Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 01 Mei 2017

AURORA

Disusun oleh : Annisa Fauziyah 

Pernyataan umum
Aurora adalah peredaran cahaya yang terdapat diatas cakrawala daerah yang berada dilintang yang tinggi atau efek cahaya yang seolah menari-nari diatas langit dengan berbagai warna karena adanya pembelokan arah angin atau interaksi antara medan magnetik sebuah planet dengan partikel molekul di atmosfer yang dipancarkan oleh matahari (angin surya). Di bumi aurora banyak terjadi didaerah kutub utara dan kutub selatan magnetiknya.

Sebab Akibat
Aurora terjadi karena tumpukan atom-atom yang mengenai partkel-partikel yang memiliki muatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari matahari, partikel-partikel ini kemudian terlempar dengan kecepatan tinggi yang lebih dari 500 mil per detik, kemudian terhisap oleh medan magnet bumi yang berada disekitar kutub utara dan kutub selatan yang kemudian menimbulkan cahaya berwarna.
Cahaya berwarna ini muncul akibat benturan partikel dan atom yang berbeda. Beberapa warna aurora yang dihasilkan karena  :
Ø  Aurora hijau terjadi Karena benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen .
Ø  Aurora merah terjadi Karena benturan partkel electron dengan atom oksigen.
Ø  Aurora kuning terjadi karena benturan partikel bermuatan dengan atom oksigen .
Ø  Aurora biru terjadi karena terjadnya tabrakan antara pertikel dengan nitrogen.

Aurora yang ada didaerah kutub utara dikenal dengan nama aurora borealis (didapat dari nama yunani untuk angin utara, yaitu boreas) karena sering terlihat kemerah-merahan diufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Sedangkan aurora dari daerah kutub selatan dinamakan aurora australis, aurora ini mempunyai sifat-sifat serupa seperti aurora borealis, tetapi kadang-kadang aurora ini muncul di puncak gunung diiklim tropis. Aurora borealis paling sering disaksikan di Fairbanks, Alaska, dan beberapalokasi di Kanada Timur, Islandia dan Skandinavia Utara. Aurora australis paling jarang terlihat karena aurora ini  biasanya justru terlihat terang di daerah yang jarang penduduknya.
            Penampakan aurora tidak sama antara satu tempat dengan daerah lainnya, karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti lokasi, cuaca dan tingkat polusi suatu tempat. Cahaya aurora akan jelas terlihat pada tengah malam dan mulai memudar menjelang fajar, formasi yang sering terbentuk menyerupai pita-pita dengan warna hijau, merah, kuning, dan biru. Aurora dapat dilihat secara langsung di daerah-daerah lintang tinggi seperti, Kanada, Alaska Amerika Serikat, Skandinavia Utara dan New Zealand.

Daftar pusaka :


Diakses pada Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar