Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

Penyalahgunaan Narkoba

Disusun oleh : Kalila Azkya


Pernyataan Umum

Narkoba merupakan kepanjangan dari narkotika dan obat-obatan. Berdasarkan ketentuan dalam pasal 1 angka 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, bahwa narkoba adalah zat adiktif yang tergolong psikotrpika yang berasal dari tanaman dan non tanamanyang dapat menimbulkan perubahan kesadaran dan hilangnya rasa atau nyeri pada seseorang. Zat ini juga sering disebut sebagai obat penenang. Biasanya, senyawa tersebut digunakan dokter untuk membius pasien saat menjelang operasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu. Tetapi sekarang banyak yang menyalahgunakan tanpa anjuran dokter.

Pasalnya, narkoba sering kali dijual bebas, pemerintah seringkali luput dan terlambat dalam mendeteksi kejahatan ini. Akibatnya, bandar bandar narkoba sering memanfaaatkan situasi tersebut untuk menjerat korbannya. Apabila tidak didasri dengan akal sehat, tentu saja korban akan terjerumus.

Urutan Sebab Akibat

Stress, kacau, bingung dan problematik bisa menjadikan seseorang kehilangan kesadarannya dan biasanya menjadikan seseorang berfikir pendek untuk mencari ketenangan yaitu mengonsumsi atau menggunakan narkoba tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan setelah memakainya. Ketika seseorang telah mencobanya mereka akan merasa ketergantungan terhadap zat ini. Padahal efek buruknya belum tentu dapat dirasakan dalam jangka waktu yang pendek, tetapi dapat menimbulkan kontraksi yang membahayakan dan berkepanjangan serta menyebabkan kematian.

Urutan Sebab Akibat

Tekanan jiwa seseorang yang menggunakannya akan mendorong agar senyawa tersebut terpenuhi. Tidak hanya menjerat orang tua daan dewasa namun juga anak anak muda. Hasil penelitian lembaga survei BNN (Badan Narkotika Nasional) sepanjang tahun 2014 sudah ada 4.986 kasus. Jumlah tersebut yang paling banyak diantara kasus pidana lainnya. Apabila narkoba masih terus di salah gunakan maka generasi muda akan rusak dan hancur. Sehingga pemerintah harus menindak cepat kasus narkoba ini dan melakukan pencegahan serta pemberantasan masalah ini dengan masyarakat.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Narkoba 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar