Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Refrain: Saat Cinta Selalu Berpulang




Disusun Oleh: Darmeilia Wanda Pratiwi





Judul film             : Refrain
Tahun                   : 2013
Sutradara             : Fajar Nugros
Pemain                : 1. Maudy Ayunda sebagai Niki
                              2. Afgansyah Reza sebagai Nata
                              3. Chelsea Islan sebagai Annalise
                              4. Maxime Bouttier sebagai Oliver
 

Orientasi:
Film Refrain ini diadaptasi dark novel yang berjudul sama dan ditulis oleh Winna Efendi. Film ini sudah diangkat menjadi film layar lebar pada 20 Juni 2013 yang disutradarai oleh Fajar Nugros, skenario film Refrain ditulis oleh Haqi Achmad. Film ini termasuk dalam kategori drama-romantis dan menceritakan tentang dua orang Yang sudah bersahabat sejak kecil. Yaitu Niki dan Nata.

Tafsiran Isi:
"Refrain" berkisah tentang perjalanan Niki Yang diperankan oleh Maudy Ayunda dan Nata yang diperankan oleh Afgansyah Reza dalam menemukan cinta mereka. Niki dan Nata adalah dua sahabat sejak kecil, kalau ada Niki pasti ada Nata begitu juga sebaliknya. Namun persahabatan mereka putus karena Niki menyukai Oliver Yang diperankan oleh Maxime Bouttier dan Nata yang tidak suka melihat Niki dan Oliver jadian.
Kejadian ini dimulai ketika Oliver yang bertanding basket disekolah Niki Dan pada saat itu Niki menjadi tim cheerleaders untuk mendukung tim basket sekolahnya. Oliver mulai mendekati Niki dengan cara meminta nomor handphone-nya dan saat itu Oliver dan Niki menjadi sangat dekat. Nata yang melihat Niki akhir-akhir ini jarang pulang bareng bersamanya sangat tidak suka karena menurut Nata semenjak Niki dekat dengan Oliver persahabatan mereka semakin lama semakin merenggang. Namun ada sosok Annalise yang diperankan oleh Chelsea Islan yang diam-diam menyukai Nata. Semenjak Niki menjauh dari Nata, Annalise selalu sda disamping Nata menggantikan peran Niki. Namun Nata ternyata menyayangi Niki lebih dari sahabat. Sayangnya, Nata tidak berani mengungkapkan perasaannya dan juga karena Niki kini telah berpacaran dengan Oliver. Diam-diam Annalise pun menyimpan perasaan terhadap Nata hingga akhirnya ia mengetahui bahwa Nata memberikan perasaannya hanya kepada Niki ketika ia mendengar Nata berkata menyayangi Niki disaat sedang berasa dirumah sakit.
Keesokan harinya Annalise memilih untuk tidak masuk sekolah. Karena khawatir, Niki Dan Nata berkunjung kerumah Annalise. Annalise yang sedang menangis seraya mentapi foto-foto Nata terkejut ketika menyadari kedatangan kedua temannya itu hingga akhirnya secara tidak sengaja menjatuhkan foto-foto itu ke kolam. Langsung saja Nata dan Niki melihat itu semua, sementara Annalise sudah lari masuk kedalam rumah. Tak lama kemudian Nata mengejarnya disusul dengan Niki. Ketika sampai didalam rumah Nata kemudian bertanya spa maksud semua foto itu. Annalise berkata dengan jujur bahwa ia menyayangi Nata. Nata yang mendengar itu pun terkejut dan akhirnya Nata juga berkata jujur bahwa ia telah menyayangi Niki. Tepat disaat Nata berkata itu muncul Niki yang kemudian segera berlari meninggalkan Annalise dan Nata. Persahabatan mereka pun berantakan, Niki memilih untuk berteman dengan Helena yang diperankan oleh Stevani Nepa. Sementara Nata dan Annalise tetap berteman namun menjadi agak terpisah. Nata mencoba berbicara kepada Niki namun sayangnya Niki telah mencoba melupakannya.
Ujian Nasional sudah terlaksana, namun ketiga sahabat ini terpecah dan Niki tetap mempertahankan sikapnya untuk melupakan Nata. Seperti sekolah lainnya, sekolah Niki pun mengadakan malam prom untuk merayakan kelulusan mereka. Sebelum malam prom tiba Niki dan Oliver telah berjanji untuk pergi bersama, namun disaat malam tiba Oliver memberitahu Niki bahwa ia tidak dapat pergi bersama sehingga Niki pun pergi sendiri ke acara prom. Malam prom pun tampak lancar hingga ketika Niki melihat Oliver pergi keacara prom bersama Helena. Niki pun menghampiri Oliver, Niki memarahi dan hendak memaham Oliver. Namun tangan Niki berhasil ditahan oleh Helena. Nata yang sedari tadi sudah memperhatikan kejadian itu segera melepaskan tangan Helena dan memukul Oliver. Setelah itu Nata menarik tangan Niki untuk pulang. Kini Niki menyadari bahwa Nata bersungguh-sungguh menyayanginya, namun disaat itulah Nata berkata bahwa ia harus pergi ke Austria besok untuk melanjutkan pendidikannya.
Namun 5 tahun kemudian Niki menyusul Nata ke Austria untuk menjawab semuanya. Dan Niki memberikan surat kepada Nata yang isinya "it's always been you too:)"
Dari persahabatan yang membuahkan cinta film ini bisa dibandingkan dengan film Mili dan Nathan tetapi film itu Nathan langsung berani mengungkapkan perasaannya dan Mili juga tidak masalah hingga akhirnya penonton dibawa dengan kisah percintaan mereka. Tidak dengan film Refrain yang happy ending nya sudah ditebak.
Film Refrain ini adalah dialog Yang digunakan kekinian membuat para penonton merasa semua kata perkata yang keluar adalah alami tidak dari skrip. Dan adegan lucu dimana peran Niki Yang ceroboh dan supel berbanding terbalik dengan sikap Nata.



Evaluasi:
Film ini sangat cocok untuk para remaja dan para penggemar Maudy Ayunda dan Afgansyah Reza dimana soundtrack film ini dinyanyikan oleh mereka.
Namun dalam film ini Nata tidak begitu berani untuk mengungkapkan perasaannya secara langsung ke Niki dan Niki harus butuh 5 tahun untuk mengungkapkan perasaannya kepada Nata.

Sumber:
Https://id.Wikipedia.org/wiki/refrain_%28film%29
Http://www.simpleaja.com/2013/06/sinopsisost-film-refrain-afghan-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar