Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 27 November 2017

B.I : Sang Pekerja Keras dengan Tetap Menjadi Diri Sendiri



Disusun oleh: Novi Santika Sari



1.    B.I, yang memiliki nama asli Kim Hanbin, lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 22 Oktober 1996. B.I adalah penyanyi rap asal Korea Selatan dan pemimpin grup asal YG Entertainment, iKON, yang dulu lebih dikenal sebagai Tim B di progam MNET Who Is Next : WIN pada tahun 2013. B.I merupakan anak dari seorang mantan salah satu CEO rumah entertainment di Korea namun mengundurkan diri karena suatu perihal. B.I merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Ia memiliki satu adik perempuan yang bernama Kim Hanbyul yang terpaut umur cukup jauh dengannya. Ibu B.I memiliki sebuah toko besar dan menjual produk parfum produksinya. B.I hanya mengenyam pendidikan sampai di bangku SMP saja karena dia diharuskan fokus sebagai trainee dari YG Entertainment.
2.    B.I tampil di publik pertama kali pada tahun 2006 sebagai penyanyi rap di lagu “Indian Boy” milik MC Mong. Selain itu, ia juga tampil sebagai kameo di musik video “Horror Show” milik MC Mong. Karena keinginannya yang besar sebagai penyanyi rap, B.I bergabung sebagai trainee YG Entertainment pada Januari 2011 bersama dua rekan trainee lainnya, Bobby dan Kim Jinhwan, dan membetuk awal formasi Tim B. B.I dipilih sebagai pemimpin dari Tim B oleh Yang Hyunsuk, yang tidak lain adalah CEO dari YG Entertainment. Ia percaya bahwa B.I memiliki jiwa pemimpin yang tidak dimiliki oleh yang lain. Sebagai pemimpin dari Tim B, B.I memimpin dan membuat koreografi serta aransemen lagu untuk timnya. Di usianya yang masih muda, ia harus menanggung beban dari kelima anggota Tim B-nya. B.I selalu berusaha keras dan memberikan yang terbaik untuk timnya demi mencapai debut timnya. Namun sayangnya, pada tahun 2013 Tim B harus menerima kekalahannya dari Tim A.
3.    Pada Mei 2014, YG Entertainment mengumumkan bahwa B.I dan Bobby akan bergabung dalam program kompetisi rap Show Me the Money 3. Dibawah bimbingan mentor timnya, Masta Wu dan Tablo dari Epik High, B.I merilis singel buatannya yang berjudul "BE I”. Lagu “BE I” sendiri dia buat pada saat kondisi dia terpuruk karena lupa lirik pada penampilannya di Show Me the Money 3. Karena insiden tersebut, B.I mendapatkan komentar buruk dari netizen. Hal tersebut membuat B.I mengalami depresi. Di lagu tersebut B.I mengutarakan isi hatinya bahwa dia sangat depresi, dia juga ingin membuktikan bahwa dirinya mampu untuk bersaing dan mampu menduduki peringkat atas. Dia juga mengutarakan bahwa dia hanya bisa menjadi dirinya sendiri, dia tidak bisa berpura-pura sebagai orang lain demi mendapat perhatian dari para penonton. Setelah berhasil menduduki posisi delapan besar, pada episode 7 B.I tereliminasi dari progam tersebut.
4.    Menyusul berakhirnya program Show Me The Money 3, YG Entertainment mengumumkan bahwa anggota Tim B akan kembali berkompetisi dalam program realitas lainnya yang berjudul MIX & MATCH. B.I, Bobby dan Jinhwan telah dikonfirmasi akan mengisi tiga dari tujuh posisi yang tersedia sebagai anggota resmi iKON, sementara sisa tiga anggota Tim B akan berkompetisi dengan tiga trainee baru untuk memperebutkan empat posisi yang tersisa. Meskipun sudah ditetapkan sebagai anggota tetap dan pemimpin dari iKON, B.I diharuskan lagi untuk memimpin, membuat koreografi, dan mengaransemen lagu untuk iKON. Akhirnya pada tanggal 15 September 2015, B.I berhasil debut bersama iKON dengan album debut mereka, Welcome Back.
5.    Lagu yang sudah B.I buat dari sebelum ia debut bersama iKON terhitung ada delapan lagu. Salah satunya adalah lagu yang berjudul “Empty” adalah lagu dari hasil aransemennya yang ia beri kepada Tim A sebagai hadiah dan digunakan sebagai lagu debut Tim A. Lagu “Empty” sendiri berhasil menduduki peringkat satu di beberapa tangga musik di Korea serta berhasil membuat Tim A membawa pulang piala dari beberapa program musik. B.I sendiri merupakan produser dari album iKON yang bertajuk “Welcome Back”. Di album tersebut terdapat 12 lagu hasil aransemen B.I. Lagu yang berjudul “APOLOGY” dan “DUMB & DUMBER” berhasil membuat iKON membawa 8 piala dari berbagai program musik. Karena kerja keras B.I dalam memimpin grup, B.I bersama iKON berhasil membawa 15 piala kemenangan dari berbagai ajang penghargaan baik di Korea, Cina, dan juga Jepang. Hal tersebut membuat para netizen menyebut B.I dan grupnya sebagai Rookie Monster tahun 2015 dan 2016. B.I dan grupnya juga berhasil melakukan hampir 70 kali konser pada tahun 2016 sampai 2017. Mereka melakukan konser tur besar-besaran di Asia. Hal tersebut membuat netizen kagum dan memuji B.I dalam memimpin grupnya.
6. B.I merupakan sosok yang pekerja keras dan pantang menyerah dalam menggapai keinginannya. Dia juga merupakan pemimpin yang tegas dan berpemikiran luas untuk anggota grupnya. Sudah sepantasnya ia dikagumi melalui sifatnya yang tegas, pekerja keras, pantang menyerah, dan tetap menjadi dirinya sendiri. Perjuangannya dalam menggapai keinginannya telah menjadi suatu motivasi bagi para penggemarnya.


Daftar Pustaka

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar