebih dekat dari sebelumnya. Kazutopun merasakannya, ia tahu kalau temannya itu menyukai tetangganya. Lalu Kazuto mengucapkan kata-kata yang juga membuat hatinya terasa sakit. Ia berkata pada Keiko untuk menerima temannya, menerima perasaan Akira. Keiko yang kaget, sedih, dan kecewa saat mendengarnya, segera melupakan harapan-harapan yang ia miliki. Harapan bahwa Kazuto akan mengingatnya lagi. Keiko pun menghindari Kazuto sebisa mungkin.
Tafsiran Isi 6
Tetapi takdir berkata lain. Kazuto yang amnesia, tetap menyukai Keiko pada akhirnya. Lalu mereka kembali bersama. Satu hal lagi, sebenarnya, cinta pertama Keiko bukanlah Akira, melainkan Kazuto. Jadi, Keiko kehilangan kalungnya dan ia dibantu oleh seorang laki-laki bertopi biru. Keiko lalu bertanya pada saudara kembarnya, Naomi, yang mengenal banyak orang. "Siapa nama laki-laki itu?" "Laki-laki yang mana?" lalu Keiko berkata sambil menunjuk ke seberang, yang memakai topi biru. Naomi menjawab, "Kitano Akira." Padahal sebelumnya, Kazuto meminjamkan topinya pada Akira karena Akira botak. Sejak itu Keiko mengira Kitano Akira adalah cinta pertamanya. Inilah yang ingin Kazuto sampaikan pada Keiko, sebelum dia amnesia.
Tafsiran isi 7
Sasaran penonton pada film ini adalah para remaja dan kalangan muda yang menyukai drama romantis. Alhasil, pemeran yang membintangi film ini juga sudah akrab dikalangan muda, seperti Dion Wiyoko dan Pamela Bowie yang berperan sebagai Nishimura Kazuto dan Ishida Keiko. Selain kedua pemeran utama tersebut juga ada Morgan Oey (Kitano Akira), Kimberly Rider (Yuri), Brandon Salim (Tomoyuki), Brigitta Cynthia (Haruka), dan Ferry Salim (Shinzo).
Evaluasi
   Kekurangan pada film Winter In Tokyo ini yaitu masih ada bahasa yang tidak baku dan para pemain masih ada yang menggunakan sedikit bahasa Jepang sehingga sedikit susah dimengerti.    Adapun kelebihan pada film ini yaitu :  Judulnya menarik,  Konflik apada film ini juga menarik dan tidak berlebihan, Para pemain sangat menjiwai perannya. Dalam proses syutingnya pun terdapat banyak cerita menarik seperti kedinginan dalam pelaksanaan syuting, karena pada saat itu di Jepang sedang musim hujan dan salah satu pemain Winter In Tokyo yaitu Morgan Oey mengaku sulit menahan nafsu makan selama syuting di Negeri Matahari Terbit itu. Morgan menilai makanan di Jepang itu sangat nikmat. Jumlah penonton Winter in Tokyo produksi Unlimited Production dan Maxima Pictures meraup 57.446 penonton selama periode 15-22 Agustus.
Rangkuman
Kesimpulan dari film ini adalah tentang Keiko (Pamela Bowie), seorang wanita blesteran Indonesia-Jepang yang tinggal di sebuah apartemen di pinggiran Kota Tokyo. Keiko berkerja sebagai petugas perpustakaan. Keiko masih menyimpan sebuah impian untuk bisa bertemu kembali dengan cinta pertamanya yang bernama Kitano Akira (Morgan Oey). Disisi lain, Nishimura Kazuto memutuskan kembali ke Tokyo setelah bertahun-tahun tinggal di NewYork, hal itu disebabkan karena wanita yang selama ini ia cintai, Iwamato Yuri (Kemberly Ryder) memutuskan untuk menikah dengan pria lain.
Jadi, makna dalam film Winter In Tokyo adalah Pengorbanan dan Perjuangan cinta yang tidak sia-sia.
 Film ini sangat layak karena alur ceritanya sangat menarik, cocok untuk kalangan muda atau remaja.  Film ini juga mengajarkan kita untuk saling menghargai satu samalain, dan kita juga dapat mengetahui beberapa kebudayaan Jepang yang tidak ada di Indonesia.

Sumber :
SINOPSIS Winter in Tokyo (2016) - Kisah Cinta di Musim Dingin
http://sinopsisfilmbaru.com/sinopsis-winter-in-tokyo-2016/
ulasan film winter
Ulasan Novel "Winter in Tokyo" - - Fiksiana - Kompasiana
http://fiksiana.kompasiana.com/angeeeeeeeeeeeel/ulasan-novel-winter-in-tokyo_56d1991c8d7a61212238c654

Tidak ada komentar:

Posting Komentar