Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 24 Mei 2017

Teks Eksplanasi : Tornado Api

Oleh : Iqbal Aldiansyah


Pernyataan umum

Tornado, yaitu angin yang berhembus yang berbentuk seperti corong. Tornado sangat berbahaya, akan tetapi tornado api lebih berbahaya dari tornado biasa sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pula. Tornado api adalah tornado atau pusaran angin yang muncul atau melintas di wilayah yang sedang terbakar. Tornado tersebut bisa menggulungkan apa saja yang ada dihadapannya sekaligus membakarnya sehingga menjadi abu, pasalnya temperatur dipusat inti tornado api ini bisa mencapai lebih dari 1000° C, cukup panas untuk membakar debu yang terhisap oleh tornado, bahkan bisa melelehkan besi sekalipun. Fenomena tornado api terjadi pada daratan kering dan cuaca panas yang dapat menimbulkan kebakaran, misalnya di padang rumput atau hutan yang mengalami kekeringan panjang atau sedang terbakar. Selain itu bisa juga terjadi disekitar bangunan yang sedang terbakar.

Sebab-Akibat

Proses terjadinya tornado api adalah udara di atas lahan yang terbakar ini akan memanas dan bergerak ke atas, udara yang lebih dingin dan daerah ini disekitarnya berebut masuk mengisi udara yang kosong. Sementara itu angin yang panas terus-menerus didaur ulang juga terus bergerak ke atas dalam kecepatan yang mengagumkan. Angin yang menuju ke atas dapat mencapai suatu titik pemicu yang dapat memunculkan badai api, pada titik ini api kebakaran di daratan akan tersedot ke atas begitu juga dengan rumah-rumah, mobil, dan benda-benda lainnya yang berada di tanah karena angin panas ini, lalu api yang terbang di udara tersedot. angin yang panas akan membakar puing-puing bangunan dan benda-benda yang ikut terbang menciptakan sebuah tornado yang maha panas dan maha dashyat.

Setelah berbentuk tornado api akan sulit untuk dipadamkan, satu-satunya cara hanyalah menunggu semua udara habis tersedot dan pada akhirnya tornado api yang akan padam dan menciptakan hujan hitam. Pada saat tornado api besar masih berlangsung besi-besi bangunan dan mobil akan meleleh oleh suhu tornado api yang menxapai lebih dari 1000° C, selanjutnya besi-besi ini akan terlempar ke segala penjuru oleh angin dan sangat berbahaya bagi manusia jika berada tak jauh dari sekitar lokasi. SecaraSecara sederhana namun, tornado api terjadi bila ada api atau kebakaran di daratan dan angin yang berputar kencang di udara, angin itu bertiup berputar ditambah lagi adanya kebakaran yang hebat menyebabkan api dan memutarnya hingga membentuk lengan api panjang yang tingginya bisa mencapai 30 meter.

Tornado api ini ialah fenomena alam yang lebih berbahaya daripada tornado biasa. Selain hantamannya yang keras yang membuat puing-puing berterbangan yang menyebabkan bangunan dan sebagainya rusak. Juga panas dan panasnya melebihi normal, yaitu sebesar 1000° C. Karena kita tidak dapat mencegah aadanya tornado tersebut, kita bisa mempelajarinya kita bisa mengungsi ke tempat yang lebih aman sebelum bencana terjadi dan melanda kita. Selain di Brazil di negara Indonesia juga ada, tepatnya di Sumatera Selatan. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Williem Rampangilei menunjukkan video kebakaran hutan di Sumatera Selatan. Tornado api ini terjadi karena penyebab El Nino


Daftar pustaka

Berita internet
Http://www.wowkere.com/berita/tampil/00025388.html 
diakses pada 24-03-2017 pukul 11:10 WIB

Internet
Http://taslamgustino.blogspot.co.id/2016/03/teks-eksplanasi.html 
diakses pada 24-03-2017 pukul 11:15 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar