Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Semangat Perjuangan “ Tampan Tailor “


Disusun oleh : Nur Indah Syafitri




Judul film      :    Tampan Tailor
Tahun            :   2013
Sutradara      :   Guntur Soeharjanto
Pemain          :   1. Vino G. Bastian sebagai Topan
                          2. Jefan Nathanio sebagai Bintang
                          3. Marsha Timothy sebagai Prita


Orientasi
Film ini bercerita mengenai kisah perjuangan seorang penjahit bernama Topan dalam usahanya untuk menguhidupi dan membesarkan putra tunggalnya, yaitu Bintang. Film ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan di produseri oleh Sudiad. Film Tampan Tailor sendiri bergenre drama dan diliris pada tanggal 28 Maret 2013.

Tafsiran Isi 1
Topan seorang penjahit yang harus kehilangan istri btercintanya Tami karena penyakit kanker, dia juga harus kehilangan tempat tinggalnya. Topan juga terpaksa membiarkan anaknya kehilangan masa depannya karena tidak mempunyai biaya.

Tafsiran Isi 2
Setelah usaha toko jahit yang dibangun bersama istrinya mengalami kebangkrutan, dengan bantuan sepupunya Darman, Topan mulai merintis usahanya. Topan memulainya dengan menjadi calo tiket kereta api, kuli bangunan, hingga stuntman di sebuah produksi film. Semangat dan kegigihan Topan yang luar biasa diam – diam dikagumi oleh Prita, seorang gadis penjaga tempat penitipan anak. Berkat bantuan dari Prita, Topan perlahan kembali bangkit dan mengembalikan semua mimpinya.

Tafsiran Isi 3
Tampan Tailor ini merupakan film dengan konflik – konflik dan kedalaman kisahnya yang berhasil menampilkan sisi – sisi mengharukan bahkan ada yang sampai mengundang tawa. Dapat dlihat bahwa Chemistry antara tokoh Topan dan Prita yang berhasil menjamin interaksi yang cukup kuat, serta tokoh Topan dan Bintang yang klop sebagai ayah dan anak.

Tafsiran Isi 4
Guntur Soeharjo selaku sutradara dalam fil ini mampu mengarahkan film ini dengan cukup baik sehingga penonton dapat merasakan relasi yang sangat erat dengan para tokoh, porsi drama juga dibuat pas dengan tidak terjebak pada kesedihan yang berkepanjangan. Dari segi sinematografi film ini juga sangat patut mendapat pujian karena berkat arahan dari Enggar Harliono yang mengarahkan kamera dengan tepat di sepangjang film ini ditambah editing yang cermat dari Ryan Purwoko.

Tafsiran Isi 5
Sayang, film Tampan Tailor ini memiliki kekurangan dalam hal tata musik hasil olahan dari Tya Subiakto yang dinilai kurang dapat disandingkan dengan scene – scenen atau dinilai berlebihan.

Evaluasi
Film ini memiliki keunggulan dengan menunjukan konflik yang menampilka sisi – sisi mengharukan sekaligus mengundang tawa. Penulis naskah berhasil menyatupadukan serta mengisi satu sama lain sehingga menghasilkan naskah yang cukup membumi, humoris dan haru. Dari sisi penyutradaraan Guntur Soeharjanto mampu menagrahkan film ini denganbaik sehingga meretaskan relasi yang erat antara para tokoh dengan penonton . Tidak hanya itu dari segi sinematografi juga patut mendapat pujian, karena pengarahan kamera tepat di sepanjang film ditambah editing yag cermat juga. Terlepas dari itu penata musik kurang dapat disandingkan dengan scene – scenenya.

Rangkuman
Film yang bercerita mengenai perjuangan seorang penjahit ini sangat bermanfaat dan dapat menginspirasi su[aya kita tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah – masalah dalam hidup. Film ini banyak mengandung pesan yang bermanfaat bagi siapa saja yang menontonnya.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar