Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Pemukiman Kumuh Di Perkotaan
Disusun Oleh : Rizki Andrea Putri

 
Pernyataan umum :
Pemukiman kumuh adalah kawasan yang lokasi penyebarannya secara geografis terdesak perkembangan kota yang semula baik, lambat laun menjadi kumuh yang di sebabkan oleh adanya mobilitas sosial ekonomi yang stagnan. Pemukiman kumuh selalu menempati lahan dekat pasar kerja (non formal), ada sistem angkutan yang memadai dan dapat di manfaatkan secara umum walau tidak selalu murah.
Urutan sebab-akibat :
Kemiskinan merupakan salah satu penyebab timbulnya pemukiman kumuh di kawasan perkotaan. Masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh pada umumnya terdiri dari golongan-golongan yang tidak berhasil mencapai kehidupan yang layak. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang menjadi pengangguran, gelandangan, dan pengemis yang sangat rentan terhadap terjadinya perilaku menyimpang dan berbagai tingkat tindak kejahatan. Wujud perilaku menyimpang di pemukiman kumuh ini berupa perbuatan tidak disiplin lingkungan seperti membuang sampah dan kotoran di berbagai tempat, menghindari pajak, tidak memiliki KTP, dan menghindar dari kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti, gotong royong dan kegiatan sosial lainnya.

Urutan sebab-akibat :
Tidak tersedianya fasilitas perumahan yang terjangkau oleh masyarakat yang kurang mampu serta kebutuhan akan akses ketempat usaha menjadi penyebab timbulnya lingkungan pemukiman kumuh di perkotaan. Selain itu, ledakan penduduk di kota-kota besar, baik karena urbanisasi maupun karena kelahiran yang tidak terkendali, sehingga mengakibatkan para pendatang akan mencari alternatif tinggal di pemukiman kumuh untuk mempertahankan kehidupan di kota.
Urutan sebab-akibat :
Pada dasarnya kemiskinan dapat di tanggulangi dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan pemerataan, peningkatan lapangan pekerjaan dan pendapatan kelompok miskin dan pengembangan institusi penanggulangan kemiskinan. Pelayanan dasar ini dapat di wujudkan dengan peningkatan air bersih, sanitiasi, penyediaan serta usaha perbaikan perumahan dan lingkungan pemukiman pada umumnya. Pemerintah Kota Community Development Kementrian Pekerjaan Umum dan Perubahan Rakyat perlu memetakan pemukiman kumuh tingkat kota agar dapat mengintegrasikan program kegiatan untuk penataan.
Urutan sebab-akibat :
Selain usaha dari pemerintah di harapkan masyarakat juga ikut terlibat dalam mengatasi pemukiman kumuh di perkotaan. Sehingga di perlukan kerja sama antara Pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat untuk mengatasi adanya pemukiman kumuh. Namun pemukiman kumuh tidak dapat diatasi dengan pembangunan fisik semata-mata tetapi yang lebih penting yaitu, mengubah perilaku dan budaya dari masyarakat di kawasan kumuh. Jadi, masyarakat juga harus menjaga lingkungannya agar tetap bersih, rapi, teratur, dan indah. Sehingga akan tercipta lingkungan yang nyaman, tertib, dan asri.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar