Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

GEMPA BUMI

Disusun oleh: Kevin


Pernyataan umum:
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Menurut penyebab terjadinya, gempa bumi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: gempa vulkanik, gempa tektonik, gempa runtuhan.
Urutan sebab-akibat: Gempa vulkanik terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi.
Urutan sebab-akibat: Gempa tektonik disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.

Urutan sebab-akibat:
Gempa runtuhan yang disebabkan oleh tanah longsor, gua-gua yang runtuh, dan sejenisnya disebut gempa runtuhan atau terban. Tipe gempa seperti ini hanya berdampak kecil dan wilayahnya sempit. Gempa Bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempa bumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.

Urutan sebab-akibat: 
Cara menghadapi gempa bumi bila di dalam rumah adalah jangan panik dan jangan berlari keluar, berlindunglah di bawah meja atau tempat tidur.Bila tidak ada, lindungilah kepala dengan bantal atau benda lainnya.Jauhi rak buku, lemari dan kaca jendela.Hati-hati terhadap langit-langit yang mungkin runtuh, benda-benda yang tergantung di dinding dan sebagainya.
Urutan sebab-akibat: Cara menghadapi gempa bumi bila berada di luar ruangan adalah jauhi bangunan tinggi, dinding, tebing terjal, pusat listrik dan tiang listrik, papan reklame, pohon yang tinggi dan sebagainya.Usahakan dapat mencapai daerah yang terbuka.Jauhi rak-rak dan kaca jendela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar